Deretan Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Kepala dan Rambut, Wajib Pakai Nih!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 12 Maret 2022 15:15
Deretan Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Kepala dan Rambut, Wajib Pakai Nih!
Manfaatnya mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan kulit.

Sama seperti wajah, rambut dan kulit kepala perlu dirawat secara khusus agar kesehatan dan keindahan tetap terjaga. Apalagi jika kamu banyak melakukan styling atau bahkan pewarnaan, maka rambut harus dirawat dengan ekstra.

Salah satu perawatan yang aman dilakukan untuk rambut dan kulit kepala adalah dengan minyak kelapa atau extract virgin coconut oil. Melansir dari All Things Hair, minyak kelapa ternyata menyimpan segudang manfaat untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah.

Penasaran apa aja, simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

1. Bikin rambut lebih mudah diatur

Ilustrasi Menyisir Rambut © Diadona

Hampir semua orang pasti pernah merasakan tekstur rambut kasar, terlepas dari apapun jenis rambutnya. Rambut kasar akan membuat helai-helai rambut jadi kusut dan susah diatur. Selain menggunakan conditioner, penggunaan minyak kelapa setiap sebelum menyisir rambut juga bisa alternatif loh~

2. Melembapkan rambut kering

Kandungan asam lemak yang tinggi membuat minyak kelapa lebih mudah menyerap pada batang rambut. Itulah sebabnya, minyak kelapa bisa kamu manfaatkan sebagai conditioner alami. Minyak kelapa bisa berfungsi sebagai leave-in-conditioner saat rambut susah diatur.

3. Mengatasi kulit kepala yang kering

Hormon dan pengaruh cuaca bisa membuat kulit kepala jadi kering. Efeknya, kulit kepala bisa terkelupas dan menimbulkan rasa gatal atau iritasi. Nah, kandungan pada minyak kelapa ini punya sifat mendinginkan dan membuat kulit kepala terasa tenang. Cobain deh!

2 dari 5 halaman

4. Bikin rambut lebih berkilau

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Rambut kering dan rusak bisa membuat rambut tampak kusam. Untuk mengembalikan kilau rambut secara alami sekaligus mengembalikan kelembapannya, kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa. Gunakan sebagai masker atau bisa juga dengan dicampurkan dengan conditioner.

5. Menghaluskan rambut kasar

Rambut kasar terjadi karena batang rambut kekurangan nutrisi, pola hidup tidak sehat, serta oenggunaan heat styling berlebih. Kadang, terlalu sering keramas juga bisa membuat helai rambut jadi kasar. Untuk membuat rambut jadi kembali halus, coba dengan gunakan extra virgin coconut oil deh~

6. Mengatasi ketombe

Minyak kelapa juga ampuh mengatasi ketombe loh! Apalagi jika ketombe dihasilkan dari kulit kepala yang lembap, pikiran stres, serta faktor jamur yang mengganggu. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan anti-oksidan untuk menghalau jamur penyebab ketombe.

3 dari 5 halaman

7. Bikin rambut tumbuh lebat

Ilustrasi Rambut Tebal © Diadona

Extra Virgin Coconut Oil (VCO) dipercaya juga mampu menyuburkan rambut dan mengatasi rambut yang menipis akibat kerontokan. Jika kamu mengalami hal ini, cukup gunakan hair tonic dengan tambahan minyak kelapa.

8. Melindungi dari efek buruk sinar UV

Sinar UV punya pengaruh buruk bagi kulit kepala dan rambut. Rambut jadi mudah kering, bercabang, rontok, patah, kusam, hingga kemerahan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, minyak kelapa bersifat anti-oksidan sehingga mampu melawan radikal bebas akibat polusi dan cuaca panas.

9. Mengatasi rambut mengembang

Rambut singa alias awut-awutan alias mengembang memang jadi masalah bagi sebagian perempuan. Biasanya, rambut singa ini terjadi pada mereka yang punya rambut tebal tapi cenderung kering dan rusak. Coba deh aplikasikan minyak kelapa tiap sebelum keramas untuk membuat rambut jadi lebih lemas dan lembut.

4 dari 5 halaman

10. Merawat rambut yang sering terkena proses kimiawi

Ilustrasi Catokan © Diadona

Helai rambut berada dalam kondisi yang rentan, usai mengalami proses kimia seperti smoothing atau rebonding. Setelah mengalami proses kimia ini, rambut biasanya akan terasa kering dan kasar. Segera kembalikan kelembapan rambut dengan pakai minyak kelapa di batang rambut saat keramas.

11. Melindungi kulit kepala dari cat rambut atau bleaching

Cat rambut atau obat bleaching sebaiknya jangan sampai terkena di kulit kepala secara langsung. Pasalnya, hal ini bisa menimbulkan rasa terbakar atau rasa gatal yang sulit menghilang. Sebagai pencegahan atau pengobatan jika memang terlanjur terjadi, kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa di bagian kulit kepala.

12. Mengusir kutu rambut

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak jenuh yang ternyata bisa menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan ampuh. Oleskan minyak kelapa yang sudah dihangatkan pada rambut, tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman, lalu bilas dengan air hangat keesokan harinya. Cara ini sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Beri Komentar