Ambisi Temukan Alien, Cina Bangun Teleskop Raksasa Seharga 185 miliar Dollar!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 2 April 2020 05:21
Ambisi Temukan Alien, Cina Bangun Teleskop Raksasa Seharga 185 miliar Dollar!
Teleskop ini bisa jadi Teleskop Terbesar di Dunia

Cina memang berambisi untuk menemukan alien dan misteri alam semesta lainnya. Nggak cukup hanya memiliki satu teleskop radio raksasa, kini Cina membangun lagi satu teleskop besar lainnya. Selain berukuran luar raksasa, teleskop ini juga bisa digerakan berputar dan mengarahkan pada tempat tertentu. Seperti apa sih wujudnya? Yuk kita lihat!

1 dari 1 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, Teleskop radio ini dinamakan Xingjiang Qitai 110m Radio Telescope. Teleskop radio ini berlokasi di Kawasan Otonomi Xinjiang Uygir, sebelah barat laut Cina. Namun untuk saat ini, Teleskop Radio yang bisa digerakan dengan ukuran paling besar di dunia masih ada di Virginia Barat Amerika Serikat yang disebut Green Bank.

Meskipun begitu, ukuran dari Teleskop Radio milik Cina ini nggak main-main lho. Diameter QTT berukuran 10 persen lebih lebar dari Green Bank. Ruang pengamatan QTT mencakup hingga 75 persen langit. 

Untuk biaya yang digunakan dalam membangun ini juga nggak main-main. Dikabarkan jika Cina telah menghabiskan dana hingga 185 miliar USD untuk membangun tempat ini.

Wah, beneran ada nggak ya alien itu? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar