Cara Membuat Tas Rajut Terbaru dari Nylon yang Sederhana dan Cantik untuk Pemula

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 22 Juli 2020 09:19
Cara Membuat Tas Rajut Terbaru dari Nylon yang Sederhana dan Cantik untuk Pemula
Bagi pemula, cara membuat tas rajut memang susah-susah gampang ya guys.

Meski memasuki teknologi yang modern, namun cara membuat tas rajut ternyata masih saja digemari para pecinta kerajinan rajut. Sehingga, banyak sekali penjual yang berlomba-lomba untuk menjajakan karya dari pengrajin rajut tersebut.

Merajut ialah metode untuk membuat baju, tas atau pernak-pernik lainnya yang terbuat dari benang yang dirajut. Perlu diingat, kalau merajut berbeda dari menenun atau menjahit ya, guys. Sebab biasanya merajut menggunakan benang yang agak tebal dan menggunakan jarum khusus.

Nah, kalau kamu tertarik dengan sebuah karya rajut, kamu bisa memulainya dengan cara membuat tas rajut yang sederhana. Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Tas Rajut Terbaru

Cara Membuat Tas Rajut © Diadona

Sebelum membuat karya rajut, adapun bahan-bahan yang perlu disapkan ialah benang rajut seperti benang nylon, benang wol kenari atau benang katun, jarum rajut, gunting, dan penggaris untuk mengukur model rajutan.

- Buat Susunan Rantai

Cara membuat tas rajut terbaru yang pertama ialah  membuat pola atau tusuk rantai dengan cara mengaitkan benang rajut pada hakpen atau jarum rajut pada lingkarkan diujung tangan kiri.

- Menambah Pola Lain

Cara membuat tas rajut terbaru ternyata juga tidak hanya menggunakan satu pola saja, lho. Setelah dengan tusuk rantai, kamu bisa berganti pola, seperti menambahkan tusuk tunggal. Caranya adalah dengan memasukkan jarum pada lubang kedua dari belakang jarum kemudian kaitkan benang dan tarik benang sampai melewati 2 lubang pada jarum, lalu kaitkan pada tusuk rantai sebelumnya.

Terakhir buatlah simpul yang berulang hingga bagian ujung pola bisa saling bertemu, caranya putar ke bagian sebelumnya hingga kedua sisi benang atau pola saling berkaitan.

Kalau kamu berhasil membuat tusuk tersebut dengan cara melingkar, secara tidak langsung kamu telah membuat pola tas dasar yang akan kamu buat saat cara membuat tas rajut terbaru.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Tas Rajut Nylon

Cara Membuat Tas Rajut © Diadona

Sebagai cara membuat tas rajut terbaru yang diminati banyak orang terdapat beberapa model. Model-model tas rajut menggunakan perpaduan berbagai warna benang, seperti nylon tentu akan terlihat cantik dan unik.

Saat ini cara membuat tas rajut nylon yang cukup banyak dijumpai adalah dengan tusuk kerang atau shell stitch karena memeiliki tekstur kerang. Selain itu, simpul rantai keriting atau tusuk 'V' juga kerap dijumpai pada tas rajutan yang hasilnya memang agak berongga.

Kalau kamu tertarik untuk membuat tas rajut nylon, berikut bahan-bahan yang pelu kamu persiapkan terlebih dahulu, yakni gunting, hakpen dengan ukuran 1/0, dan benang nylon.

3 dari 6 halaman

- Langkah pertama cara membuat tas rajut nylon yang perlu diperhatikan ialah membuat pola atau tusuk rantai yang disusun. Pola dibuat dengan mengaitkan benang rajut pada hakpen dengan lingkaran di ujung tangan kiri.

- Tak hanya menggunakan satu pola saja, cara membuat tas rajut nylon dengan pola tusuk rantai bisa kamu lanjutkan dengan menabahkan atau berganti pola dengan tusuk tunggal. Caranya memasukkan jarum pada lubang kedua dari belakang jarum kemudian kaitkan benang tersebut pada jarum rajut.

- Setelah itu dilanjut dengan simpul keriting, dengan buat tusuk rantai sebanyak 7 rantai. Lalu, masukkan hakpen pada lubang ketiga dan kaitkan pada benang lalu tarik hingga melewati lubang ketiga tersebut.

- Selanjutnya, cara membuat tas rajut ialah kaitkan lagi benang tersebut lalu tarik hingga melewati dua lubang sebelumnya. Ulangi terus sampai membentuk badan tas sesuai dengan seleramu.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Tas Rajut untuk Pemula

Cara Membuat Tas Rajut © Diadona

Cara membuat tas rajut untuk pemula memang harus sering-sering berlatih dengan tekun, sebab merajut memang rumit sesuai dengan apa yang ingin dibuat. Tapi nggak usah khawtair, karena banyak cara membuat tas rajut yang sederhana dan tentunya bisa kamu jadikan bahan belajar seperti cara merajut di atas.

Kalau kamu menekuni untuk merajut, hasil karya merajutmu pun bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Sebab, hasil karya merajut memiliki nilai jual yang tinggi apalagi kalau kamu membuat tas atau baju rajut dengan tangan.

Sebagai pemula, tentu kamu harus memahami teknik dasar sebelum membuat tas rajut, diantaranya adalah:

1. Teknik Tusuk Atas dan Tusuk Bawah

Tusuk atas dilakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sedangkan tusuk bawah dengan mengait benang dari arah belakang dan hasil akhir rajutan adalah memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.

5 dari 6 halaman

2. Teknik Perajutan Melingkar

Teknik dasar kedua ialah perajutan datar yang dilakukan memakai dua jarum rajut atau jarum melingkar yang nantinya hasilnya berupa kain lurus mendatar ataupun persegi panjang.

Pada umumnya teknik perajutan melingkar dilakukan memakai jarum yang melingkar, agar hasilnya bisa berupa kain berbentuk melingkar ataupun silinder, yang hasilnya bisa dilihat seperti pada kaus kaki rajut dan lengan baju rajutan.

3. Teknik Merenda

Teknik merajut selanjutnya ialah teknik merenda dan yang hanya menggunakan sebatang jarum rajut. Pada dasarnya, merajut dan merenda sama-sama mengaitkan benang melalui lubang dengan tusukan yang ada, tapi yang membedakan adalah menggunakan teknik rajutan dan jarum yang berbeda dengan merajut.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Tas Rajut Cantik

Cara Membuat Tas Rajut © Diadona

Tas rajut merupakan salah satu tas yang saat ini banyak digandrungi oleh kalangan pecinta tas, mengingat bahwa tas rajut memiliki model yang baik, sehingga cocok untuk dijadikan bahan koleksi dirumah.

Tapi, rasanya kurang puas kalau kamu hanya bisa membeli tanpa mendapatkan bentuk yang sesuai kamu inginkan. Untuk itu, berikut cara membuat tas rajut cantik yang bisa kamu coba di rumah.

-  Pertama, siapkan alat dan bahannya seperti benang rajut, kain flannel, hakpen nomer 3 dan juga pemanis.

- Kemudian kamu bisa memulai dengan membuat tusuk rantai sebanyak 48 rantai, pada baris ke 2 sampai 67 mulailah gunakan tusuk tunggal, lalu baris ke 22 dengan tusuk rantai yang melompati 4 tusukan.

- Setelah itu, pada baris ke 68 lakukan tusuk triple dan 48 balik. Renda tusuk tunggal 1, tusuk ganda 1, tusuk rantai 2, tusuk ganda 1, tusuk tunggal 1, lakukan cara ini berulang ulang sampai benang habis ya.

- Untuk menambahkan bingkai bunga pada cara membuat tas rajut cantik, pertama buat 7 tusuk rantai dan menyambungnya pada lubang pertama hingga menjadi lingkaran. Pada satu lubang lakukan tusuk triple 1, tusuk rantai 1, dan ulangi sampai 5 kali.

- Lakukan hal yang sama dengan rapi sampai lubang benar-benar terisi dan benang habis.

Itulah cara membuat tas rajut dengan teknik yang sederhana. Teruslah belajar dengan tekun dan mencoba membuat pola-pola.

Beri Komentar