13 Cara Membuat Bibir Merah Alami Memesona, Tetap PD Meski Tanpa Lipstik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 8 Juli 2022 15:10
13 Cara Membuat Bibir Merah Alami Memesona, Tetap PD Meski Tanpa Lipstik
Mulai dari rutin eksfoliasi hingga kurangi paparan matahari, cara membuat bibir merah alami berikut ini harus rutin kamu lakuin

Bibir yang tampak sehat adalah yang terpentingdaya tarik senyum yang mendukung dalam penampilan. Nggak heran deh kalau saat ini banyak produk kecantikan hadir untuk kesehatan bibir, mulai dari melembabkan hingga sebagai cara membuat bibir merah alami.

Kulit bibir sebenernya lebih sensitif dan lebih halus dibandingkan kulit pada wajah. Karena nggak punya kelenjar keringat, bibir membutuhkan perawatan khusus setiap hari untuk menjaganya tetap lembab dan terlihat sehat.

Seperti halnya warna kulit, warna bibir akan bervariasi dari orang ke orang. Orang dengan kulit lebih gelap cenderung memiliki bibir yang lebih gelap, begitu juga sebaliknya. Ini hal yang normal sebab ada peningkatan jumlah melanin di kulit.

Tapi orang juga bisa nih memiliki bibir gelap karena beberapa hal, antara lain:

  • Hamil
  • Merokok
  • Paparan sinar matahari
  • Konsumsi beberapa jenis obat
  • Kondisi medis

Diadona udah merangkum beragam tips mudah dan murah untuk membantu kamu mendapatkan bibir merah alami. Apa saja?

1 dari 9 halaman

Bibir Merah Alami dengan Eksfoliasi

Cara Membuat Bibir Merah Alami © Diadona

Eksfoliasi bibir dengan lembut bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang kebradaannya bisa mencegah lip balm buat masuk dan melembabkan kulit baru di area bawah bibir yang terkelupas. Sebelum kamu tidur di malam hari, oleskan lip balm berkualitas baik trus setelah bangun gunakan washlap basah atau sikat gigi untuk menggosok kulit mati yang kering. Lakukan dengan lembut ya!

Selain untuk mengangkat sel kulit mati dan sebagai cara membuat bibir merah alami, eksfoliasi juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut.

Stycraze merangkum beberapa kombinasi bahan alami sebagai eksfoilasi dalam cara membuat bibir merah alami:

Minyak Zaitun dan Garam

Butiran garam bisa membantu kamu mengelupas bibir sementara minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab dan slip agar scrub lebih mudah diaplikasikan. Kalau nggak punya minyak zaitun, kamu bisa pakai minyak almond atau minya kelapa.

Gula dan Lemon

Lemon adalah agen pemutih alami dan kaya akan sifat antioksidan. Ini mengelupas sel-sel kulit mati dan meningkatkan warna bibir Anda. Untuk menggunakannya sebagai scrub bibir, campurkan dua sendok teh jus lemon dengan dua sendok gula dan sedikit petroleum jelly atau madu

2 dari 9 halaman

Pijat Bibir untuk Cara Membuat Bibir Merah Alami

Bibir Merah Alami, Gimana Caranya? © Diadona

Memijat bibir bisa meningkatkan sirkulasi ke bibir, yang dapat membuatnya tampak lebih merah. Kamu bisa memijatnya dengan menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun atau yang lainnya lalu dibilas dengan air.

3 dari 9 halaman

Masker Bibir

Sudahkah kamu memakai masker bibir untuk cara bikin bibir merah alami? © Diadona

Setelah mengggunakan minyak untuk memijat bibir agar lebih lembut, kamu bisa mendiamkannya selama semalaman sebagai masker bibir. Ini bakalan membantu bibir agar tetap terhidrasi.

Beberapa bahan alami lain yang bisa kamu gunakan sebagai masker pembuat bibir merah alami yakni:

Masker Lemon dan Gliserin

Gliserin sangat ideal sebagai agen melembabkan dan lemon bertugas sebagai pencerah alami. Campur keduanya dengan perbandingan yang sama lalu oleskan ke jari. Agar tak ribet, kamu bisa membuatnya lalu disimpan di lemari es untuk digunakan lagi kemudian.

Masker Susu dan Kunyit

Kunyit dikenal sebagai agen penghilang hiperpigmentasi sedangkan susu bisa sebagai pelembab alami. Campir keduanya sampia membentuk pasta lalu oleskan pada bibir. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah tentang efektivbitas keduanya sebagai cara membuat bibir merah alami sehingga hasil dari masker bibir ini belum bisa dipastikan. Tapi tak ada salahnya bila mencobanya, bukan?

Masker Lidah Buaya

Zat berair seperti gel yang ditemukan dalam daun lidah buaya memiliki sifat menenangkan, menyembuhkan, dan anti-inflamasi yang membuatnya ideal untuk mengobati kondisi kulit, termasuk bibir pecah-pecah.

Masker Anggur Merah Dan Jeruk Nipis

Anggur merah kaya akan resveratrol, antioksidan yang membantu melindungi kulit dari stres oksidatif, kerusakan akibat sinar matahari , dan merokok. Jus jeruk nipis akan membantu mengurangi pigmentasi. Kombinasikan air perasan keduanya dalam wadah trus oleskan ke bibir. Tunggu selama 15 menit lalu bilas.

4 dari 9 halaman

Tetap Terhidrasi

Minum air putih untuk bikin bibir terhidrasi dan merah alami © Diadona

Secara umum, bibir tuh nggak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Artinya bibir jadi lebih rentan kering dan pecah-pecah. Lapisan kulit mati di bagian atas bibir membuatnya jadi penghalang bahan-bahan yang berfungsi membuat bibir merah.

Salah satu penyebab paling umum dari bibir kering adalah karena kurang terhidrasi, dikutip dari Healthline. Penyebab bibir kering dan pecah lainnya diantaranya: 

  • Udara dingin
  • Menjilat bibir
  • Bernafas lewat mulut
  • Kekurangan vitamin
  • Kurang lemak sehat
  • Mandi air panas
  • Paparan sinar matahari
  • Merokok,

Tapi kamu bisa menjaga hidrasi bibir kamu dengan cara :

  • Minum cukup air putih
  • Menggunakan lip balm dengan bahan non-iritasi
  • Menghindari menjilat, mengigit dan mengelupas bibir

5 dari 9 halaman

Menggunakan Lipbalm dengan Kandungan SPF

Lip Balm untuk Cara Membuat Bibir Merah Alami © Diadona

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit bibir kamu juga butuh perlindungan sinar matahari untuk mencegah hiperpigmentasi nih! Gunakan lips balm yang mengandung SPF sebagai perlindungan bibir kamu atau saat ini sudah ada beberapa produk dekoratif seperti lipstik yang nggak cuman memberi warna tapi juga melembabkan sekaligus memberi perlindungan, salah satunya produk Hybrid Make Up dari MARCKS VENUS Velvet Matte Lipstick

Tapi boleh banget juga kalau kamu naksir lip balm sebagai buat bikin bibir kenyal dengan rasa buah yang menggoda.

6 dari 9 halaman

Hindari Rokok

Hindari rokoh sebagai cara membuat bibir merah alami © Diadona

Mengapa? Karena nikotin pada rokok akan menyebabkan pembuluh darah menyusut dan menyempit, mengurangi aliran darah dan membuat kulit kekurangan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap sehat dan kenyal. Nah, aliran darah yang kurang ini bikin melanin di gigi dan gusi jadi gelap.

7 dari 9 halaman

Oleskan Kapsul Vitamin E ke Bibir

Bukan rahasia lagi kalau kapsul vitamin E bagus banget untuk kulit dan rambut. Tapi kamu juga bisa menggunakannya ebagai cara membuat bibir merah alami.

Yang harus kamu lakukan dalam menggunakan vitamin E sebagai cara memerahkan bibir secara alami, cukup pecahkan kapsul lalu oleskan di bibir secara merata sampai bibir terhidrasi dan terlihat sehat.

8 dari 9 halaman

Kurangi Terpapar Zat Beracun

Cara membuat bibir merah alami lainnya yakni dengan menguranginya dari paparan zat beracun, misalnya udara berpolusi. Mungkin salah satu caranya dengan menggunakan masker setiap kaliberada di luar ruangan.

9 dari 9 halaman

Hapus Make up Sebelum Tidur

 

Cara Membuat Bibir Merah Alami © Diadona

Kadang saat capek beraktivitas, yang kita inginkan begitu sampai di rumah adalah langsung tidur. Eits, hapus make up dulu ya!

Mungkin nggak sih ada cara membuat bibir merah alami secara permanen? Banyak artikel online yang mengklaim tentang cara-cara yang disebut mampu melakukan hal tersebut. Sayangnya tak banyak yang berdasarkan pada hasil ilmiah.

Perawatan sederhana seperti lip balm, masker dan scrub memang bisa membuatb ibir merah, tapi hasil tersebut cuman bersifat sementara. Namun tak ada salahnya menggunakan langkah perawatan bibir secara rutin agar hasilnya nampak memuaskan.

Kalau kamu sudah pernah nyoba pakai cara membuat bbir merah alami seperti apa nih?

 

Beri Komentar