Mengunjungi Trajan's Market, Pusat Belanja dengan Konsep Mall Pertama di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 6 Agustus 2020 17:20
Mengunjungi Trajan's Market, Pusat Belanja dengan Konsep Mall Pertama di Dunia
Mall tertua di dunia ini berada di Roma, Italia.

Kita mengenal Mall sebagai pusat belanja yang tedapat dalam satu gedung tertutup yang luas. Biasanya didominasi oleh department store dan juga toko-toko kecil yang menawarkan berbagai kebutuhan konsumen.

Nah, pernah kepikiran nggak, siapa sih pencipta dari konsep mall pertama di dunia? Yuk kita jalan-jalan ke Trajan's Market yang ada di Roma Italia.

1 dari 2 halaman

Trajan Market © Diadona

Melansir dari Culture Trip, Trajan's Market atau pasar trajan adalah bagian dari kompleks Trajan yang dikuasai oleh Kaisar Trajan setelah memenangkan pertempuran melawan Dacia Kuno (Rumania).

Tempat ini dianggap sebagai pusat perbelanjaan atau shopping mall tertua di dunia. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya bilik-bilik seratus toko dan kantor di setiap lantai. Hal ini merupakan bukti nyata berjayanya kaisar Romawi saat itu.

Pasar dan kompleks ini dibangun sekitar tahun 110 AD oleh Apollodorus dari Damaskus. Mercatus Traiani atau Trajan's Market ini bagian dari kompleks Trajan's Forum yang berada di Via dei Fori Imperiali, Roma.

Tempat ini terdiri dari tiga lantai dengan 170 ruangan yang ditempati ratusan toko, apartemen, kantor dan juga pusat hiburan.

2 dari 2 halaman

Pasar Trajan dianggap sebagai pusat perbelanjaan tertua di dunia dengan toko-toko dan apartemen yang dibangun di berbagai tingkat. Konsep ini benar-benar baru pada masanya.

Aula pasar memiliki langit-langit berkubah. Terdapat juga sisa-sisa perpustakaan serta lantai marmer yang masih bisa dilihat hingga sekarang. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan reruntuhan bangunan tua yang menggambarkan pertempuran di Trajan.

Tempat ini dibuka untuk wisatawan mulai dari pukul 09:30 hingga 19:30. Untuk masuk ke temat ini kamu harus membayar sebesar 14 euro atau sekitar Rp 240 ribu. Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar