Penting Diperhatikan, Ini 6 Ciri-Ciri Tubuh Perempuan Subur yang Mudah Hamil

Reporter : Mila
Kamis, 16 Desember 2021 11:57
Penting Diperhatikan, Ini 6 Ciri-Ciri Tubuh Perempuan Subur yang Mudah Hamil
Apakah Moms adalah salah satu perempuan yang subur?

Para calon Moms yang sedang merencanakan program hamil seringkali merasa kewalahan dan tertekan karena ada begitu banyak faktor yang bisa memengaruhi kemungkinan untuk hamil.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk program hamil, coba lihat tanda-tanda kesuburan diri terlebih dahulu. Dengan mengamatinya, maka akan lebih mudah bagi Moms untuk mencapai kesuksesan program hamil.

1 dari 6 halaman

Tidak Sakit saat Berhubungan Intim

Ketidaknyamanan saat berhubungan intim ternyata bisa dikaitkan dengan ketidaksuburan. Pada sebagian perempuan, rasa nyeri selama berhubungan (dyspareunia) bisa menunjukkan tanda endometriosis yang erat kaitannya dengan kemandulan.

Jadi kalau Moms jarang mengalami rasa sakit atau nyeri saat sedang berhubungan, itu adalah salah satu pertanda tubuh Moms subur dan akan lebih mudah untuk hamil.

2 dari 6 halaman

Mengeluarkan Banyak Cairan saat Ovulasi

Ilustrasi Ovulasi © Diadona

Selama ovulasi, tubuh perempuan akan mulai mengeluarkan lendir serviks yang memiliki konsistensi kental seperti putih telur atau egg white cervical mucus (EWCM).

Keputihan jenis ini memiliki pH terbaik yang melindungi dan memudahkan sperma untuk mencapai sel telur. Ketika Moms mulai mengeluarkan EWCM, tandanya tubuh Moms dalam keadaan yang lebih siap untuk hamil.

3 dari 6 halaman

Rambut yang Sehat

Salah satu gejala umum penyakit yang memengaruhi kesuburan, Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), adalah pertumbuhan rambut berlebih pada tubuh atau wajah dan kerontokkan rambut kepala.

Jadi, kalau kondisi rambut Moms sehat, kemungkinan besar tubuh Moms berada pada kondisi yang baik untuk segera hamil.

4 dari 6 halaman

Berat Badan Ideal

Kekurangan berat badan bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu sedikit estrogen, sedangkan kelebihan berat badan bisa membuat tubuh memproduksinya terlalu banyak.

Oleh karena itu, berat badan calon Moms harus ideal agar hormon estrogen tidak berlebih dan tidak kurang. Hormon estrogen penting dalam mempersiapkan tubuh perempuan untuk kehamilan.

5 dari 6 halaman

Menstruasi Teratur

Menstruasi yang tidak teratur bisa mengindikasikan bahwa tubuh tidak berovulasi. Ovulasi tidak teratur atau abnormal menjadi penyumbang 30-40% dari semua kasus infertilitas.

Kalau jadwal menstruasi sering terlewat, datang pada waktu yang tidak terduga, atau siklusnya mengalami perubahan drastis, segera periksakan ke dokter ya.

6 dari 6 halaman

Kram Menstruasi Sewajarnya

Ilustrasi Kram Menstruasi © Diadona

Secara umum, kram menstruasi adalah hasil dari kontraksi rahim untuk melepaskan lapisan rahim. Rasa nyeri ini normal kok.

Tapi kram yang intens dan tidak tertahankan bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit yang menurunkan kesuburan seperti endometriosis, tumor fibroid, dan penyakit radang panggul.

Gimana, sekarang paham kan Moms? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar