17 Penyebab Bibir Kering, Pecah-Pecah dan Hitam serta Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 11 Agustus 2020 20:16
17 Penyebab Bibir Kering, Pecah-Pecah dan Hitam serta Cara Mengatasinya
Mulai dari kebiasaan mejilat bibir sampai karena salah pakai lipstik ternyata adalah penyebab bibir kering kamu. Masih saja dilakuin?

Penyebab bibir kering kayaknya harus kamu ketahui deh, walaupun kamu udah punya sederet lisptik dengan warna cantik dan bikin bibir terlihat sehat. Karene tetap saja, bibir yang kering bakalan membuat lisptik nggak menepel dengan sempurna.

Bibir kering biasanya disebut dengan bibir pecah-pecah. Kondisi ini umum banget dialami oleh orang-orang dengan gejala:

  • Bibir kering
  • Mengelupas
  • Kadang terluka
  • Bengkak
  • Retak
  • Berdarah

Sebenarnya sih bibir kering bisa aja jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Tapi kalau kamu udah mencoba mengaplikasikan pelembab bibir namun masih tak berhasil, mungkin kamu perlu tahu apa penyebab bibir kering kamu untuk penanganan yang lebih tepat.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk kenali apa saja penyebab bibir kering.

1 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Penyebab Bibir KeringPenyebab Bibir Kering © 2020 shutterstock.com/Miriam Doerr Martin Frommherz

Secara umum, bibir tuh nggak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya. Artinya bibir jadi lebih rentan kering dan pecah-pecah. Ditambah juga ada banyak penyebab bibir kering yang tak sadar sudah kita lakukan setiap hari dan jadi kebiasaan. Apa saja nih?

Udara Dingin

Kulit bibir tuh tipis dan halus sehingga udara dingin yang kering rentan merusak lapisan luar bibir.

Menjilat Bibir

Menjilat bibir emang bikin bibir jadi basah dan lembab. Tapi syaagnya ini cuman sementara aja dan efeknya malah jadi sebaliknya. Yup, menjilat bibir adalah salah satu penyebab bibir kering yang mungkin tak kita sadari dan jadi kebiasaan sehari-hari.

Kok bisa ya?

Air liur menguap dengan cepat, dan bahan kimia yang di air liar yang sebenernya berfungsi untuk pencernaan kita, malah menggerogoti kulit bibir kita.

Kurang Minum

Saat tubuh kekurangan cairan dari yang dibutuhkan, maka mungkin banget jadi penyebab bibir kering. ini karena saat tubuh kekurangan cairan, maka tubuh bakalan menarik air dari kulit, membuatnya kering, termasuk juga dengan bibir.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Misalnya nih kamu mengalami gangguan pada limpa, maka makanan dan air yang kamu konsumsi nggak bisa dicerna dengan baik. Ada masalah pada m,ekanisme tersebut sehingga tubuh kamu terlihat jadi seperti kekurangan air. Pada akhirnya, muncullah gejala berupa bibir kering dan pecah-pecah tersebut.

Bernapas Lewat Mulut

Coba deh perhatikan, saat kamu pilek dan hidung tersumbat, kamu cenderung bernapas dengan mulut kan? Nah, ini bisa jadi penyebab bibir kering dan pecag-pecah.

Alergi

Banyak orang yang punya bibir sensitif meskipun bagan kulit lainnya nggak sensitif. Dan tahu nggak sih, alergi terhadap salah satu bahan listrik, pasta gigi atau produk perawatan lainnya malah jadi penyebab bibir kering.

Kekurangan Vitamin

Misalnya, Vitamin B2, yang dikenal sebagai riboflavin. Vitamin ini bisa ditemui di makanan seperti susu, jamur, bayam, yogurt, dan daging tertentu.

Menurut Oregon State University, kekurangan vitamin ini adalah penyebab bibir kering hingga bisa menyebabkan retakan atau luka di sudut bibir.

Kurang Lemak Sehat

Sebenarnya lemak cukup baik kok untuk tubuh karean membantu mengasilkan sebum. Sebum ini adalah pelumas alami dari asam lemak yang membuat kulit kamu jadi lembab dan tentu berefek pada bibir kamu.

Kalau kamu menghindari lemak, ini malah jadi penyebab bibir kering lho. Soluisnya, konsumsi saja lemak yang sehat, misalnya minyak zaitun, kenari, dan lainnya.

Kekurangan Nutrisi

Dilansir dari Healthline, ada beberapa nutrisi yang bila nggak terpenuhi kebutuhannya dalam tubuh, maka akan jadi penyebab bibir kering hingga pecah-pecah. Antara lain zat besi atau seng.

Obat-Obatan

Vitamin A hanya dibutuhkan sekitar > 10 rbu unit per hari, yang kalau jumlahnya berlebihan malah jaid penyeba bibir kering. Selain itu, ada juga bebeapa orang tekana darah tinggi dan mual yang memiliki efek samping sama.

Mengorok

Aliran napas terus menerus pada bgian bibir selama tidur sangat mungkin jadi penyebab bibir kering keesokan paginya.

Air Panas

Misalnya saat kamu meminum sesuatu yang panas. Ini akan jadi penyebab bibir kering karena panas akan menghilangkan minyak alami di bibir.

 

2 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Hitam

Penyebab Bibir KeringPenyebab Bibir Kering © 2020 shutterstock.com/Mr.Cheangchai Noojuntuk

Selain bibir kering, masalah bibir hitam ini juga sering banget dihadapi dan cukup mengganggu. Bener sih bisa ditutupin pake lisptik, tapi bibir merah alami nan sehat tetep jadi idaman, kan?

Sebenarnya setiap orang punya warna alami bibir masing-masing seperti gimana melanin bekerja pada kulit. Dan mengapa bibir jadi gelap atau hitam biasanya disebut sebagai istilah hiperpigmentasi.

Penyebab bibir kering dan hitam meliputi:

Paparan Sinar Matahari

Kulit yang terkena sinar matahari memicu tubuh memproduksi melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Ini melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Nah, ini juga menyebabkan kulit menjadi cokelat.

Merokok

Nikotin dan benzpyrene dalam asap tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Secara bertahapn, ini juga jadi penyeba bibir kering dan gelap.

Kandungan Tertentu pada Lipstik

Coba deh cek lisptik kamu, apakah mengandung isopalmityl duglyceryl sebacate, asam ricinoleic dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Karena bahan-bahan tersebut bikin bibir jadi hitam dan kering loh.

Nggak Membersihkan Sisa Lipstik

Ternyata selain memberishkan sisa make up, penting juga lho membersihkan sisa lipstik yang masih menempel di bibit. Kenapa? Karena bahan kimia di lipstik bisa mengubah pigmen bibir jadi gelap.

Hamil

Lho, apa hubunganya ya hamil dengan penyebab bibir kering dan hitam?

Gini, beberapa wanita mungkin mengalami perubahan kulit selama kehamian akibat perubahan hormon. Termasuk puting susu, dahi, pipi, hidung, hingga bibir, bisa berubah warna menjadi lebih gelap.

Obar-Obatan Tertentu

Beberapa obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Ini termasuk obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral.

3 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Antara bibir kering dan hitam itu sebenernya ada hubungannya lho. Yaitu bibir yang kering biasanya terlihat lebih kusam dan gelap. Jadi sebenarnya kalo kamu cari cara mengatasi salah satunya, maka sebenarnya kamu sedang memperbaiki dua kondisi tersebut.

Udah tahu kan apa saja penyebab bibir kering, maka yang dilakukan pertama kali yaitu kamu harus menghentikan penyebabnya. Jangan jilat bibir trus perhatikan juga lipstik yang kamu pakai. Dan jangan khawatir, ada berbagai perawatan rumahan untuk bikin bibir kamu terihat sehat alami:

Scrub Bibir

Eksfoliasi bibir dengan lembut dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa membuat scrub di rumah dengan menggunakan metode berikut:

Campurkan 1 sendok teh (sdt) madu dan 1 sdt gula.
Gosok lembut campuran tersebut ke bibir dengan gerakan memutar kecil.
Bilas dengan air hangat.

Eh tapi jangan terlalu sering ya karena bisa menyebabkan iritasi

Memijat Bibir dengan Minyak Almond

Memijat minyak ke bibir dapat membantu melembapkannya dan meningkatkan sirkulasi. Ini karena pembuluh darah di bibir membantu memberi warna, dan memijatnya dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut.

Bikin Lipbalm Sendiri yuk!

Menggunakan lip balm secara teratur dapat membantu bibir tetap lembab dan sehat tanpa bahan kimia penyebab bibir kering dan hitam.

Banyak Minum

Minum cukup cairan adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit termasuk bibir

Gunakan Lemon

Iris lemon lalu letakkan di bibir selama satu menit lalu bilas dengan air hangat. Lemon ini bisa sebagai obat untuk pencerah kulit. Tapi hati-hati saat menggunakannya ya!

Penyebab bibir kering dan hitam ternyata dekat banget dengan kebiasaan kita sehari-hari. Cegah yuk!

Beri Komentar