11 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh Biar Makin Sehat

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 18 Mei 2021 16:18
11 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah dan Tubuh Biar Makin Sehat
Minyak Zaitun memberikan manfat yang bagus untuk kulit wajah dan tubuh

Manfaat minyak zaitun untuk kulit cukup beragam. Selain itu, mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang sehat dan glowing merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Dalam hal ini menggunakan minyak zaitun sangatlah perlu. Minyak zaitun sendiri mengandung antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mengandung squalene yang dapat melembabkan kulit wajah dan tubuh.

Minyak zaitun berasal dari pemerasan buah zaitun utuh. Minyak ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang mana merupakan lemak sehat yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Minyak zaitun adalah salah satu minyak nabati berkinerja tinggi, dan dipuji karena sifatnya yang melembabkan dan melembutkan.

Selain itu, minyak zaitun dapat ditemukan dalam bentuk yang sudah dikemas dalam bentuk seperti serum hingga pembersih wajah. Banyak produk-produk skincare yang memiliki kandungan minyak zaitun di dalamnya. Jadi, apa saja sih kira-kira manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah dan tubuh kamu?

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © Diadona

Berperan Sebagai Antioksidan untuk Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah berperan sangat penting sebagai antioksidan. Minyak zaitun dapat mencegah proses oksidasi yang menghasilkan radikal bebas yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. 

Selain itu fungsi dari minyak zaitun juga bisa mencegah penuaan dini. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

Kaya akan Kandungan Vitamin

Mengandung vitamin A, D, E dan K, manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah mampu untuk mengobati berbagai permasalahan pada pada kulit wajah, termasuk psoriasis dan eksim. 

Memberikan Efek Anti Bakteri

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah terbukti memiliki khasiat untuk melawan bakteri secara lebih efektif daripada minyak lainnya. Meskipun demikian, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada orang dengan ulkus kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2.

Memberikan Kelembaban pada Kulit Wajah

Selain itu, minyak zaitun terkenal dengan khasiatnya yang mampu melembabkan kulit wajah secara alami. Minyak zaitun sendiri sering kali digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut.

Membantu Menghapus Sisa Make Up

Sebagai alternatif yang mudah dan relatif murah untuk menghapus sisa make up, minyak zaitun dapat membantu menghilangkan sisa make up yang waterproof. Minyak zaitun sendiri tidak akan membuat kulit wajah kamu kering dan malah hasilnya kamu akan mendapatkan kulit yang lebih lembab. Kandungan antioksidan dan squalenenya mampu menghidrasi dan melembabkan kulit halus di area mata yang rentan sekali mengalami keriput dan muncul garis-garis halus. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tubuh

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © Diadona

Selain itu, berikut ini manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh :

Membantu Melindungi Kulit Tubuh dari Kerusakan Lingkungan

Terkenal dengan sifat dan kandungan antioksidannya, manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh adalah melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan radikal bebas. Ditambah kulit tubuh juga terbebas dari yang namanya penuaan dini serta tanda-tanda iritasi atau kemerahan.

Menyembuhkan Luka

Minyak zaitun memiliki bahan yang memiliki kandungan anti-inflamasi. Manfaat minyak zaitun untuk tubuh adalah membantu penyembuhan luka. Selain itu minyak zaitun memiliki kandungan triterpenoid yang membantu banyak reaksi biologis yang diperlukan untuk proses penyembuhan luka. 

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh yang mengandung vitamin E ini mampu meningkatkan kesehatan kulit dengan mengobati peradangan, jerawat, dan melindungi kulit dari penyakit serius seperti psoriasis dan kanker kulit. 

Melindungi dan Melembabkan Kulit Sensitif

Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan dan menutrisi yang luar biasa untuk melembabkan kulit wajah dan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A dan E yang tinggi, manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh yang diberikan adalah melindungi dan menutrisi kulit yang sensitif. Minyak zaitun dapat digunakan juga pada malam hari yang berfungsi untuk perawatan pada malam hari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit © Diadona

Merevilitasi Kulit

Minyak zaitun memiliki konsentrasi tinggi dalam hal kandungan vitamin dan mineral serta asam lemak alaminya. Manfaat minyak zaitun untuk kulit tubuh jika dilihat dari kandungan-kandungan itu mampu membantu merevitalisasi wajah dan menjadikannya lembut bersinar dan mengencangkan kulit tubuh kamu.

Di satu sisi, vitamin yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama vitamin A dan E, membantu memperkuat kekencangan kulit ari, bahkan merangsang produksi kolagen. Di sisi lain, konsentrasi asam oleat yang tinggi juga membantu menstimulasi regenerasi sel kulit, memberikan elastisitas dan kilau alami.

Mencegah Penuaan Dini

Minyak zaitun kaya sekali dengan vitamin A, D, E, dan K serta squalene. Fungsi dari semua nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah untuk membantu mengurangi stress oksidatif pada kulit yang dapat mempercepat penuaan kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah dan tubuh sangat bagus. Minyak zaitun ini bisa membuat kulit kita semakin sehat dan terawat. Selain itu, kelembaban yang diberikan dapat mencegah kulit kita dari timbulnya jerawat akibat iritasi kulit. 

Beri Komentar