Gak Cuma Ada di Darat, Deretan Museum Bawah Laut Ini Jadi Destinasi Wisata Unik!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 14 Agustus 2020 20:20
Gak Cuma Ada di Darat, Deretan Museum Bawah Laut Ini Jadi Destinasi Wisata Unik!
Tertarik untuk menyelaminya?

Kalau berbicara tentang museum, yang kita bayangkan adalah wisata sejarah di mana kit mengenang benda-benda bersejarah yang pernah eksis pada zaman dahulu.

Museum biasanya berada dalam suatu gedung besar dan berisi benda-benda bersejarah. Namun, bagaimana jika sebuah museum berada di dalam air? Pastinya sangat unik dong.

Kali ini, kita akan berjalan-jalan ke beberapa museum yang ada di dalam air. Di mana aja itu? Yuk kita simak.

1 dari 5 halaman

Underwater Museum of Art, Amerika Serikat

Underwater Museum of Art © Diadona

Underwater Musum of Art atau disingkat UMA merupakan museum bawah air pertama yang ada di Amerika Serikat. Letaknya berada di sekitar Teluk Meksiko.

Tempat ini dibuat dengan kolaborasi antara Cultural Arts Alliance of Walton Country dan South Walton Artificial Development Council.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai patung dengan berbagai bentuk seperti alat pernapasan bawah air, nanas, tengkorak, gurita dan sebagainya.

Rupanya, tempat ini dibuat untuk memffasilitasi kehidupan laut seperti terumbu karang, ikan dan kehidupan laut lainnya.

2 dari 5 halaman

Underwater Military Museum Aqaba, Yordania

Underwater Military Museum Aqaba © Diadona

Ini merupakan museum militer paling pertama di dunia. Pemerintah Yordania menenggelamkan tank, helikopter, dan kendaraan militer lainnya ke lepas pantai Aqaba di Laut Merah. Kendaraan militer ini akan ditenggelamkan pada kedalaman 28 meter.

3 dari 5 halaman

Museum of Underwater Art, Australia

Museum of Underwater Art © Diadona

Museum of Underwater Art ini bisa kamu nikmati di dasar laut Great Barrier Reef. Museum ini menampilkan berbagai patung seni di dasar laut. Patung-patung ini ditempatkan di lepas pantai Townsville, pulau Palm, dan Pulau Magnetic. Seluruh patung ditaruh di sekitar karang-karang yang berada di perairan tersebut.

4 dari 5 halaman

Parthenon of Underwater Museum, Yunani

Parthenon of Underwater Museum © Diadona

Parthenon of Underwater Museum ini berada di situs bangkai Kapal Peristera yang berasal dari abad ke-5 sebelum masehi. Tempatnya berada di dekat Pulau Alonissos, Yunani.

Tak heran jika menyelami tempat ini, kamu akan menemukan ribuan vas yang diperkirakan berisi anggur saat tenggelam. Sebagian vas yang masih utuh di dasar laut membuat berbagai jenis ikan dan biota laut hidup di sana dan menciptakaan pemandangan indah.

5 dari 5 halaman

Cancun Underwater Museum, Meksiko

Cancun Underwater Museum © Diadona

Cancun Uderwater Museum memiliki beberapa koleksi benda unik yang ditempatkan di dasar laut. Cancun Museum menampilkan lebih dari 500 patung yang ditempatkan di dasar laut.

Patung-patung ini jjuga menjadi tempat konservasi terumbu karang di Meksiko.

Beri Komentar