Dari Menyembah Pesawat Terbang Hingga Negara Paling Bahagia, Berikut Fakta Unik Tentang Vanuatu

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 9 Mei 2020 06:20
Dari Menyembah Pesawat Terbang Hingga Negara Paling Bahagia, Berikut Fakta Unik Tentang Vanuatu
Selain pemandangannya yang menakjubkan, negara ini punya tradisi-tradisi yang cukup unik.

Bagi kamu yang belum tahu, Vanuatu adalah sebuah negara yang berada di benua Oceania. Negara ini menjadi sangat unik karena memiliki beragam tradisi yang bikin jidat mengerut.

Bahkan, negara ini diklaim menjadi negara paling bahagia di dunia dan aman dari virus Corona Covid-19. Selain itu, ternyata masih banyak fakta unik tentang negara ini. Apa aja sih? Yuk kita simak!

1 dari 6 halaman

1. Praktik Kanibalisme

Sebelum menjadi negara paling bahagia di dunia, Suku di Vanuatu dulunya dikenal sebagai suku yang masih menerapkan praktik kanibalisme.

Dilansir dari berbagai sumber, para antropolog menuturkan bahwa pernah ada seorang misionaris asal Inggris yang tiba di sana pada 1839. Nahas, pria itu tewas dan dimakan di pulau yang dikenal sebagai Erromango itu.

Namun, praktik kanibalisme ini sudah ditinggalkan dan tak dipraktikan kembali.

2 dari 6 halaman

2. Pencetus Olahraga Bungee Jumping

Vanuatu © Diadona

Di sebuah pulau bernama Pentakosta, para remaja dan laki-laki dewasa punya ritual yang dikenal sebagai Nanggol. Mereka mengikat kaki dengan sulur dan melompat dari atas menara. Ini adalah tradisi memasuki masa pubertas untuk para lelaki. Tradisi inilah yang dianggap sebagai pelopor dari bungee jumping. Menara ini terbuat dari kayu dengan ketinggian 20-30 meter. 

3 dari 6 halaman

3. Memuja Pangeran Philip

Sebuah suku di Pulau Tanna memiliki tradisi yang cukup aneh yakni memuja pangeran Philip. Hal ini dimulai sejak kunjungan Kerajaan Inggris pada 1974 silam. Mereka percaya jika Pangeran Philip adalah keturunan leluhur spiritual dari Tanna.

4 dari 6 halaman

4. Vanuatu adalah negara Paling Bahagia keempat di Dunia

Vanuatu © Diadona

Dihitung oleh Happy Planet Index, Vanuatu masuk peringkat keempat sebagai negara plaing bahagia di dunia. Hal ini dilihat berdasarkan kesejahteraan penduduk, penghasilan, politik, dan sebagainya. Vanuatu berada di belakang Kosta Rika, Meksiko dan Kolombia.

5 dari 6 halaman

5. Memuja Pesawat terbang

Suku di Vanuatu ada yang benar-benar memuja pesawat. Mereka menganggap bahwa pesawat adalah dewanya. Mereka akan menggunakan medali para tentara Amerika kemudian melakukan ritual pemujaan. 

Beri Komentar