3 Jenis Bunga Ini Ternyata Jadi Bunga Nasional Indonesia loh

Reporter : Nasa
Senin, 17 Agustus 2020 16:35
3 Jenis Bunga Ini Ternyata Jadi Bunga Nasional Indonesia loh
Udah pada tahu belum?

Sebagai negara yang kaya akan berbagai jenis tumbuhan, Indonesia dikenal memiliki jutaan spesies bunga yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Setidaknya terdapat 2 juta jenis spesies bunga di Indonesia sejauh ini.

Seperti halnya negara lain, Indonesia juga miliki bunga nasional yang menjadi ikon. Atau setidaknya melambangkan kepribadian bangsa Indonesia. Terdapat tiga jenis bunga di Indonesia yang dinobatkan sebagai Bunga Nasional Indonesia.

Memang tak hanya satu, ketiga jenis bunga tersebut dipilih berdasarkan jenis dan karakteristik yang mencerminkan kepribadian bangsa. Nah, ini dia 3 jenis bunga yang dijadikan sebagai Bunga Nasional Indonesia :

1 dari 3 halaman

1. Bunga Melati

3 Bunga Nasional Indonesia © Diadona

Bunga dengan nama ilmiah Jasminum Sambac (L.) Aiton ini sangat lazim ditemui pada berbagai tradisi budaya masyarakat Indonesia. Warna putih bunga melati melambangkan kesucian dan keelokan budi pekerti yang sederhana. Namun tetap menawan.

Bunga melati juga mengeluarkan aroma harum khas lembut yang membuat nyaman dan tenang. Karakter bunga melati tersebut sangat cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia. Bunga melati ini mendapat predikat sebagai Puspa Nasional.

2 dari 3 halaman

2. Bunga Angrek

3 Bunga Nasional Indonesia © Diadona

Kemudian jenis bunga kedua yang jadi bunga nasional adalah bunga Anggrek. Predikat bunga Anggrek di Indonesia adalah sebagai Puspa Pesona. Bunga dengan nama ilmiah Phaleonopsis amabilis (L.) Blume ini memancarkan keindahan asli Indonesia.

3 dari 3 halaman

3. Bunga Padma Raksasa

3 Bunga Nasional Indonesia © Diadona

Lalu jenis bunga ketiga yang dijadikan sebagai bunga nasional adalah bunga Padma Raksasa atau yang lazim dikenal sebagai bunga Raflesia. Bunga bernama ilmiah Rafflesia Arnoldii R.Br. ini mendapat predikat sebagai Puspa Langka.

Bunga yang satu ini kabarnya memiliki berbagai keunikan. Hingga kini, bunga Padma Raksasa masih belum bisa ditanam di luar tempat habitatnya. Karena keunikannya tersebut bunga Padma Raksasa dinobatkan jadi salah satu Bunga Nasional Indonesia.

Nah itu dia tiga jenis bunga yang jadi Bunga Nasional Indonesia. Gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar