Cara Mendidik Anak Tunggal agar Tak Terlalu Manja pada Orang Tuanya

Reporter : Riza Umami
Selasa, 3 November 2020 18:17
Cara Mendidik Anak Tunggal agar Tak Terlalu Manja pada Orang Tuanya
Ini Mom yang perlu dilakukan.

Anak tunggal identik dengan anak manja, apalagi karena dia mendapatkan kasih sayang secara penuh dari orang tuanya dan biasanya keinginannya selalu dipenuhi. Namun, sebenarnya tak semua anak tunggal seperti itu dan tergantung dari didikan orang tuanya.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak tunggal agar tak menjadi terlalu manja pada orang tuanya? Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mendidik anak tunggal agar tak jadi anak yang manja.

1 dari 4 halaman

1. Dorong Buah Hati untuk Bersosialisasi dengan Anak Sebayanya

ilustrasi anak-anak © Diadona

Menurut sebuah penelitian yang dirilis di Journal of Marriage and Family pada tahun 2004, anak tunggal ini cenderung mempunyai kemampuan bersosialisasi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan anak-anak lain di usianya yang punya saudara kandung.

Oleh sebab itu, ibu perlu membantu dan mendorong anak dalam bersosialisasi dengan teman-temannya, misalnya ibu bisa mengajak anak untuk bermain di taman di mana ada banyak anak seumurannya atau bisa juga kumpul bersama teman atau saudara yang punya anak sebaya dengan buah hati.

2 dari 4 halaman

2. Tak Perlu Terlalu Mengekang Anak

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Mom perlu mencoba untuk menjadi orang tua yang lebih santai bagi anak. Tak perlu terlalu mengekangnya dan melarang anak untuk bermain ke luar atau pergi bersama temannya. Biarkan anak memilih untuk bermain ke rumah siapa yang dia inginkan.

Dengan begini, anak juga akan ikut belajar dari teman sebayanya baik dia sadari atau tidak untuk melakukan beberapa hal sendiri seperti berangkat sekolah sendiri sehingga anak pun akan jadi lebih mandiri.

3 dari 4 halaman

3. Didik Buah Hati agar Mandiri

ilustrasi anak mandiri © Diadona

Salah satu yang terpenting agar anak tunggal tak jadi anak yang manja adalah dengan mengajarinya untuk mandiri sejak dini. Ibu bisa mengajarkan anak untuk makan sendiri sewaktu masih balita dan dengan bertambahnya usia mulai ajari anak untuk pipis sendiri, pakai baju sendiri dan lain sebagainya.

Bila anak sudah makin besar dan bisa melakukan banyak hal, ajari anak untuk mencuci piringnya sendiri, berangkat ke sekolah sendiri jika jaraknya dekat dengan rumah dan masih banyak lagi. Anak yang bisa melakukan banyak hal sendiri tentu tak akan tumbuh menjadi anak yang manja.

4 dari 4 halaman

4. Jangan Terus-menerus Menuruti Kemauan Anak

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Terakhir, anak yang manja ini biasanya salah satu penyebabnya juga karena orang tua yang terlalu memanjakannya dan selalu menuruti keinginannya. Oleh sebab itu, agar anak tidak manja seperti ini, ibu pun harus tegas untuk tidak menuruti semua keinginan anak.

Lihat dulu apakah hal itu benar-benar dia butuhkan atau hanya sekadar keinginannya saja. Bila itu hanya keinginan anak maka tak perlu menurutinya dan ajari anak untuk mendapatkan hal yang dia inginkan itu dengan usahanya sendiri, misalnya jika dia minta dibelikan boneka, maka minta anak untuk menabung agar uangnya nanti bisa dia gunakan untuk membeli boneka sendiri.

Nah, itulah beberapa cara mendidik anak tunggal agar tak jadi terlalu manja pada orang tuanya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar