Kisah Kakek 70 Tahun Penyandang Disabilitas, Terpaksa Jual Pulsa Keliling Demi Sesuap Nasi

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 13 Juli 2020 09:13
Kisah Kakek 70 Tahun Penyandang Disabilitas, Terpaksa Jual Pulsa Keliling Demi Sesuap Nasi
Menjadi penjual pulsa keliling sejak tahun 2006.

Usia senja tak membuat kakek penyandang disabilitas di Surabaya ini bisa menikmati masa tua dengan banyak beristirahat. Namanya Saiful. Usianya yang kini telah 70 tahun memaksanya harus tetap bekerja demi menghidupi dirinya sendiri.

Jualan pulsa keliling menjadi pekerjaan yang dijalani kakek lansia penyandang disabilitas ini. Di sepeda roda tiganya, ia setiap hari harus berkeliling kota Surabaya. Dengan sabar ia berharap ada orang yang mau mengisi pulsa di tempatnya.

1 dari 3 halaman

      View this post on Instagram    

[BERSYUKURLAH ???????? JANGAN NGELUH] . NAMANYA Mbah SAIFUL, beliau agak susah berbicara dan diajak komunikasi karena mengalam suatu sakit guys ???????????? . Beliau setiap hari naik sepeda keliling di area Jemursari untuk berdagang pulsa keliling ???? salut sih aku, ya salut daripada seseorang yang masi sehat tapi nyatanya dia ngamen tapi nyatanya minta” tidak mau berusaha seperti mbah Saiful ???? . Aku tidak bermaksut membanding”kan tapi nyatanya bisa kalian liat sendiri kehidupan di jalanan, semoga buat siapapun jika bertemu dengan beliau hati kalian juga terketuk untuk membantu yah ???? tidak peduli berapa nominal mu . Iklas aja itu sudah cukup kok #bapau #surabaya #pemkotsurabaya #indonesia #kokobuncit #kotasurabaya #jawatimur

A post shared by Kuliner Surabaya | Koko Buncit (@kokobuncit) on

 

Kisah kakek Saiful tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram @kokobuncit, Selasa (7/7). Pemilik akun itu membagikan keseharian sang kakek saat keliling berkeliling menjajakan pulasa dengan sepeda roda tiganya.

"Namanya Mbah Saiful. Beliau agak susah berbicara dan diajak komunikasi karena mengalam suatu sakit, gaes," tulis @kokobuncit.

Jika dilihat sekilas, tubuh kakek Saiful terlihat tidak sempurna. Ia mengalami kesulitan dalam berjalan. Bahkan, kendaraan yang ia pakai jualan pulsa sehari-hari harus dimodifikasi sedemikian rupa demi memudahkan sang kakek untuk jualan.

2 dari 3 halaman

Kisah Kakek Saiful Penjual Pulsa Keliling Disabilitas © Diadona

Demi mengisi perut, kakek Saiful tidak mau menyerah dengan usia dan keterbatasan tubuhnya yang sulit bergerak. Apalagi saat mengenderai roda tiganya itu. Ia hanya bisa menggerakkan kedua tangannya.

Dalam keterangan unggahan, kakek Saiful disebut telah bekerja sebagai penjual pulsa keliling sejak 2006. Namun, hingga kini belum diketahui pasti di mana keluarga sang kakek selama ini. Tak diketahui juga apakah anggota keluarga sengaja membiarkannya jualan pulsa keliling atau ia memang tinggal sebatang kara.

3 dari 3 halaman

Tak ayal, postingan video yang memperlihatkan perjuangan kakek Saiful, penyandang disabilitas yang jualan keliling kota Surabaya itu langsung menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka yang meresa terenyuh dan sedih. Banyak juga yang ingin membantu sang kakek penjual pulsa keliling tersebut.

" Mbah ini kalau sore sering berhenti di Indomaret sebelah penyetan raja sambel seberang perumahan RMS," tulis @bimprasst.

" Terus jadi terang buat orang lain kok. Tuhan akan melipatgandakan," lanjut @marikephan.

" Mbah ini sudah keliling sejak aku kecil, Alhamdulillah masih diberi sehat. Udah lama banget enggak kelihatan di Kendangsari," timpal @nirmanoermala.

Sehat-sehat teru kakek, yuk kalau berada di sekitaran kakek saiful ini bantu larisin dagangannya. 

Beri Komentar