Indahnya Pesona Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, Sampai Dijuluki Nepalnya Indonesia

Reporter : Nasa
Sabtu, 15 Agustus 2020 13:25
Indahnya Pesona Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, Sampai Dijuluki Nepalnya Indonesia
Keren banget pemandangannya.

Tahu gak sih kamu kalau ada sebuah Dusun di Magelang yang dijuluki sebagai Nepalnya Indonesia? Belum banyak yang tahu sih kayaknya. Tapi yang jelas pemandangannya asli keren banget, dan gak kalah sama pemandangan pemukiman indah di Nepal, negara di kawasan kaki gunung Himalaya.

Adalah Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang, yang miliki kawasan pemukiman unik karena kontur daerahnya yang berada di sekitar pegunungan. Jadi kawasan pemukiman penduduk di sana terlihat seperti bersusun, menyesuaikan tinggi rendahnya kawasan tersebut.

Menurut info dari lama Indonesia Tripcanvas, Dusun Butuh Kaliangkrik berada di ketinggian 1.700-an Mdpl dan tepat di sekitar kawasan Gunung Sumbing Magelang. Kebayang dong dinginnya suhu di sana kek apa. Seru pasti kalau liburan ke sana.

Dengan ketinggian tersebut, bisa dibilang Dusun Butuh Kaliangkrik ini adalah desa tertinggi di Magelang loh. Jadi pemukiman warga setempat memang seolah menyatu denga pemandangan indah Gunung Sumbing yang menjulang dengan keindahan alam khas.

1 dari 4 halaman

Dusun Butuh Kaliangkrik Magelang © Diadona

2 dari 4 halaman

Pemukiman Penduduk Tersusun Rapi

Sebenernya, daya tarik utama Dusun Butuh Kaliangkrik ini memanglah pemandangan pemukiman penduduk yang tersusun rapi. Meski lokasinya berada pada kawasan dengan kontur yang tak rata. Jadi pemukiman di sana terlihat seperti bersusun dan berundak, yang jadi indah jika dilihat dari jauh.

Makanya, gak heran kalau Dusun Butuh Kaliangkrik ini cenderung sering dijuluki sebagai Nepalnya Indonesia. Karena mirip banget dengan Namche Bazaar yang menjadi bagian dari negara Nepal. Pokoknya pesonanya gak kalah deh.

3 dari 4 halaman

4 dari 4 halaman

Pengunjung Diminta Ekstra Hati-Hati

Nah, belum lama ini ada akun twitter yang juga membagika pesona keindahan Dusun Butuh Kaliangkrik loh. Dalam unggahannya, dia menampilkan video singkat pesona keindahan Dusun Butuh Kaliangkrik. Sembari mengimbau calon wisatawan berhati-hati.

Soalnya, jalanan di sana curam banget loh. Gak heran kalau ada risikonya, terutama bagi pengendara sepeda motor. " Dulu kesini nanjak sumbing pake 2 matic pas pulangnya rem blong semua. Hati² yang mau kesini.," tulis akun itu.

Gimana nih, tertarik mengunjungi Nepalnya Indonesia di kawasan Magelang ini? Kalau ke sana hati-hati ya. Plus jaga kebersihan lingkungan juga, soalnya di sana kan memang pemukiman penduduk yang masih asri.

Beri Komentar