Di Rumah Aja Selama Pandemi Ternyata Bisa Ganggu Perkembangan dan Kesehatan Mental Anak lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 4 Juni 2020 17:37
Di Rumah Aja Selama Pandemi Ternyata Bisa Ganggu Perkembangan dan Kesehatan Mental Anak lho!
Terus gimana ya solusinya?

Libur panjang menjadi sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap anak. Tapi menghabiskan waktu terlalu lama di rumah juga bisa bikin anak lama-kelamaan merasa jenuh lho!

Keberadaan wabah virus corona membuat banyak anak harus belajar dari rumah dan nggak bisa melakukan kegiatan di sekolah. Meski nggak terlihat, tapi ternyata terlalu lama di rumah bisa mengganggu perkembangan dan kesehatan mental anak-anak lho. Duh, gawat banget!

Dilansir dari Verywellfamily.com, sosialisasi merupakan proses penting dalam perkembangan anak. Dari sanalah anak-anak belajar keterampilan komunikasi yang memengaruhi interaksi mereka dengan orang lain setiap harinya.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Bermain dengan Tetangga © Diadona

Saat anak kehilangan kesempatan untuk membangun keterampilan selama tahap perkembangan sosial, bisa aja perkembangan mereka justru akan tertunda. Bahkan sebuah penelitian menemukan efek penutupan sekolah pada anak-anak remaja yang pernah mengalami masalah kesehatan mental.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa sebanyak 83% setuju bahwa wabah corona membuat kondisi mereka semakin buruk. Makanya sangat penting bagi kita untuk selalu memantau kesehatan mental anak-anak kita selama masa pandemi ini.

Meski perkembangan dan kesehatan mental anak bisa terganggu selama isolasi diri di rumah, kita nggak bisa begitu saja membiarkan anak keluar rumah begitu saja. Hingga saat ini, self quarantine masih menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi penularan penyakit COVID-19. Untuk itu, berikut beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mendukung anak selama masa isolasi diri.

2 dari 4 halaman

Membangun komunikasi yang baik

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Buat anak merasa nyaman dan aman untuk mengutarakan kekhawatiran dan rasa frustasi mereka selama di rumah. Tindakan ini juga bisa membuat kita lebih mudah untuk memberikan pengertian pada anak tentang pentingnya menjaga jarak dan tetap di rumah agar keluarga tetap aman.

3 dari 4 halaman

Biarkan anak tetap terhubung dengan teman-temannya

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Teknologi saat ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari jarak sejauh apa pun. Sebagai orang tua kita bisa bersikap terbuka dan memberikan ruang bagi anak untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Pastikan juga untuk selalu mengajak anak berkomunikasi agar dia merasa nyaman di rumah.

4 dari 4 halaman

Tetap lakukan rutinitas seperti biasa

Ilustrasi Keluarga Makan © Diadona

Meski nggak melakukan kegiatan di luar rumah, tapi penting untuk menjaga rutinitas sehari-hari di dalam rumah. Pastikan agar kegiatan rutin seperti makan bersama, memasak, hingga membersihkan rumah bersama nggak terlupakan. Banyaknya waktu yang kita habiskan di rumah bersama anak juga bisa menjadi momen yang tepat untuk membangun hubungan yang sehat dengan keluarga.

Semoga infromasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar