Jangan Dikit-Dikit Menghukum, Pelukan Orang Tua Justru Bisa Meredakan Emosi Anak

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 4 Juni 2020 12:15
Jangan Dikit-Dikit Menghukum, Pelukan Orang Tua Justru Bisa Meredakan Emosi Anak
Jangan mudah tersulut emosi ya Moms..

Yang namanya anak-anak nggak mungkin selamanya bersikap baik. Ada kalanya mereka menguji kesabaran orang tuanya dengan mulai bersikap nakal, suka membantah, bahkan berani mendebat orang tuanya.

Menyikapi anak yang nakal, banyak orang tua memilih untuk mendisiplinkan anak lewat hukuman agar si anak lebih bisa diatur. Tapi Moms, dibandingkan memberikan hukuman, pelukan dari orang tua justru lebih efektif untuk meredakan emosi anak.

1 dari 2 halaman

Mengutip dari iheartintelligence.com, melalui pelukan hangat orang tua bisa mengomunikasikan berbagai hal pada anak. Apa yang disampaikan orang tua pun akan lebih didengarkan daripada bentakan atau hukuman yang diberikan.

ilustrasi ibu memeluk anak © Diadona

Saat emosi si kecil sedang meluap, Mama dan Papa bisa menenangkan si kecil dengan memberi pelukan. Meski luapan emosi itu nggak salah, tapi orang tua juga tetap perlu meresponnya dengan baik.

2 dari 2 halaman

Sehingga si kecil pun bisa meniru perilaku orang tua manakala menghadapi emosi yang meledak-ledak. Dengan contoh pengendalian emosi yang baik, kematangan emosional anak pun akan terlatih.

Selain itu, sikap yang menenangkan dari orang tua juga bisa membuat anak belajar bersikap lebih baik dan menghormati orang tuanya. Lagipula, daripada membentak dan menghukum yang tentu aja menguras energi, bukankah memberi pelukan terasa lebih mudah Moms?

Beri Komentar