Kehabisan Bensin, Mobil Dinas Wapres Ma'ruf Amin Isi BBM Pakai Jerigen! Begini Penjelasan Istana

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 12 Juli 2020 17:03
Kehabisan Bensin, Mobil Dinas Wapres Ma'ruf Amin Isi BBM Pakai Jerigen! Begini Penjelasan Istana
Waduh, kok bisa?

Mobil mercy hitam berplat merah, bertuliskan Indonesia dan berbendera merah putih tampak diisi bensin eceran di pinggir jalan. Hal itu terlihat dari sebuah video viral yang beredar di jejaring media sosial Youtube.

Video itu diunggah akun Kontributor Youtube tv pada hari ini, Sabtu 10 Juli 2020. Video itu diberi judul #viral mobil presiden jokowi kehabisan bensin saat kunjungan ke daerah.

Tidak ada deskripsi lain mengenai lokasi dari video yang sudah dilihat sebanyak lebih dari 300 kali ini. Warganet yang melihatnya mempertanyakan apakah betul mobil kelas pemimpin negara diisi bensin eceran dipinggir jalan.

"Kapan dan di mana ya itu? Karena mobil presiden sudah ganti baru, sepertinya video lama," tulis Denny Goeh.

1 dari 2 halaman

Penjelasan dari Istana

      View this post on Instagram    

Mobil R2 (Wapres) yang kehabisan bensin menjadi viral. . Dalam video diunggah di akun youtube Riko Putra Al Hanafi dan dipublikasikan tanggal 10 Juli 2020 ini terlihat sejumlah petugas mengisi mobil tersebut menggunakan bensin dari jerigen. . Belum diketahui kapan dan dimana kejadian ini berlangsung. . Sumber: via @galamedianews . Follow @zonapriangan Follow @zonapriangan . Punya info menarik buat di share, DM aja!! . #ZonaPriangan #Indonesia #Everydayindonesia #News #Breakingnews #viral #viralindonesia #viralvideos #videoviral #berita #beritahariini #Pikiranrakyatmedianetwork #prmn #potensilokalgonasional #lebihtahujawabarat

A post shared by Zona Priangan (@zonapriangan) on

 

Setelah ditelusuri mobil dalam video tersebut ternyata berplat Indonesia 2, artinya kendaraan dinas wakil presiden. Hal tersebut kami konfirmasi kepada Tim Sekretariat Wakil Presiden.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar meluruskan kesimpangsiuran video mobil VVIP bernomor Plat RI 2 yang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan.

Oemar menjelaskan, hal itu bukan tindakan mengisi bensin dengan eceran, melainkan diisi karena ketidaktersediaan SPBU yang memiliki kriteria sesuai spesifikasi mobil tersebut.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," tulis Oemar dalam keterangan resmi diterima, Sabtu (11/7).

Oemar mengungkap, setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Hal ini ditujukan, ketika diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, dapat digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan.

2 dari 2 halaman

Oemar menambahkan, video viral peristiwa tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020.

Saat itu diketahui, Wapres tidak ada di dalam mobil karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan New Normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

" Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi," Oemar menandasi.

Simak sumber videonya berikut ini

Beri Komentar