Benarkah Bom Atom Merupakan Senjata Peledak Paling Mematikan?

Reporter : Yoyok
Senin, 31 Agustus 2020 21:50
Benarkah Bom Atom Merupakan Senjata Peledak Paling Mematikan?
Nyatanya, ada yang lebih parah daripada bom atom

Jika kalian mendengar nama kota Hiroshima dan Nagasaki, apa yang ada di benak kalian? Ledakan? Jepang? Atau bahkan bom atom?

Senjata yang meluluhlantahkan kedua kota tersebut adalah bom atom. Hiroshima dan Nagasaki dibombardir oleh Amerika Serikat dengan bom atom.

Efek dari senjata bom atom bisa kalian lihat dari kota Nagasaki dan Hiroshima pasca serangan. Semua bangunan di kedua kota tersebut hampir tidak tersisa.

1 dari 4 halaman

Bom Atom

Dikutip dari Warta Ekonomi, bom atom adalah senjata nuklir yang ledakannya dari proses reaksi fisi. Energinya berasal dari inti atom.

Namun, apakah bom atom merupakan senjata peledak terkuat dan paling mematikan di muka bumi ini?

Ilustrasi Bom © Diadona

2 dari 4 halaman

Bom Hidrogen

Nyatanya hal tersebut salah, masih ada senjata yang ribuan kali lebih mematikan daripada bom atom. Senjata tersebut bernama bom hidrogen.

Dikutip dari Beritagar, bom hidrogen merupakan senjata yang dikenal juga sebagai bom termonuklir. Bom hidrogen digolongkan sebagai senjata nuklir generasi kedua karena menggunakan proses yang sama dengan bom atom lalu meningkatkannya untuk menciptakan efek ledakan yang lebih dahsyat.

Jika bom atom menggunakan fisi nuklir untuk memisahkan atom uranium atau plutonium, maka bom hidrogen memanfaatkan fisi nuklir untuk memperkuat ledakan.

3 dari 4 halaman

1.000 Kali Lebih Kuat

Karena proses tersebut, bom hidrogen diklaim memiliki kekuatan 1.000 kali lebih kuat daripada bom atom biasa yang digunakan pada Perang Dunia oleh Amerika Serikat.

Ilustrasi Bom © Diadona

Beri Komentar