Ngilu! Ada Ritual Setrika Payudara untuk Gadis yang Beranjak Dewasa

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 14 April 2020 08:20
Ngilu! Ada Ritual Setrika Payudara untuk Gadis yang Beranjak Dewasa
Payudara adalah aset wanita. Tapi bagaimana jika harus dihilangkan dengan cara yang menyakitkan?

Payudara bisa dibilang adalah bagian tubuh yang menjadi primadona wanita. Tak heran jika wanita sangat menjaga bentuk payudaranya agar terlihat indah. Namun, kamu nggak akan menemukan ini di beberapa negara di Afrika. Yang bikin ngeri, ada ritual untuk menyetrika payudara wanita ketika ia sudah beranjak dewasa. Kenapa ya?

1 dari 2 halaman

Terhindar dari Pemerkosaan

Dilansir dari beberapa sumber, beberapa negara di Afrika sepakat bahwa cantik adalah sebuah beban hidup yang harus dihilangkan. Cantik menurut mereka hanya akan membuat pria makin menunjukan birahinya. Hal ini dapat memciu perbuatan jahat seperti pemerkosaan.

Hal seperti ini yang dipercaya oleh wanita-wanita di Kamerun, Nigeria, atau Afrika Selatan yang konon jadi korban pelecehan para pria. Untuk menghindari pelecehan seksual, orang tua, khususnya ibu di sana melakukan aksi yang terbilang ekstrem dengan menghilangkan atribut kecantikan wanita yaitu payudara. Nggak main-main, para ibu itu menyetrika payudara anaknya yang berusia remaja.

Menghilangkan payudara dengan cara disetrika, dipercaya para ibu mampu membuat identitas anak perempuan mereka samar. Dengan tidak adanya payudara, mereka akan dianggap laki-laki dan akan selamat dari upaya pemerkosaan. Bayangin aja udah ngilu banget ya, apalagi ngerasain.

2 dari 2 halaman

Tradisi Dilakukan Kepada Gadis yang Beranjak Dewasa

Praktik yang mengerikan ini dilakukan saat perempuan mulai tumbuh payudaranya. Caranya memang mirip disetrika, namun nggak seperti apa yang kita pikirkan. Para ibu akan membakar kayu yang panas untuk kemudian ditempelkan di bagian dada secara berulang-ulang. Nggak hanya kayu, kadang mereka juga menggunakan logam atau batu agar hasilnya lebih cepat.

Setelah itu, anak-anak perempuan akan dipakaikan semacam korset yang menutupi bagian dada secara ketat. Dengan mengikatnya secara ketat, maka bagian yang tertutupi itu nggak akan tumbuh lagi.

Praktik setrika payudara ini cukup menyita perhatian. Sangat disayangkan jika anak-anak harus menerima siksaan seperti ini. Yang jelas ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bersyukur ya kita hidup di negeri dengan budaya yang aman dan nyaman.