Hiperleksia, Apa Hubungannya dengan Autisme pada Anak?

Reporter : Kurnia
Sabtu, 18 Desember 2021 10:37
Hiperleksia, Apa Hubungannya dengan Autisme pada Anak?
Moms wajib tahu nih tanda hingga pengobatannya

Hiperleksia pertama kali diciptakan pada tahun 1967 yang mendefinisikan kondisi anak dengan empat ciri, termasuk memiliki keterampilan membaca tingkat lanjut, belajar membaca lebih awal tanpa diajarkan, memiliki preferensi yang kuat untuk surat dan buku, dan memiliki gangguan perkembangan saraf yang menyertainya.

Istilah hiperleksia pertama kali digunakan pada tahun 1960 untuk menggambarkan anak-anak dengan cacat perkembangan saraf yang juga menunjukkan ketrampilan membaca kata dengan cukup baik, Moms.

1 dari 5 halaman

Pada dasarnya, ada beberapa cara berbeda untuk mendefinisikan atau mendiagnosis hiperleksia pada anak-anak. Yang paling umum, Moms bisa melihat perbedaan antara kemampuan konitif anak-anak dan kemampuan mereka membaca. Biasanya kempampuan membaca mereka lebih unggul daripada yang diharapkan berdasarkan kemampuan kognitif si kecil.

Dikutip dari laman verywellfamily.com, anak-anak dengan hiperleksia seringkali merupakan pembaca otodidak yang dapat membaca jauh di atas apa yang diharapkan pada usia mereka tetapi berjuang untuk memahami apa yang mereka baca. Mereka unggul dalam mengetahui cara memecahkan kode kata-kata tertulis tetapi berjuang dengan pemahaman.

2 dari 5 halaman

Lalu, apa sih hubungannya hiperleksia dan autisme?

Kondisi hiperleksia dikaitkan dengan autisme dan sering dilaporkan sebagai salah satu kemampuan cerdas dalam autisme. Namun, para ilmuwan belum menentukan bagaimana kaitannya dengan kognisi autistik dan perolehan membaca yang khas.

Secara keseluruhan, hiperleksia sangat terkait dengan autisme loh Moms, bahkan kemungkinannya mencapai 84 persen kasus anak-anak dengan hiperleksia diidentifikasi sebagai spektrum autisme. Namun, hanya 6 hingga 14 persen anak yang didiagnosis dengan autisme akan mengalami hiperleksia. iperleksia juga mungkin terjadi bersamaan dengan gangguan perkembangan saraf lainnya.

ilustrasi anak membaca © Diadona

3 dari 5 halaman

Apa sih tanda dan gejalanya?

Sifat yang paling jelas dan umum yang terkait dengan hiperleksia adalah keterampilan membaca kata yang dipercepat. Tanda yang lebih umum berikutnya adalah ketertarikan yang kuat dengan huruf, bentuk cetakan lainnya, dan kadang-kadang bahkan angka.

Mengidentifikasi Hiperleksia

Hiperleksia sering muncul pada usia yang sangat dini, kadang-kadang bahkan selama tahun-tahun balita. Bahkan, beberapa anak dengan hiperleksia akan menunjukkan keterampilan membaca tingkat lanjut ketika mereka berusia sekitar 2 hingga 4 tahun. Beberapa dengan kondisi ini bahkan mungkin mulai membaca ketika mereka masih balita, Moms.

4 dari 5 halaman

Pengobatan untuk Hiperleksia

Meskipun menguraikan kata-kata secara efisien dan akurat adalah bagian penting dari membaca, itu bukan satu-satunya keterampilan yang dibutuhkan untuk keberhasilan akademis. Anak-anak juga harus mampu memahami apa yang mereka baca serta mengintegrasikan apa yang telah mereka baca ke dalam pekerjaan rumah dan kegiatan sekolah lainnya agar berhasil, Moms.

Ciri-Ciri Anak Autis © Diadona

Beri Komentar