Cara Membuat Tas Rajut Sederhana, yang Membuat Penampilanmu Semakin Catchy!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 5 Agustus 2020 09:30
Cara Membuat Tas Rajut Sederhana, yang Membuat Penampilanmu Semakin Catchy!
Inilah cara membuat tas yang bisa kamu tekuni untuk tambahan penghasilan.

Seperti yang diketahui tas merupakan sebuah benda yang bisa menampung sekitar 25 benda, yang beratnya berkisar antara 2 sampai 6 kilogram, dan menjadi salah satu aksesoris fashion yang paling sederhana dan umum.

Dikarenakan menjadi aksesoris fashion yang paling banyak dicari oleh perempuan, tak ada salahnya kalau membuat tas sendiri untuk menghemat pengeluaranmu selama ini. Cara membuat tas sendiri pun sebenarnya tidak rumit, namun hanya diperlukan ketekunan dan ketelitian untuk menghasilkan tas yang bagus.

Nah, kalau kamu tertarik untuk cara membuat tas sendiri di rumah, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas Rajut

Cara Membuat Tas © Diadona

Merajut merupakan metode yang digunakan untuk membuat pernak-pernik lainnya yang terbuat dari benang yang dirajut. Merajut biasanya menggunakan benang yang agak tebal dengan warna yang beragam serta menggunakan jarum khusus. Salah satu karya yang dihasilkan dengan mearjut ialah tas.

Tas rajut sendiri saat ini sudah banyak diminati oleh para wisawatan saat mengunjungi tempat wisata, bahkan saat ini pun beberapa orang mulai berlomba-lomba untuk mengetahui cara membuat tas rajut sendiri di rumah dengan hasil yang diinginkan.

Untuk itu, berikut cara membuat tas rajut sederhana yang bisa kamu praktikkan langsung di rumah.

1. Langkah pertama cara membuat tas rajut ialah kamu harus persiapkan bahan dan perlatannya terlebih dahulu, seperti gunting, hakpen denga ukuran 1/10, dan benang nylon.

2. Setelah bahan dan alat terkumpul, cara membuat tas rajut selanjutnya ialah dengan membuat simpul awal dan simpul rantai.

a. Simpul Awal

- Pertama lingkarkan benang pada hakpen dengan menyisakan benang, kemudian letakan sisa benang di tengah lingkaran, lalu masukkan hakpen dari bawah ke tengah lingakaran dan tarik benang yang panjang.

- Kalau sudah membuat simpul awal, langkah merajut selanjutnya ialah membuat simpul rantai dengan cara kaitkan hakpen pada benang, lalu tarik benangnya hingga keluar dari hakpen. Lakukan cara tersebut sampai kamu mendapatkan panjang yang diinginkan.

b. Simpul Rantai

- Setelah membuat simpul awal dan mengetahui cara membuat simpul rantai, maka cara membuat tas rajut selanjutnya ialah membuat pola. Pertama, buat tusuk rantai sebanyak empat rantai, lalu kaotkan hakpen pada benang dan masukkan hakpen pada lubang kelima, kemudian kaitkan hakpen pada benang dan tarik benangnya hingga melewati lubang kelima.

- Kalau sudah, hakpen yang sudah dikatikan benang tersebut tarik melewati satu buah lubang yang ada lalu ulangi lagi dengan melewati dua lubang. Kemudian, kaitkan benang pada hakpen dan tarik melewati dua lubang terakhir.

- Lakukan berulang cara tersebut dengan terus memutari hingga simpul rantai dan kemudian putar sisi sebaliknya, lalu buat hingga tiga baris.

3. Setelah membuat simpul rantai, cara membuat tas rajut selanjutnya ialah dengan simpul keriting. Pertama, buatlah tusuk rantai sebanyak 7 rantai, lalu masukkan hakpen pada lubang ketiga dan kaitkan pada benang lalu tarik hingga melewati lubang tersebut.

4. Kaitkan lagi benang tersebut lalu tarik hingga melewati dua lubang, ulangi langkah ini hingga ujung kemudian putar sampai keduanya terkait dan buat sampai dua baris.

5. Buat lagi pola simpul rantai, lalu ulangi lagi membuat simpul keriting dan ulangi terus hingga membentuk badan tas yang sesuai dengan seleramu. Selesai.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Cara Membuat Tas © Diadona

Belakangan ini pemberitaan mengenai limbah plastik semakin mengkhawatirkan. Pasalnya limbah plastik bukan hanya ada di daratan saja, di lautan pun juga ada. Tapi, tak semua yang berbahan plastik harus berakhir menjadi limbah.

Sebab, ternyata ada yang menggunakan plastik sebagai bahan kerajinan, salah satunya ialah cara membuat tas dari bungkus kopi. Dengan membuat tas dari bungkus kopi ini, tentunya bisa membantu mengurangi sampah plastik serta ramah lingkungan.

Penasaran kan bagaimana cara membuat tas dari bungkus kopi? Berikut di antaranya.

1. Langkah pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat tas dari bungkus kopi persiapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti bungkus kopi, gunting, jarum, penggaris, kain furing, serta risleting.

2. Setelah itu ambil bungkus kopi instan sachet merk apa saja yang telah diberishkan dengan air serta digunting bagian atas dan bawahnya, lalu gunting bungkus kopi tersebut menjadi dua bagian sama rata, sehingga dalam satu bungkus menjadi dua buah potongan.

3. Kemudian, cara membuat tas selanjutnya ialah lipat bungkus kopi dengan melipat 1 cm kebagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm, lalu anyam bungkus kopi tersebut menjadi berbentuk baling-baling.

4. Kalau seluruh anyaman baling-baling selesai dibuat, kamu bisa menggabungkan anyaman-anyaman tersebut dengan membuat sudut tegak vertikal. Hal ini dilakukan supaya tas yang kamu buat bisa dianyam ke arah atas.

5. Kemudian tambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas, dengan menyatukan kain dan tas dari bungkus kopi tersebut menggunakan jarum serta benang jahit. Usahakan jahitan yang kamu gunakan cukup kuat dan rapi.

6. Cara membuat tas dari bungkus kopi selanjutnya ialah tambahkan risleting dan tali untuk mempercantik tas, kamu bisa menggunakan tali kur untuk mempermudahnya ataupun menggunakan anyaman bungkus kopi. Selesai, cantik kan?

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Cara Membuat Tas © Diadona

Seperti yang diketahui kain perca merupakan kain sisa dari pembuatan pakaian yang biasanya didapat dari penjahit rumahan. Meskipun sisa dari pembuatan pakaian, ternyata kain perca bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah kerajinan tangan lho, salah satunya ialah untuk membuat tas.

Cara membuat tas dari kain perca tidak begitu sulit. Apalagi dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan harga murah bahkan gratis. Untuk itu simak ulasan berikut ini tentang cara membuat tas dari kain perca dengan hasil yang cantik.

1. Langkah pertama dalam membuat tas dari kain perca ialah siapkan peralatan serta bahan yang diperlukan, seperti benang jahit, risleting, pita, busa angin tipis untuk bagian dala, dan kain perca motif atau polos.

2. Kalau sudah, buatlah pola tas terlebih dahulu di sebuah kertas. Lalu, potong kain perca supaya memiliki ukuran yang sama, kemudian jahit.

3. Setelah kain perca disatukan menjadi sebuah lembaran kain yang lebar, gunting kain dengan mengikuti pola yang sudah kamu persiapkan. Lebihkan sekitar 2cm dari ukuran untuk lipatan. Kemudian letakkan busa angin di atas kain, lalu jahit bagian sisi-sisinya.

4. Cara membuat tas dari kain perca selanjutnya ialah buat tali menggunakan kain perca, sesuaikan ukurannya dengan pola yang sudah ada dan laoisi dengan busa angin, lalu jahit dan pasangkan pada tas.

5. Terakhir, cara membuat tas dari kain perca adalah dengan memasangkan risleting serta pita untuk mempecantik tas yang sudah kamu buat. Taraaa! tas hasil buatanmu pun siap digunakan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

Cara Membuat Tas © Diadona

Selain dari kain perca, ada banyak kerajinan yang bisa kamu buat dari barang-barang yang sederhana serta mudah didapatkan. Salah satunya adalah cara membuat tas dari kain flanel.

Nah, kalau kamu gemar mengoleksi kerajinan, kamu bisa membuat tas dari kain flanel yang satu ini lho. Untuk itu, langsung saja simak cara membuat tas dari kain flanel berikut ini.

1. Sebelum membuat tas, adapun peralatan dan bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, seperti kain flanel dengan warna yang kamu inginkan, gunting, benang jahir, jarum jahit biasa, jarum pentul, pita, tali kur, dan lem.

2. Setelah itu, buatlah pola tas yang kamu inginkan dengan ukuran tinggi tas 17 cm, lebar 14 cm serta tinggi penutup tas 8 cm pada bagian belakangnya.

3. Cara membuat tas dari kain flanel selanjutnya ialah potong kain flanel tersebut berdasarkan pola sketsa yang sudah kamu buat sebelumnya. Setelah itu buat tali untuk tasnya, potong dengan cara vertikal. Kamu bisa manfaatkan kain flanel sebagai talinya atau menggunakan jenis tali lainnya.

4. Kemudian, jahit kain flanel dengan teknik jahit melingkar supaya tas terlihat rapi lakukakan hal ini berulang kali agar jahitan rapi dan kuat. Jangan lupa jahit sisi cover tas juga ya, untuk menutupi bekas jahitan sebelumnya, kamu bisa menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda.

5. Terakhir, cara membuat tas dari kain flanel ialah lapisi bagian bawah tas dengan kertas karton supaya mampu menahan beban berat, dan bisa menambahkan aksesoris lucu untuk mempercantik tas kain flanel buatanmu. Selesai.

Itulah cara membuat tas dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar