Payudara akan Kendur Usai Melahirkan dan Menyusui, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 17 Desember 2021 11:57
Payudara akan Kendur Usai Melahirkan dan Menyusui, Mitos atau Fakta?
Bener gak sih, Moms?

Payudara kendur setelah melahirkan dan menyusui sering menjadi perdebatan di kalangan perempuan. Perlu diketahui, bentuk payudara pada perempuan itu memang berbeda terutama untuk mereka yang sedang mengandung ataupun menyusui.

Lantas, apakah benar setelah melahirkan dan menyusui payudara perempuan jadi mengendur?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © Freepik

Perlu diketahui, payudara pada perempuan tidak mengandung otot sama sekali, yang membuatnya berbeda dari segi ukuran ialah karena di dalamnya murni jaringan lemak.

Ketika seorang perempuan hamil, kulit serta ligamen yang mendukung payudara akan meregang mengikuti pertumbuhannya yang semakin besar karena mempersiapkan ASI di dalamnya. 

Setelah melahirkan, suplai darah pada Moms akan meningkat ke payudara untuk memprodukasi ASI. Itulah kenapa saat menyusui, payudara terasa kencang dikarenakan menjaga persediaan susu supaya tetap bisa mengalir. 

2 dari 4 halaman

Selesai masa menyusui, payudara secara bertahap akan kembali pada kondisi awal. Perubahan ini adalah proses alami yang akan terjadi selama kurang lebih enam bulan setelah Moms berhenti menyusui. 

Proses perubahan inilah yang mungkin memunculkan efek payudara Moms tidak sekencang sebelumnya. Jadi, payudara kendur setelah menyusui itu hanya mitos saja.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © Shutterstock

Perlu Moms ketahui, bahwa ada beberapa faktor yang membuat payudara kendur. Terlepas dari pernah menyusui atau tidak, payudara kendur akan terjadi seiring berjalannya umur.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena riwayat kehamilan yang dimiliki, merokok, genetik dan kelebihan berat badan. 

Beri Komentar