20 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut juga Kesuburan

Reporter : Sofi
Selasa, 14 Januari 2020 14:25
20 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut juga Kesuburan
Banyak dari manfaat vitamin E yang belum kamu ketahui. Apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat vitamin E yang harus kamu ketahui.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah daging, telur, unggas, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya. Vitamin E ini juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Dengan dikonsumsi secara tidak berlebihan, vitamin E ini dapat menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan, juga kecantikan badan kita. Berikut manfaat vitamin E yang mengesankan dan sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat vitamin E untuk Wajah

ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Vitamin E juga dapat bermanfaat untuk wajah kita. Untuk mendapatkan kulit yang awet muda, kamu harus memanfaatkan vitamin E ini untuk menunda penuaan. Berikut manfaat vitamin E untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1. Menyamarkan bintik-bintik gelap

Bintik-bintik gelap pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain radikal bebas, penuaan, atau masalah liver. Antioksidan di dalam vitamin E dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengakibatkan hiperpigmentasi atau noda gelap di kulit. Oleh sebab itu, manfaat vitamin E ini adalah menyamarkan bintik-bintik gelap.

2. Melembapkan kulit

Manfaat vitamin E dapat mengembalikan kelembapan pada kulit yang mengalami dehidrasi. Karena nutrisi di dalamnya lebih mudah larut dalam minyak, sehingga memiliki konsistensi yang lebih berat daripada vitamin yang larut dalam air. Cocok untuk kulit yang sangat kering dan rusak.

Untuk memanfaatkannya sebagai pelembap, cukup campurkan minyak vitamin E dengan minyak carrier seperti minyak zaitun atau serum rumput laut.

3. Mengatasi gejala penuaan dini

Manfaat vitamin E dapat meremajakan kembali kulit yang kusam, keriput, dan mulai kendor. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk menjaga elastisitas kulit.

4. Mengobati kulit yang terbakar sinar matahari

Manfaat vitamin E juga dapat memulihkan kulit yang terbakar sinar Ultra Violet lebih cepat. Antioksidan di dalamnya dapat menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet, sehingga efek pedih bisa lebih cepat hilang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan

Terapkan Tidur Sehat untuk Bantu Kehidupan Seks yang Menggairahkan © Diadona

Vitamin E ini juga dapat digunakan untuk kesuburan wanita dan pria. Berikut adalah manfaat vitamin E untuk kesuburan.

1. Menyuburkan wanita

Vitamin E mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur pada wanita dan meningkatkan kesuburan sebesar 20-30%. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu sperma tetap hidup. Sumber yang baik dari vitamin E adalah sayuran berdaun, telur, pepaya, biji bunga matahari, aprikot, hati. Perlu diketahui juga vitamin E membantu untuk mencegah terhadinya perpecahan membran selama masa kehamilan.

2. Menebalkan dinding rahim

Sebuah penelitan dari Jepang yang dipublikasi dalam jurnal Fertility and Sterility tahun 2010 menunjukkan, manfaat vitamin E dapat meningkatkan ketebalan dinding rahim.

3. Meningkatkan kualitas sperma

Vitamin E untuk pria dapat meningkatkan kualitas sperma dan motilitas pada pria. Selain itu, pria yang menjalani pola diet kaya vitamin E sebelum menjalani perawatan bayi tabung, dapat memberikan kesempatan bagi meningkatnya kesuburan sebesar 18-25%. Untuk makanannya sendiri, konsumsilah almond, dan semua jenis kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan gandum.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Ilustrasi Wanita Memakai Krim Wajah © Diadona

Vitamin E ini jelas bagus untuk kecantikan kulit kita. Berikut adalah manfaat vitamin E untuk kulit.

1. Menyamarkan stretchmark

Manfaat vitamin E untuk kulit pertama adalah untuk menyamarkan stretchmark. Minyak vitamin E cocok untuk perawatan kulit pasca persalinan karena dapat membantu memudarkan stretchmark.

2. Membersihkan kulit

Vitamin E adalah emolien dengan konsistensi tinggi, sehingga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang mengendap di permukaan kulit sekaligus menjaga kelembapannya. Maka dari itu, manfaat vitamin E ini dapat membersihkan kulit kamu.

3. Merawat kulit kering karena cuaca dingin

Ketika berada di daerah dengan suhu dingin, kulit kita seringkali mengalami kekeringan hingga mengelupas. Rawat kulitmu dengan minyak vitamin E. Oleskan langsung pada kulit yang terasa kering dan mengelupas. Manfaat vitamin E juga baik untuk merawat bibir kering saat cuaca dingin. Minyaknya bisa mengurangi sengatan rasa sakit yang menyertai pengelupasan kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin E untuk Rambut

Ilustrasi Rambut © Diadona

Selain untuk wajah, manfaat vitamin E ini juga bisa digunakan untuk rambut kamu. Berikut adalah manfaat vitamin E untuk rambut.

1. Menambah volume pada rambut tipis

Dengan menerapkan minyak vitamin E pada rambut dan kulit kepala, setidaknya dua kali dalam sebulan untuk mendapatkan rambut tebal yang terlihat sangat cantik.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin E akan membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak. Pijatan dengan vitamin E akan memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Keluarkan minyak vitamin E dari kapsul dan campur dengan minyak kelapa atau zaitun yang sudah dihangatkan. Pijat kulit kepala dengan ramuan yang sudah dibuat tadi.

3. Memperlambat munculnya uban

Minyak vitamin E efektif untuk memperlambat proses penuaan, termasuk penuaan kulit dan rambut. Antioksidan di dalam vitamin E bisa mencegah korosi jaringan, sehingga mampu menurunkan kemungkinan munculnya uban di usia dini.

4. Menjadikan rambut berkilau

Memberi minyak vitamin E secara rutin dapat memberikan manfaat vitamin E pada rambut, menjadikannya lebih sehat dan bersinar. Vitamin E adalah pelembap alami yang menjaga kulit kepala senantiasa sehat. Menerapkan vitamin E ke batang rambut juga akan menjadikannya lebih lembut dan mudah disisir.

5. Mengatasi rambut bercabang

Ujung rambut bercabang dan kerusakan lain yang disebabkan karena pemakaian hair dryer, pengeritingan, dan pewarnaan adalah beberapa masalah umum yang terkait dengan rambut. Semua masalah tersebut dapat diatasi dengan bantuan minyak vitamin E. Campurkan minyak zaitun, kelapa, rami, dan jojoba untuk membuat campuran minyak. Tambahkan minyak vitamin E ke dalamnya. Usapkan campuran minyak pada ujung rambut yang bercabang, minimal sehari sekali.

Ilustrasi Rambut © Diadona

6. Pengganti kondisioner

Vitamin E pada rambut dapat dirasakan berhari-hari, tidak seperti kondisioner biasa yang hanya dapat dirasakan sehari saja. Cobalah mengganti kondisioner rambutmu dengan minyak vitamin E agar rambut tetap sehat.

7. Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang paling umum terjadi. Jika kamu sedang menderita dari masalah ini, cobalah menerapkan minyak vitamin E pada rambut secara merata.

8. Memberi nutrisi kulit kepala

Kurangnya nutrisi pada kulit kepala menyebabkan rambut kamu tampak kering dan kusam. Rawatlah kulit kepala dengan minyak vitamin E, setidaknya dua kali sebulan untuk meningkatkan tekstur rambutmu.

9. Memperkuat folikel rambut

Nutrisi dan antioksidan hadir dalam minyak vitamin E yang dapat memiliki efek jangka panjang pada rambut. Gunakan minyak vitamin E untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah mereka dari memecah dengan mudah.

10. Mengembalikan kelembapan rambut kering

Rambut kering tampak tak bernyawa dan membuat rambutmu terlihat kusam. Cobalah menggunakan minyak vitamin E dalam perawatan mingguan rambut kamu.

Apakah kamu sudah pernah menggunakan vitamin E dan merasakan manfaatnya? Bagi ceritamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar