Matanya Gak Bisa Merem, Sebenarnya Gimana sih Cara Ikan Tidur?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 1 September 2020 17:03
Matanya Gak Bisa Merem, Sebenarnya Gimana sih Cara Ikan Tidur?
Hayooo gimana hayoooo??

Berbeda dengan hewan mamalia dan manusia, ikan nggak punya kelopak mata untuk berkedip atau memejamkan mata. Jadi pas lihat ikan di kolam atau akuarium, kamu pasti sempat bertanya, “Apakah ikan tidur? Bagaimana cara ikan tidur? Terus gimana cara ikan sembuhkan mata kalau kelilipan?”

Oke, pertanyaan terakhir mungkin agak konyol, jadi abaikan saja deh hehehe.

1 dari 4 halaman

Ikan Hias © Diadona

Seperti halnya manusia, ikan juga butuh tidur untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Tapi hebatnya, ikan bisa tidur sambil melek dan melayang di dalam air. Hal ini disebabkan anatomi ikan yang unik; nggak punya kelopak mata bukan berarti ikan nggak tidur bukan?

Semua ikan tidur, tapi cara tidurnya beda dengan hewan darat dan manusia. Bahkan beberapa penelitian mengungkap proses tidur ikan berbeda satu sama lain, tergantung dari spesiesnya.

Terus bagaimana kita bisa tahu ikan sedang tidur kalau tak ada ciri-ciri yang terlihat, seperti berbaring atau memejamkan mata?

2 dari 4 halaman

Perlu kamu tahu, seperti yang pernah dituliskan laman nature.org, proses tidur ikan bukan ditandai oleh ciri yang nampak jelas, melainkan penurunan laju pergerakan serta detak jantung yang lebih lambat. Kedua tanda ini menunjukkan bahwa laju metabolisme ikan telah berkurang dan mereka sedang memulihkan energi.

Ikan Hias © Diadona

Seperti yang sudah dijelaskan, ikan nggak menutup mata ketika tidur dan nggak menunjukkan tanda-tanda tidur seperti Rapid Eye Movement (pergerakan mata cepat). Sebaliknya, ikan menjadi tidak aktif. seberapa tidak aktifnya tergantung pada spesies ikan. Sebagian besar ikan melayang atau diam, dan gerakan insang mereka melambat saat tidur. Meski demikian, ikan tetap waspada terhadap bahaya sehingga dapat melarikan diri dengan cepat jika perlu.

3 dari 4 halaman

Ikan Hias © Diadona

Sebenarnya gampang melihat tanda-tanda ikan tidur di akuarium. Coba deh kamu perhatikan, kalau gerakan ikan melambat atau berhenti bergerak, kemungkinan besar ikan itu lagi bobo.

Waktu tidur ikan pun berbeda-beda lho Loopers, tergantung dari habitat dan spesiesnya. Misalnya, ikan yang hidup terumbu karang cenderung aktif di siang hari, sedangkan malam hari jadi waktu yang tepat untuk tidur agar terhindar dari pemangsa.

4 dari 4 halaman

Beberapa spesies ikan berhenti tidur ketika mengalami fase tertentu, seperti merawat bayi hingga dewasa dan saat bermigrasi. Uniknya, ada pula spesies ikan yang mulai tidur pada usia tertentu, seperti ikan tilapia yang mulai tidur pada usia 22 minggu.

Untuk lebih tahu mengenai proses tidur ikan, Loopers bisa lihat rekaman video ikan mas yang diunggah akun YouTube Nikita Mears berikut ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara ikan tidur. Boleh dong share artikel ini ke teman-temanmu, biar mereka juga tahu kalau ikan bisa tidur sambil melek, hehe. Jangan lupa tulis juga komentarmu di bawah, ya!

Beri Komentar