10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta Ini Patut Banget Kamu Kunjungi

Reporter : Nasa
Senin, 17 Agustus 2020 13:35
10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta Ini Patut Banget Kamu Kunjungi
Wisata sejarah gak selalu ngebosenin kok

Meski Jakarta dikenal sebagai Kota Mentropolitan dengan beragam destinasi modern dan menarik, ternyata Jakarta juga miliki wisata bernilai sejarah yang sayang untuk dilewatkan loh. Meski kedengarannya klasik, nyatanya wisata sejarah di Jakarta itu kece-kece banget.

Selain mengandung nilai sejarah yang sangat kaya, ternyata destinasi wisata di Jakarta ini juga gak kalah menarik loh dibanding dengan jujugan wisata modern. Bahkan bisa dibilang kalau lokasinya lebih menarik dan anti mainstream. Cocok banget lah buat kamu yang merindukan suasana baru.

Belum lagi kamu juga bisa sekalian nambah pengetahuan dan ilmu sejarah bangsa Indonesia. Sayang banget kan kalau lokasi yang deket aja belum pernah dikunjungin. Apalagi momennya pas Agustusan gini. Jadi bisa sekalian meresapi peringatan hari Kemerdekaan Indonesia gitu.

Nah buat kamu yang pengen dapetin segudang manfaat dari wisata sejarah kece mending dateng ke 10 kawasan wisata sejarah paling kece di Jakarta ini nih :

1 dari 10 halaman

1. Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Museum yang satu ini berisikan diorama yang mengisahkan aktivitas belajar mengajar STOVIA. Sebelum jadi museum, bangunan tersebut adalah sekolah Kedokteran era Kolonial Belanda.

Museum Kebangkitan Nasional buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari jam 08.00 hingga 16.00. Tarif karcis kunjungannya juga terjangkau banget kok. Hanya berkisar Rp 10 ribu untuk pengunjung dewasa.

2 dari 10 halaman

2. Kota Tua, Jakarta Barat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Kalau datang ke sini kamu juga pasti bakal bisa nikmatin pemandangan laut di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain itu, Kota Tua juga dekat dengan akses menuju berbagai museum di Jakarta.

Mulai dari Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan juga Toko Merah. Jadi bisa sekalian kunjungi banyak museum kalau ke sana.

3 dari 10 halaman

3. Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Lokasi Tugu Proklamasi ini berada di kawasan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat. Tugu Proklamasi diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 17 Agustus 1972. Lokasi ini tentu menjadi tempat bersejarah dalam mengenang proklamasi kemerdekaan RI.

4 dari 10 halaman

4. Museum Katedral, Jakarta Pusat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Meski juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Katolik, namun lokasi tersebut juga berfungsi sebagai tempat wisata sejarah. Bangunan yang terletak di Jalan Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini berisikan sejaran misionaris Belanda.

Jadi kalau berkunjung ke sana, kamu bakal menemui koleksi sejarah para misionaris. Seperti halnya deretan foto Kardinal dari waktu ke waktu. Museum ini buka pada hari Senin sampai Kamis dan Jumat pada pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk hari Minggu, museum ini buka pada pukul 12.00 hingga 16.00 WIB.

5 dari 10 halaman

5. Museum Bank Indonesia, Jakarta Barat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Pada Museum Bank Indonesia juga terdapat diorama menarik yang menceritakan soal kondisi perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Kemudian juga ada mata uang rupiah dari masa ke masa.

6 dari 10 halaman

6. Museum Bahari, Jakarta Utara

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Sebelum jadi museum, bangunan tersebut ternyata adalah bekas komplek gudang untuk menyimpan rempah seperti pala, tembakau, kopra,dan juga lada. Tapi sekarang, kamu bisa temui koleksi kapal milik Belanda lengkap dengan meriamnya.

7 dari 10 halaman

7. Museum Fatahillah, Jakarta Barat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Nah kalau museum yang satu ini mungkin sudah akrab di telinga kalian. Museum Fatahillah jadi populer di kalangan masyarakat lantaran pemandangan vintage yang disuguhkan.

Di sana, kamu bisa temui bangunan yang dibangun oleh Jenderal Jan Pieterzoon Coen pada tahun 1620. Konon katanya, bangunan itu belum pernah diubah loh sampai sekarang.

8 dari 10 halaman

8. Monumen Nasional, Jakarta Pusat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Siapa sih yang gak tahu tentang Monas. Monumen yang jadi simbol nasional bangsa Indonesia ini juga memiliki beragam fasilitas sejarah. Mulai dari adanya 51 diorama, hingga suguhkan pemandangan Jakarta melalui teropong.

9 dari 10 halaman

9. Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Kabarnya, Museum Satria Mandala ini adalah satu-satunya abngunan bersejarah di Jakarta Selatan loh. Dulunya, museum ini merupakan kediaman Ratna Sari Dewi, istri Presdien Soekarno.

Sebelum dikuburkan di Kota Blitar, jenazah Presiden Soekarno sempat disemayamkan di kediaman yang saat ini jadi Museum Satria Mandala tersebut. Saat ini, Museum Satria Mandala berisikan Pusat Sejarah TNI.

10 dari 10 halaman

10. Museum Gajah, Jakarta Pusat

10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta © Diadona

Kemudian ada Museum Nasional Indonesia atau disebut juga sebagai Museum Gajah. Museum ini terletak di Jakarta Pusat. Setidaknya terdapat 140.000 koleksi, baik itu dari zaman pra-sejarah, arkeologi, keramik, etnografi, hingga geografis.

Bangunan Museum gajah ini terbilang cukup besar loh. Mungkin kamu akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa menjangkau seluruh kawasan Museum tersebut. Selain jadi museum, di sana juga sering dijadikan sebagai lokasi pertunjukkan seni loh.

Nah, itu dia 10 wisata sejarah paling kece di Jakarta. Jangan ngaku orang Jakarta ya kalau belum pernah ke deretan destinasi wisata sejarah kece ini.

Beri Komentar