Cara Memilih Menu Makan Sehat untuk Keluarga di Tengah Varian Omicron yang Menghantui

Reporter : Kurnia
Jumat, 17 Desember 2021 14:10
Cara Memilih Menu Makan Sehat untuk Keluarga di Tengah Varian Omicron yang Menghantui
Moms di rumah wajib tahu nih

Di tengah pemberitaan varian baru virus corona, Omicron menjadi perbincangan hangat. Varian baru dari virus corona yang disebut lebih ganas ini telah mulai dideteksi di Indonesia. Untuk mengantisipasinya, Moms wajib memberikan nutrisi yang tepat untuk keluarga di rumah ya.

Makanan menjadi garda terdepan untuk memastikan keluarga tetap mendapatkan nutrisi yang tepat ya, Moms. Untuk itu, memilih menu makanan harian untuk keluarga itu penting loh. Tampaknya memang agak susah, tapi sebenarnya gampang kok, Moms.

Bagaimana caranya? Seperti dilansir dari realfood.com, berikut ini adalah cara tepat yang bisa Moms terapkan untuk memilih menu makanan sehat bagi keluarga. Apa saja?

1 dari 5 halaman

1. Memperhatikan nilai gizi setiap bahan makanan yang akan dimasak

Moms, pastikan saat berbelanja Moms sudah membaca dan mengetahui informasi nilai gizi yang tertera dalam kemasan produk ya. Joa Moms membeli bahan makanan segar dan tidak ada informasi nilai gizinya, Moms bisa mencari tahu nilai gizi dari jenis sayur atau apapun yang dibeli di internet.

Pastikan Moms memperhatikan nilai kandungan kalori, lemak, dan vitamin dalam setiap bahan makanan yang dibeli ya. Dengan begitu, Moms bisa memastikan jika keluarga di rumah mendapatkan nutrisi yang tepat.

2 dari 5 halaman

2. Mengolah makanan dengan cara bervariasi

Ilustrasi MemasakIlustrasi Memasak © https://unsplash.com/

Sebenarnya, Moms boleh saja memasak daging atau sayur saja dalam seminggu. Namun itu tidak efektif untuk menunjang kesehatan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan keluarga di rumah ya, Moms.

Variasikan jenis menu makan agar tubuh bisa menerima dan mencerna giza yang mereka butuhkan dengan baik. Selain itu, pilihan menu makan bervariasi juga tidak akan membuat keluarga bosan dengan menu makanan sehat yang itu-itu saja. Apalagi salah satu dari keluarga adalah picky eater ya, Moms.

3 dari 5 halaman

3. Padukan dengan makanan berserat

Moms pasti sudah tahu kan jika makanan berserat seperti sayur dan buah sangat bagus untuk memenuhi nutrisi keluarga di rumah. Serat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih di tengah varian varu omicron yang begitu menakutkan.

Moms bisa memilih berbagai jenis sayuran yang bisa dipadukan dengan daging, telur, atau mengolahnya menajdi salah dengan tambahan menu buah yang segar. Jika Moms bingung, mencari ide-ide masakan atau resep memasak sayur bisa jadi pilihan yang tepat untuk memenuhi menu makan sehat keluarga di rumah.

4 dari 5 halaman

4. Merencakan menu makan sehat mingguan

Ilustrasi Anak MakanIlustrasi Anak Makan © liputan6.com

Moms bisa melibatkan seluruh anggota keluarga untuk menentukan menu makan sehat selama satu minggu. Merencanakan menu makan selama satu minggu akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan menu sehat dan menghindari lapar mata saat berbelanja bahan makanan loh.

Selain bisa mendapatkan menu sehat selama satu minggu, Mom juag bisa lebih hemat saat membelanjakan kebutuhan dapur di tengah tingginya harga kebutuhan pokok. Dengan merencanakan menu makan selama seminggu, Moms bisa benar-benar memenuhi kebuthan gizi keluarga loh. Pastikan Moms mencari tahu informasi nilai gizinya ya.

5 dari 5 halaman

5. Menghindari mengonsumsi menu makan cepat saji

Makanan cepat saji seperti mie instan hingga junk food memang terlihat lebih enak dan selalu menggiurkan. Tapi akan lebih baik jika Moms memastikan keluarga mengurangi konsumsi makanan cepat saji untuk menghindari efek bahayanya.

Sesekali mengonsumsi makanan cepat saji nggak papa, namun Moms juga perlu memastikan waktunya agar kebutuhan gizi keluarga di rumah tetap terpenuhi dan bisa diimbangi.

Beri Komentar