Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi yang Mudah, Hasilnya Cantik Banget!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 11 Agustus 2020 11:49
Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi yang Mudah, Hasilnya Cantik Banget!
Dari sampah, bisa kamu sulap cantik dengan cara membuat tas dari bungkus kopi ini.

Tahu nggak sih guys, dari cara membuat tas dari bungkus kopi kamu bisa bantu melestarikan alam dengan mengurangi sampah plastik. Yap, pasti sudah nggak asing kan dengan kabar sampah plastik yang susah terurai ini makin membludak? Mengotori lingkungan dan tentu saja mempengaruhi kehidupan manusia di masa depan nanti.

Tapi nggak selamanya sampah plastik itu merugikan kok. Asalkan, dia ada di tangan yang tepat. Nah, kamu bisa menjadi salah satunya nih dengan menyulap sampah lewat cara membuat tas dari bungkus kopi. Bahkan nggak jarang juga warga Indonesia, khususnya ibu-ibu sudah memanfaatkan plastik jadi kerajinan tangan.

Mendaur ulang sampah dengan cara membuat tas dari bungkus kopi ini memang melatih kreativitasmu guys. Tapi tenang saja, kalau belum tahu caranya, inilah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan mengutip dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Tas dari Bungkus KopiCara Membuat Tas dari Bungkus Kopi © Pinterest/ recycledcrafts.craftgossip


Sebelum ke cara membuat tas dari bungkus kopi, siapkan alat dan bahan yang diperlukan terlebih dulu ya. Bahan utamanya yang merupakan bungkus kopi juga tergantung dari bentuk tas yang kamu inginkan. Kalau ukurannya makin besar, berarti butuh lebih banyak bungkus kopi.

Alat dan Bahan:


1. Bungkus kopi instan, kalau kamu ingin membuat tas yang ukurannya kecil, seenggaknya siapkan 100 bungkus.

2. Kain furing yang bisa juga diganti kain polos. Nantinya dipakai untuk alas bagian dalam tas.

3. Gunting untuk memotong beberapa bagian, benang dan sebagainya.

4. Benang dan jarum untuk menyatukan bungkus kopi.

5. Penggaris untuk mengukur seberapa besar sih tas yang mau kamu buat. Selain itu, penggaris juga bisa jadi alat bantumu memotong bungkus kopi agar sama rata.

6. Risleting ukuran standar untuk pengait tas bungkus kopi kalau sudah siap pakai.

2 dari 4 halaman

Langkah-langkah Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Tas dari Bungkus KopiCara Membuat Tas dari Bungkus Kopi © Pinterest/ kasitoitajapuutarhanhoitoa


Jika semua alat dan bahan sudah tersedia, sekarang saatnya kamu beraksi membuat tas yang ramah lingkungan ini.

1. Pertama, siapkan bungkus kopi instan merek apa saja lalu bersihkan bungkus kopi dari sisa bubuk dengan air lalu dikeringkan. Kamu bisa menjemur atau lap pakai kain bersih.

2. Gunting bagian bawah bungkus kopi. Oh iya, kamu bisa mengkombinasikan bungkus kopi atau ingin pakai satu merk saja, sesuai selera.

3. Gunting bungkus kopi menjadi dua sama rata sehingga jadi dua bagian.

4. Langkah selanjutnya pada cara membuat tas dari bungkus kopi adalah melipat bungkus 1 cm ke dalam di ujung atas dan bawahnya. Jadi lebar lipatan sebesar 2 cm.

3 dari 4 halaman

5. Kemudian, anyam bungkus kopi tadi sehingga berbentuk baling-baling. Kalau kamu menyediakan 100 bungkus untuk tas ukuran kecil, nanti jadi 200 lipayan bungkus kopi. Oh iya, kamu bisa pakai bagian dalam atau luar bungkus kopi loh! Sesuai selera.

6. Nah, kerangka tas dari anyaman sudah jadi. Saatnya kamu merapikan dengan menjahit bagian atas tasnya supaya anyaman nggak gampang lepas.

7. Terus, tambahkan kain furing atau kain polos di dalam tas yang tidak terlalu tipis.

8. Sentuhan terakhir, tambahin risleting untuk perekat tas yang sudah siap kamu pakai.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tali Tas dari Bungkus Kopi


Kalau tas sudah jadi, sekarang cara membuat tali tas dari bungkus kopi. Tenang saja, caranya gampang banget kok. Kamu tinggal membuat lipatan yang masih tersisa jadi bentuk segita. Terus digabungkan dan dijahit. Jadi deh, tali tasnya.

Eits.. kalau nggak pakai bungkus kopi juga bisa loh! Jany bisa memanfaatkan tali kur yang tinggal dijahit pada tas sebagai tali. Simple banget kan?

Jadi itulah langkah-langkah membuat tas dari bungkus kopi yang ramah lingkungan, mudah pastinya tetap cantik dipandang buat jadi salah satu item fashionmu. Tas ini juga bisa kamu pakai buat belanja loh!

Beri Komentar