Bahan Pokok dan Kebutuhan Dapur Udah Mulai Naik Nih Moms, Intip Cara Menyiasatinya Yuk!

Reporter : Kurnia
Kamis, 16 Desember 2021 13:40
Bahan Pokok dan Kebutuhan Dapur Udah Mulai Naik Nih Moms, Intip Cara Menyiasatinya Yuk!
Yang penting kompor di dapur tetap mengebul dan keluarga di rumah tetap terpenuhi nutrisinya

Pandemi masih belum usai, jelang libur Natal dan tahun baru harga kebutuhan pokok justru terus meningkat ya, Moms. Mulai dari minyak, cabai, dan beberapa kebutuhan dapur terus melonjak. Mau nggak mau, Moms udah pasti harus putar otak bahkan harus menambah uang belanja bulanan karena semua kebutuhan pokok meningkat.

Memutar otak agar segala kebutuhan dapur dan nutrisi keluarga di rumah tetap ternutrisi tentunya nggak gampang ya, Moms? Seperti dikutip dari cermati.com, beberapa tips berikut ini bisa Moms lakukan untuk menyiasati harga kebutuhan pokok yang terus meningkat.

1 dari 6 halaman

Memprioritaskan untuk membeli bahan pokok seperlunya

Ketika harga kebutuhan dapur terus naik, maka Moms sudah harus memprioritaskan untuk membeli sembako dan kebutuhan bahan pangan seperti beras, telur, sayur, minyak, gula, dan kebutuhan yang lain seperlunya saja.

Jika Moms bisa membeli berbagai kebutuhan secara berlebihan, itu akan membuat pemborosan. Jadi, Moms alangkah lebih baiknya jika Moms berbelanja dan memasak sesuai kebutuhan saja.

Ilustrasi daftar belanjaIlustrasi daftar belanja © Shutterstock

2 dari 6 halaman

Melakukan penghematan

Berhemat adalah langkah wajib untuk Moms saat harga dan kebutuhan pokok terus naik. Untuk menyiasati harga sembako yang terus meningkat, Moms bisa mulai memangkas pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting dan masih  bisa ditunda.

Jika perlu, Moms bisa mencoret pengeluaran dan daftar belanja yang sifatnya tidak penting dan tidak perlu sama sekali. Seperti membeli tas, sepatu, atau mengganti ponsel baru sedangkan handpone yang lama masih bisa digunakan dengan baik.

3 dari 6 halaman

Manfaatkan harga promo dan diskon

Nikita Mirzani Belanja sambil Buru-BuruNikita Mirzani Belanja sambil Buru-Buru © youtube.com

Menjelang Natal dan tahun baru memang selalu melonjak dan naik drastis. Tetapi Moms sudah tahu belum jika di bulan-bulan seperti saat ini juga banyak promo dan diskon menarik yang ditawarkan loh. Termasuk promo dan diskon untuk kebutuhan pokok seperti minyak sampai gula.

Moms bisa mendapatkannya di minimarket, e-commerce, atau bahkan supermarket terdekat yang menyediakan segela kebutuhan dapur Anda. Biasanya mereka menawarkan banyak diskon, cashback special price, dan masih banyak promo lainya. Jadi, pastikan Moms pilih yang paling menguntungkan dan mendapatkan harga yang murah ya, Moms.

4 dari 6 halaman

Lakukan perbandingan harga sebelum membeli

Jangan terburu-buru. Belanja dengan terburu-buru biasanya justru akan nemimbulkan penyesalan di akhir loh Moms. Faktanya nih Moms, belanja dengan terburu-buru bukan hanya berpotensi mendapatkan harga beli yang mahal tapi Moms juga bisa salah mengambil keputusan yang pada akhirnya jadi salah pilih.

Untuk itu, cermat dalam berbelanja itu penting ya Moms. Pastikan Moms melakukan perbandingan harga dari satu toko dengan toko yang lainnya untuk mendapatkan harga terbaik dan bisa menguntungkan.

5 dari 6 halaman

Membeli harga kebutuhan pokok yang lebih murah

ilustrasi belanjaan makananilustrasi belanjaan makanan © 2019 https://www.diadona.id / @ mirroruk

Untuk menyiasati harga kebutuhan pokok yang terus naik, Moms bisa membeli kebutuhan dapur yang lebih murah. Bila Moms biasanya membeli gula merk A dengan harga yang lebih mahal, Moms  bisa membeli merk B yang juga bagus dengan harga yang lebih murah.

Jadi, Moms tidak perlu khawatir dengan kualitas namun masih bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

6 dari 6 halaman

Manfaatkan kartu kredit

Bukan buat nambah hutang ya, Moms biasanya kartu kredit menawarkan keuntungan lebih seperti mendapatkan rewards. Jadi, Moms bisa lebih hemat dengan rewards yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit di beberapa merchant yang terdaftar.

Ingat ya, Moms gunakan kartu kredit dengan bijak untuk memanfaatkan point rewards. Jadi bukan untuk menggesek dan menambah hutang karena haus mata di tengah kondisi keungan keluarga yang kembang kempis.

Dengan menyiasati lonjakan harga kebutuhan pokok, Moms bisa tetap memenuhi nutrisi keluarga di rumah dan dapur tetap mengebul seperti biasa!

Beri Komentar