Oops! Benda Asing Masuk Hidung Anak? Coba Tenang, Begini Cara Keluarkan

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 4 Juni 2020 04:10
Oops! Benda Asing Masuk Hidung Anak? Coba Tenang, Begini Cara Keluarkan
Anak kecil memang penuh dengan rasa penasaran. Karena belum mengerti, anak bahkan bisa saja iseng memasukkan benda asing ke dalam hidung mereka.

Sebagai orang tua, tanggungjawab untuk mengawasi anak tentu hal yang harus kita lakukan, termasuk saat ia bermain. Namun tentu tak setiap saat dan setiap waktu kita dapat mengawasi anak, ada saja saat yang luput untuk kita awasi.

Jika Moms tengah ada di situasi mengetahui ada benda asing di dalam hidung anak (namun semoga saja tidak), pertama berusaha lah untuk tetap tenang. Ya, ini tidak semudah kedengarannya ya, namun jika Moms juga ikutan panik, ya tidak akan menemukan solusi kan? Maka, jika sudah tenang, coba lakukan tips ini untuk keluarkan benda asing dari lubang hidung anak.

1 dari 4 halaman

1. Jangan Dicongkel

Ilustrasi Benda Asing dalam Hidung Anak © Diadona

Jangan berpikir untuk memasukkan jari untuk mengeluarkan benda asing dari hidung anak. Saat Moms mencoba memasukkan jari ke dalam lubang hidung anak untuk mengeluarkan benda asing yang masuk, hal ini hanya akan memperparah keadaan. Yang ada, Moms hanya akan mendorong benda asing itu untuk masuk lebih dalam. Hal ini berlaku juga bagi penggunaan cutton bud atau kapas.

2 dari 4 halaman

2. Ajari Anak Bernapas Lewat Mulut

Ilustrasi Benda Asing dalam Hidung Anak © Diadona

Saat ada benda yang masuk dan tersangkut di hidung, saat anak menarik napas, mungkin saja benda itu akan masuk lebih dalam ke tubuh, dan nantinya akan makin susah dikeluarkan. Maka, ajari anak untuk bernapas melalui mulut untuk sementara.

3 dari 4 halaman

3. Lakukan Tindakan Seperti Mengeluarkan Ingus

Ilustrasi Benda Asing dalam Hidung Anak © Diadona

Ini adalah tindakan mendorong benda asing itu untuk keluar dari tubuh anak. Dengan tetap tenang, coba bimbing anak untuk melakukan tindakan seperti saat ia mengeluarkan ingus.

4 dari 4 halaman

4. Segera Bawa ke Dokter

Ilustrasi Benda Asing dalam Hidung Anak © Diadona

Jika keadaan makin memburuk karena benda asing yang ada di hidung malah makin dalam, segera lah pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Tindakan medis akan sangat membantu penanganan lebih cepat, agar tidak terjadi masalah yang lebih parah.

Semoga membantu ya.

Beri Komentar