Kenapa Nyanyi di Kamar Mandi Berasa Suara Kita Lebih Merdu?

Reporter : Mila
Selasa, 11 Februari 2020 03:00
Kenapa Nyanyi di Kamar Mandi Berasa Suara Kita Lebih Merdu?
Apakah memang kita berbakat jadi penyanyi atau sekadar kebetulan semata?

Kemarin lusa, adik saya yang ada di bangku kuliah sedang berlibur dan menginap di apartemen saya. Adik saya ini adalah seorang yang gemar bernyanyi, meskipun sebenarnya suaranya biasa saja bahkan cenderung sumbang.

Suatu saat dia sedang mandi, dan seperti biasanya, dia selalu bernyanyi dengan lantangnya. Entah itu sebuah lagu yang saya tidak ketahui atau sekadar gumaman yang bernada. Ia terdengar sangat menikmati nyanyiannya tersebut sampai saat dia keluar dari kamar mandi, seketika nyanyiannya terhenti.

Saat itu juga ia langsung bertanya kepada saya,

"kak, suaraku kayaknya oke deh. Bisa banget nih ikut audisi Indonesian Idol. Eh, tapi kok kayaknya cuma bagusnya di kamar mandi doang, ya?"

 

1 dari 3 halaman

Tak hanya adik saya. Saya pun pernah merasa demikian. Merasa suara nyanyian saya bagus di kamar mandi, tapi saat keluar kamar mandi, hancur. Jelek banget.

Ikut penasaran, saya pun mencoba untuk googling. Saya menemukan sebuah penjelasan ilmiah di balik merdunya suara nyanyian di kamar mandi. Hal yang mempengaruhi suara kita adalah volume, gema, dan resonansi.

Wanita Bernyanyi di Kamar Mandi © Diadona

Resonansi adalah ikut bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain. Ketika suara bergetar, udara akan ikut bergetar. Getaran udara ini akan mengakibatkan suara kita yang sedang bernyanyi di kamar mandi terdengar nyaring.

2 dari 3 halaman

Gema yaitu proses dimana suara saling berbaur, seperti suara air keran yang berperan sebagai mixer, yang kemudian memodifikasi suara nyanyian terdengar jadi lebih merdu.

Ilustrasi Bernyanyi © Diadona

Suara ini pun tidak melarikan diri, melainkan justru memantul di sekitar dinding kamar mandi yang terbuat dari ubin. Pantulan suara itu menjadi lebih keras karena ada lebih banyak gelombang suara yang masuk di telinga seperti suara percikaan air. Ini adalah alasan utama suara kamu terdengar seperti penyanyi andal.

 

 

3 dari 3 halaman

Nah, sekarang terjawab pertanyaan kita semua tentang kenapa suara menjadi merdu saat bernyanyi di kamar mandi. Jadi jangan cepat menyimpulkan bahwa suara nyanyian kita benar-benar merdu, ya.

Apakah kamu juga termasuk shower singer? Lagu apa yang biasa kamu bawakan?

Beri Komentar