Beberapa Permainan Ini Ternyata Bisa Bantu Anak Pintar Matematika lho

Reporter : Riza Umami
Rabu, 28 Oktober 2020 18:17
Beberapa Permainan Ini Ternyata Bisa Bantu Anak Pintar Matematika lho
Permainan yang bisa bantu anak pintar matematika.

Banyak anak yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena tak semua mahir dalam pelajar hitung-hitungan angka ini. Matematika pun menjadi salah satu momok bagi anak-anak di masa sekolah.

Lantas, bagaimana cara ibu untuk membantu anak agar bisa lebih mudah belajar matematika? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan belajar matematika ini menyenangkan lewat permainan. Dilansir dari laman klikdokter.com, beberapa permainan berikut ini bisa membantu kecerdasan anak dalam belajar matematika.

1 dari 4 halaman

1. Tebak Angka

Tebak angka adalah salah satu permainan yang mudah untuk dilakukan. Selain itu, permainan ini ternyata efektik dalam membantu anak untuk belajar berhitung. Ibu bisa memikirkan satu angka, lalu minta anak untuk menebak angka tersebut melalui beberapa pertanyaan permulaan.

Anak bisa bertanya misalnya, " Apakah angka ini lebih besar dari 5? Lebih kecil dari 10?" atau beberapa pertanyaan lainnya. Ibu pun bisa menyesuaikan besarnya anak yang akan ditebak anak ini dengan kemampuannya dan juga usia si kecil. Permainan seperti ini bisa mengasah kemampuan berpikir anak dan juga dapat memperdalam kecerdasannya dalam matematika.

2 dari 4 halaman

2. Bagi-Bagi Kue

ilustrasi boneka © Diadona

Untuk anak yang masih kecil, ibu bisa mengasah kemampuan matematikanya dengan permainan bagi-bagi kue. Ajak anak untuk berpura-pura mengadakan sebuah pesta dengan beberapa boneka dan mainan favoritnya.

Ambil beberapa kue atau buah mainan anak dan minta anak untuk membagikannya pada para tamu undangan. Ibu bisa memberikan beberap instruksi yang berbeda misalnya " Untuk boneka Superman berikan dua kue" , " Untuk barbie berikan tiga buah" dan lain sebagainya. Anak pun akan belajar berhitung sejak dini dengan cara ini.

3 dari 4 halaman

3. Main Pasar-pasaran

Permainan lain yang bisa ibu lakukan bersama anak adalah dengan main pasar-pasaran. Ajak buah hati untuk berpura-pura menjadi seorang pembeli dan penjual. Ibu bisa berperan sebagai penjual, sedangkan anak sebagai pembeli.

Saat anak membeli sesuatu, minta dia untuk membayar dalam jumlah tertentu. Bisa juga bila anak menjadi penjual, dia pun harus menghitung berapa kembalian yang harus diberikan pada pembeli.

4 dari 4 halaman

4. Monopoli

Ilustrasi Bermain Monopoli bersama Keluarga © Diadona

Terakhir ada permainan monopoli yang memang melibatkan uang mainan. Monopoli ini akan sangat bagus sekali untuk mengasah kemampuan matematika anak. Selain belajar berhitung saat membeli tanah dan membangun rumah, anak juga bisa belajar tentang strategi agar mendapatkan uang yang banyak dalam permainan ini.

Yang terpenting, ajarkan dulu pada anak bahwa kalah dalam sebuah permainan adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana upaya dan usaha yang bisa kita lakukan agar bisa menang di lain waktu. Begitu pula dengan belajar matematika, meski sekarang masih sulit dan banyak salahnya, tetapi dengan tekun belajar dan memahami rumus, anak pun nanti akan berhasil dan mendapatkan nilai yang tinggi dalam pelajaran matematika.

Beri Komentar