Cuma Ada di Wamena, Hamparan Pasir Putih yang Justru Berada Tepat di Atas Bukit

Reporter : Nasa
Selasa, 18 Agustus 2020 11:35
Cuma Ada di Wamena, Hamparan Pasir Putih yang Justru Berada Tepat di Atas Bukit
Kok bisa ya?

Ada sebuah fenomen alam yang cukup unik di Wamena, Jaya Wisyaa, Papua. Konon katanya, keunikan ini hanya bisa ditemui di Wamena aja loh. Jadi nih ya, di sana ada sebuah hamparan pasir putih yang letaknya justru berada di atas bukit.

Jadi hamparan pasir putih tersebut berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata suhu mencapai 15 hingga 18 derajat celcius. Gak heran kalau banyak yang bertanya-tanya dari mana datangnya pasir putih itu.

Saat ini, hamparan putih di dataran tinggi Wamena tersebut sering jadi jujugan wisata masyarakat sekitar loh. Pemandangan pasir putih dengan latar belakang perbukitan yang hijau jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

1 dari 2 halaman

Pasir Putih di Atas Bukit Wamena © Diadona

2 dari 2 halaman

Asal Usul Pasir Putih di Atas Bukit Wamena

Menurut info dari laman Pesona Indonesia, hamparam pasir putih di atas bukit Wamena adalah fenomena alam yang terjadi cukup lama. Kabarnya, sekitar tahun 1813, terjadi sebuah gempa bumi dahsyat. Akibatnya, terjadi pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi.

Sebelumnya, di atas bukit tersebut terdapat sebuah danau yang disebut sebagai Danau Wio. Namun kini lazim disebut dengan nama Lembah Baliem. Setelah terjadi gempa tersebut, Danau Wio berubah menjadi aliran sungai Baliem.

Konon, sungai Baliem ini menjadi sumber penghidupan masyarakat Suku Dani. Sedang bekas danau Wio, terlihat pada hamparan pasir putih yang kini lazim disebut sebagai lembah Baliem. Wah gitu toh ternyata.

Gimana nih, tertarik untuk mengunjungi hamparan pasir putih di atas bukit Wamena Papua ini.

Beri Komentar