Seorang Mahasiswi Ciptakan Pohon Natal Terkecil di Dunia dari 51 Atom, Seperti Apa Wujudnya?

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 28 Desember 2020 17:26
Seorang Mahasiswi Ciptakan Pohon Natal Terkecil di Dunia dari 51 Atom, Seperti Apa Wujudnya?
Pohon natal merupakan salah satu ornamen yang wajib dihadirkan dalam perayaan hari natal.

Banyak orang memodifikasinya sedemikian rupa agar terlihat cantik dan unik. Seorang siswa juga membuat pohon Natal yang sangat berbeda. Bukan dari pohon pinus atau bahan tiruan, perempuan ini membuat pohon natal terkecil di dunia yang terdiri dari 51 atom.

Atom adalah partikel terkecil yang bahkan tidak dapat dipisahkan lagi. Lalu bagaimana atom bisa dikumpulkan dan bahkan dibuat menjadi pohon natal?

1 dari 3 halaman

Wujud Pohon Natal Terkecil di Dunia

Mahasiswi Pencipta Pohon Natal Terkecil di Dunia © Diadona

Seorang mahasiswi bernama Maura Williams dari Delft University of Technology menggunakan alat untuk memindai setiap atom kemudian menyusun posisinya hingga membentuk seperti pohon Natal.

Dikatakan bahwa pohon Natal terkecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang terbuat dari atom-atom dari serpihan kristal sempurna yang dibuat sekecil DNA. Atomnya juga 40 ribu kali lebih kecil dari rambut manusia.

2 dari 3 halaman

Gunakan Alat Khusus

Mahasiswi Pencipta Pohon Natal Terkecil di Dunia © Diadona

Untuk menyusunnya, mahasiswi asal Belanda tersebut menggunakan mikroskop khusus yang dirancang untuk mengubah posisi atom. Teknologi ini sendiri biasa digunakan untuk mempelajari sifat mekanik setiap atom. Karena itu, meski kecil konstruksinya bisa lebih rumit daripada pohon Natal terbesar di dunia.

Pohon Natal terkecil di dunia adalah proyek kelulusan Maura. Bersama dengan peneliti lain yang terlibat dalam proyek tersebut, dikatakan bahwa eksperimen ini bertujuan untuk lebih memahami dunia di sekitar kita.

Beri Komentar