Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Teh dan Kopi Tanpa Dicuci

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 8 Agustus 2020 15:09
Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Teh dan Kopi Tanpa Dicuci
Punya masalah bau sepatu? Gini loh cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci.

Nggak harus selalu dicuci, kamu bisa memanfaatkan teh dan kopi sebagai cara menghilangkan bau sepatu loh! Masalah bau sepatu ini memang mengganggu banget ya guys. Bikin nggak pede dan orang lain juga jadi nggak nyaman.

Apalagi buat kamu yang suka banget rajin pakai sepatu. Pasti nggak mau dong kalau mengalami bau sepatu. Penyebab dari bau tidak sedap di sepatu ini pun bermacam-macam. Bisa karena keringat, sepatu basah, nggak pakai kaus kaki dan sebagainya.

Jangan dibiarkan ya guys, yuk cari tahu cara mengatasinya. Berikut ini melansir dari berbagai sumber cara menghilangkan bau sepatu yang bisa kamu coba.

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Teh

Ilustrasi Teh Hitam © Diadona


Ada bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan bau sepatu dengan teh patuh kamu cobain nih! Bahannya murah dan mudah dicari kan guys?

Pilihlah teh dengan aroma yang tajam atau teh hitam. Kantung teh hitam mengandung tanin atau senyawa polifenol yang bisa membunuh bakteri dan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Nah, caranya sendiri gampang kok guys.

Simpanlah kantung teh hitam di air mendidih selama 2-3 menit dan tiriskan. Tunggu sampai dingin dulu ya. Jika sudah, tinggal kamu simpan di dalam sepatu selama satu jam. Terus bersihkan deh sisa cairan dalam sepatu. Sekarang aromanya jadi teh dan nggak bau lagi deh.

2 dari 6 halaman

Selain meletakkan kantung teh, kamu juga bisa menggunakan teh sebagai bahan rendaman kaki. Sebab, sifat asam di teh bisa menutup pori-pori dan mengurangi keringat memproduksi berlebih. Selain itu, teh juga berperan sebagain antibiotik yang bisa membunuh bakteri di kaki.

Caranya simple kok, siapkan kantung teh hitam sebanyak dua buah. Masukkan ke dalam 500 ml air yang dididihkan selama 15 menit. Terus tambah 2 liter air dingin dan letakkan pada ember. Kamu tinggal merendam kaki selama 30 menit dan lakukan sekali sehari selama seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi

Ilustrasi Kopi © Diadona


Selain teh, kopi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau sepatu. Nah, kalau kamu penggemar kopi, sisihkan sebagian bubuk kopi untuk atasi masalah bau sepatumu ya.

Langkah awal, pastikan dulu sepatumu dalam kondisi bersih dan kering. Kemudian, bubuk kopi dibungkus dengan tisu atau kaus kaki dan dimasukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman dan besoknya bau nggak sedap sudah lenyap.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

5 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Sepatu Yang Tak Sedap © Diadona


Tenang saja guys, caranya nggak hanya dengan teh atau kopi kok. Kamu juga bisa menerapkan cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci lainnya. Merendam Kaki menjadi cara ampuh yang bisa kamu coba, tapi dicampur dengan bahan lain ya.

Merendam Kaki dengan Cuka


Cuka ini memiliki peran mengeringkan sehingga bakteri jadi kelaparan dan akhirnya mati. Itu kenapa cuka bisa kamu jadikan cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci.

Caranya dengan mencampurkan cuka dua bagian ke dalam ember dan beri air. Terus rendam kakimu selama 30 menit dan lakukan rutin setiap hari sekali selama satu minggu.

5 dari 6 halaman

Merendam Kaki dengan Garam

Ilustrasi Garam Laut © Diadona


Sama dengan cuka, garam ini juga bisa atasi masalah bau sepatumu guys. Menurut Al D;Angelantonia, seorang ahli bedah kaki dan pergelangan kaki yang juga asistem profesor bedah di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, bilang kalau garam bisa mneyeram kelembapan dan mengurangi bakteri di kaki.

Kamu cukup menyediakan air hangat dalam ember kemudian larutkan garam di dalamnya sebanyak seperempat sampai setengah cangkir. Terus rendam kaki selama 20 menit lalu dikeringkan pakai handuk. Lakukan rutin setiap hari selama dua minggu ya.

6 dari 6 halaman

Selain cara-cara di atas, kamau juga perlu nih memilih kaus kaki dengan bahan yang tepat agar kulit kaki bisa bernapas. Kalau bisa siapkan cadangan di dalam tas biar kamu bisa ganti kaus kaki. Kaki jadi nggak lembab deh.

Oh iya, ada bahan lain yang bisa kamu pakai sebagai cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Selain teh dan kopi, kamu bisa menaburkan baking soda dan bedak bayi guys.

Caranya, letakkan 2 sendok makan baking soda di kaus kaki yang nggak dipakai. Letakkan saja semalaman dan esoknya sepatu sudah nggak bau lagi. Kalau pakai bedak bayi lebih gampang lagi nih! Kamu tinggal menaburkan bedak bayi di sekitar kaki sebelum pakai sepatu. Dijamin aromanya jadi wangi deh.

Jadi itu tadi beberapa cara menghilangkan bau sepatu tanpa harus dicuci. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar