Sudah Tak Ada Uang untuk Bayar Kontrakan, 15 Pria Ini Akhirnya Nekat Mudik dalam Satu Mobil

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 24 Mei 2020 07:00
Sudah Tak Ada Uang untuk Bayar Kontrakan, 15 Pria Ini Akhirnya Nekat Mudik dalam Satu Mobil
Duh!

Mudik adalah sebuah rutinitas yang biasa masyarakat Indonesia lakukan saat menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, Namun, rutinitas ini harus ditunda terlebih dulu karena untuk mematuhi peraturan PSBB dalam pencegahan Covid-19 ini.

Menurut Merdeka.com, aturan tersebut tampaknya tidak berlaku bagi 15 orang ini, pasalnya, mereka nekat mudik dan melanggar peraturan PSBB yang berlaku.

.

1 dari 3 halaman

Dua mobil berpelat Jakarta yang diduga mengangkut penumpang dengan kapasitas berlebih terjaring saat memasuki Kota Bandung di exit tol Buahbatu. Dua mobil jenis MPV itu mengangkut masing-masing 14 penumpang dan 15 penumpang pria.

Polisi yang berjaga di ruas jalan tersebut memberhentikan mobil dan meminta untuk kembali ke Jakarta karena mengakui kesalahan melanggar aturan yang berlaku. Petugas tidak memberikan sanksi berat, hanya melakukan pencatatan identitas.

Kanitlantas Polsek Bandung Kidul AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (23/5). Petugas yang berjaga curiga saat kendaraan tersebut melaju secara ragu-ragu.

 

2 dari 3 halaman

Setelah disuruh menepi, penumpang di dua mobil tersebut berdesakan. Ada yang dipangku, bahkan ada yang duduk di bawah kursi mobil. Bagian tengah dan belakang diisi masing-masing enam orang.

Saat ditanya, status penumpang didominasi mahasiswa, ada pula yang bekerja namun sudah dirumahkan. Mereka nekat pulang karena sudah tidak sanggup membayar uang sewa kost. Daerah yang mereka tuju kebanyakan di daerah Kabupaten Garut, hingga Kabupaten Ciamis.

" Yang (mobil) satu 15 orang, yang (mobil) satu lagi 14 orang. Kondisinya berdesakan, kasihan, " kata Fiekry saat ditemui di cek poin penjagaan daerah Buahbatu.

" Kendaraannya diputarbalikkan. Mereka mengakui salah," ucap dia lagi.

 

3 dari 3 halaman

Di cek poin Buahbatu, sedikitnya sudah ada 500 kendaraan yang diputarbalikkan karena melanggar aturan yang berlaku dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Tak hanya yang mudik, banyak juga di antara penumpang kendaraan tersebut bertujuan untuk berbelanja.

Dia menduga, Buahbatu menjadi salah satu tempat tujuan belanja kebutuhan pokok karena ada banyak toko grosir. Ia dan petugas mengaku terus melakukan penjagaan dengan ketat selama pemberlakuan PSBB

Duh, ada-ada saja ya, kalian semua tetap stay at home ya! Selamat lebaran..

Beri Komentar