Anti Belang-Belang Club, Ini Tips Makeup agar Merata pada Kulit Sawo Matang

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 25 Juni 2022 09:15
Anti Belang-Belang Club, Ini Tips Makeup agar Merata pada Kulit Sawo Matang
Jangan biarkan penampilan drop karena makeup nggak rata!

Makeup menjadi salah satu cara untuk memperbaiki penampilan atau memaksimalkan pesona seseorang. Biasanya, seseorang ingin makeupnya terlihat natural dan nggak berlebihan.

Tapi terkadang, kesalahan bisa terjadi tanpa direncanakan. Salah satu 'masalah' yang kerap timbul adalah makeup membuat penampilan kulit jadi tampak belang.

Kalau kamu nggak mau hal ini menimpa kamu, berikut ada sejumlah tips untuk membuat makeup tampak natural dan merata, khususnya bagi kulit warna sawo matang. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 8 halaman

1. Pilih foundation dengan warna yang tepat

Ilustrasi FoundationIlustrasi Foundation © shutterstock.com/id/g/newafrica

Hal paling penting adalah memilih warna foundation yang tepat. Sebagai dasar dari makeup, warna foundation harus sesuai dengan kulit asli untuk membuat tampilan yang natural dan nggak belang.

Perlu ketelitian untuk memilih foundation yang tepat. Foundation dengan warna yang terlalu terang akan membuat wajah jadi abu-abu dan belang, sedangkan foundation yang terlalu gelap membuat kulit jadi tampak kusam. Sebisa mungkin pilih yang mendekati warna kulit asli agar hasil makeup pun tampak alami.

2 dari 8 halaman

2. Kocok foundation sebelum dipakai dan coba di luar ruangan

Jika kamu memilih foundation dengan tekstur liquid atau cair, pastikan untuk mengocoknya sebelum diaplikasikan ke kulit. Pigmen yang menumpuk di bagian bawah biasanya membuat aplikasi foundation jadi kurang rata.

Kamu juga bisa mencobanya lebih dulu di luar ruangan untuk mendapat hasil yang lebih jelas. Pasalnya, cahaya lampu seringkali memperlihatkan jika foundation menyatu dengan kulit, tapi justru jadi terlalu putih jika terlihat di luar ruangan.

3 dari 8 halaman

3. Pakai eyeshadow warna coklat

Ilustrasi Pakai EyeshadowIlustrasi Pakai Eyeshadow © shutterstock.com/id/g/Vladimir Gjorgiev

Mengenakan eyeshadow dalam rangkaian makeup bisa membantu mempertegas bagian mata dan membuatnya lebih hidup. Tentunya, penggunakan eyeshadow juga perlu disesuaikan dengan warna kulit agar nggak jadi njomplang.

Untuk pemilik kulit sawo matang, warna 'ter-aman' adalah coklat. Coklat tua akan memberi efek bold, sedangkan coklat muda membuat riasan tampak lebih natural. Hindati warna pink, karena bisa membuat mata terlihat lesu pada sebagian orang.

4 dari 8 halaman

4. Gunakan translucent powder

Translucent powder cocok banget dipakai untuk membuat kulit tampak halus dengan warna netral. Bedak tabur atau padat boleh aja dipakai, tapi kadang warnanya bisa bikin kulit tampak belang.

Translucent powder dengan warna netral bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan wajah terlihat belang. Lagipula, translucent powder bisa membuat riasan jadi lebih segar dan halus.

5 dari 8 halaman

5. Hindari blush on warna pink

Ilustrasi Pakai Blush OnIlustrasi Pakai Blush On © shutterstock.com/id/g/prostock_studio

Untuk memberikan kesan segar pada makeup, maka blush on perlu diaplikasikan di sekitar tulang pipi. Bagi kamu yang punya kulit sawo matang, hindari warna blush on yang cerah seperti pink, karena akan memberi efek gonjreng hingga belang.

Lebih baik, gunakan blush on bernuansa hangat, seperti merah bata, coklat, coral, atau peach. Dengan warna-warna ini, kulit sawo matangmu tampak lebih segar dan tetap merona.

6 dari 8 halaman

6. Gunakan bronzer yang tepat

Bronzer bisa digunakan jika kamu terlanjut memakai foundation dengan warna yang kurang tepat. Aplikasikan bronzer seperti bedak atau contour agar wajah nggak pucat.

Kamu bisa juga menyapukan bronzer di bagian leher dan kuping agar keseluruhan makeup tampak menyatu.

7 dari 8 halaman

7. Pakai lipstik warna nude atau bold

Ilustrasi Pakai Lipstik BoldIlustrasi Pakai Lipstik Bold © shutterstock.com/id/g/Sofia+Zhuravetc

Sebagai penyempurna penampilan, gunakan lipstik untuk menonjolkan keindahan bibir. Namun, pilihlah warna yang sesuai supaya nggak bikin bibir tampak menor.

Bagi pemilik kulit sawo matang, pilih lipstik warna nude atau sekalian bold agar bibir mendapat spotlight tapi tetap terkesan natural.

Beri Komentar