9 Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes, Kesehatan, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Selasa, 4 Februari 2020 13:38
9 Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes, Kesehatan, dan Kecantikan
Ingat sewaktu kecil pasti kamu pernah mencari buah kersen sampai memanjat pohonnya? Daunnya dapat berguna untuk kesehatan loh! Berikut manfaaat daun kersen tersebut.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan pohon kersen atau yang juga disebut sebagai pohon ceri. Padahal kersen dan ceri merupakan dua buah yang berbeda, tapi hanya bentuk buahnya yang sama yaitu bulat dan merah ketika matang. Rasa manis yang dimiliki buahnya cukup digemari.

Tumbuhan ini tumbuh liar di pinggir jalan, maupun di pekarangan rumah. Sudah menjadi rahasia umum juga jika daun kersen ini juga dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan dalam daun kersen antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin. Selain itu, di dalam daun kersen juga mengandung vitamin A, vitamin C, flavonoid, saponin, tanin, juga steroid.

Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, maka manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Yang paling terkenal adalah diabetes. Tidak hanya itu, ternyata daun kersen masih mempunyai manfaat lainnya yang tak kalah baiknya untuk tubuh kita.

Apa saja manfaat daun kersen tersebut? Berikut manfaat daun kersen yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Manfaat daun kersen adalah untuk mengatasi diabetes. Daun kersen atau daun talok berkhasiat untuk menurunkan kadar gula. Ini karena daun kersen mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang bekerja untuk metabolisme gula.

Hormon insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat daun kersen bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik digunakan untuk mencegah diabetes kambuh. Selain itu, daun kersen juga bisa untuk mencegah potensi komplikasi diabetes.

Cara memanfaatkannya, ambil 100 gram daun kersen. Setelah dicuci bersih, rebus daun kersen dengan satu liter air. Setelah itu biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan daun kersen dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita Bahagia © Diadona

Selain untuk diabetes, tahukah kamu manfaat kesehatan apa saja yang bisa kamu dapat ketika memanfaatkan daun kersen ini? Daun kersen ini bisa kamu manfaatkan sabagai antikanker loh. Berikut manfaat daun kersen untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Menghilangkan lelah

Manfaat aun kersen memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan antiinflamasi yang dapat mengurangi kerusakan otot. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan rasa lelah setelah olahraga. Dengan minum air rebusan daun kersen kamu bisa mengatasi rasa lelah tersebut.

Mengobati dan mencegah stroke

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati dan mencegah stroke. Itu karena di dalam daun kersen terdapat zat yang dapat merangsang peroksisom proliferator (PPAR) pada jaringan tubuh kita.

PAR ini berfungsi untuk mengatur gen dalam proses metabolisme glukosa dan juga lemak dalam tubuh sehingga resiko terkena penyakit stroke lebih kecil. Terutama, jika kamu memiliki riwayat penyakit hipertensi yang lebih mudah terkena penyakit stroke, harus mulai mengonsumsi air rebusan daun kersen agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Sebagai antibakteri alami

Bakteri yang terbukti bereaksi pada ekstrak daun kersen antara lain seperti E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis. Bakteri E. Coli adalah bakteri utama penyebab diare. Sementara bakteri P. Aeruginosa penyebab otitis internal. Bakteri S. Aureus bisa menginfeksi saluran pernapasan dan juga kulit. Sedangkan bakteri B. Subtilis umumnya menyebabkan keracunan makanan.

Sebagai antiperadangan alami

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah sebagai antiinflamasi atau antiperadangan alami. Manfaat daun kersen yang satu ini sebenarnya masih terkait dengan sebelumnya. Daun kersen yang aktif melawan bakteri membuat daun kersen dapat bertindak sebagai agen antiinflamasi.

Karena sifatnya itu, daun kersen bisa jadi alternatif untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan atau bisa juga mengobati peradangan pada kulit. Selain meredakan peradangan, manfaat daun kersen juga dipercaya mampu untuk mengurangi nyeri pada tubuh.

Sebagai antikanker alami

Manfaat daun kersen ternyata juga bisa berguna sebagai obat antikanker dan tumor alami. Kandungan senyawa tanin, saponin, dan flavonoid di dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu pemicu kanker.

Dengan mengonsumsi teh daun kersen dapat melindungi diri dari serangan kanker. Selain rajin mengonsumsi ramuan daun kersen, menjaga pola makan dan menghindari makanan instan juga bisa menjauhkan penyakit kanker.

Untuk mengontrol kadar kolesterol

Manfaat daun kersen selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, manfaat daun kersen terbukti mampu menurunkan sintesis kolesterol dan membantu menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah. Manfaat daun kersen yang satu ini kemungkinan didapatkan dari kandungan saponin dan flavonoid yang ada dalam daun kersen.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kersen untuk Kecantikan

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona

Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat daun kersen ini juga bisa untuk kecantikan loh. Berikut manfaat daun kersen untuk kecantikan yang harus kamu tahu.

Mengobati jerawat

Manfaat daun kersen untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mengobati jerawat. Daun kersen mengandung antiperadangan untuk kulit yang bisa menyembuhkan radang yang terjadi pada kulit berjerawat.

Antipenuaan

Manfaat daun kersen untuk kecantikan selanjutnya adalah sebagai antipenuaan. Antioksidan yang terkandung dalam daun kersen, termasuk vitamin C dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Jadi bagaimana menurutmu tentang manfaat daun kersen ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar