Dianggap Paling Menyedihkan Karena Nggak Punya Pasangan? Emang Iya?

Reporter : Arifina
Rabu, 7 September 2022 08:00
Dianggap Paling Menyedihkan Karena Nggak Punya Pasangan? Emang Iya?
Eittss... sendiri bukan berarti nggak bahagia lho guys!

Stigma seorang yang sedang tidak memiliki pasangan seolah dianggap paling menyedihkan. Entah darimana awal mula sebutan itu muncul, tapi bagi sebagian orang hal itu cukup membuat gusar.

Ya, seiring bertambahnya usia banyak orang mulai aktif mencari pasangan. Beragam cara dilakukan untuk semakin banyak mengenal orang agar bisa bertemu tambatan hati.

Sayangnya hal itu memang tidaklah mudah. Tidak semua orang gampang untuk menemukan tambatan hati.

1 dari 6 halaman

Terkadang, status tanpa pasangan inilah seakan dianggap hal yang kurang menarik. Hingga muncul sebutan si paling menyedihkan. Dilansir dari Pew Report, generasi muda hingga mencapai 50 tahun menyebutkan satu dari empat orang diprediksi belum punya pasangan.

US News & World Report juga menyebut kalo nilai moral orang-orang menurun jadi buruk karena kebanyakan generasi muda memilih nggak punya pasangan dan terus hidup sendiri.

Tapi, apa iya nggak punya pasangan lalu menjadi si paling menyedihkan?

2 dari 6 halaman

IlustrasiIlustrasi © 2022 freepik.com/cookie_studio

Jawabannya, tentu saja belum bisa divalidasi. Mungkin, bagi sebagian orang stigma menjadi si paling menyedihkan ini membuat gusar.

Padahal, jika kamu tahu bagaimana manata hidupmu, sendirian itu tidak menjadikan masalah lho! Bahkan, tanpa pasangan kamu justru menjadi orang yang bahagia.

3 dari 6 halaman

Seorang ilmuwan dalam bidang Sosiologi dari University of California, Bella DePaulo mengatakan, kaum yang tidak memiliki pasangan itu menjadi kelompok orang-orang yang hidupnya lebih bahagia dibanding yang sudah memiliki pasangan. Menurutnya, amat disayangkan jika seorang tanpa pasangan sering mendapatkan cibiran dan ejekan.

Padahal dari hasil studi justru menunjukkan kaum yang sendiri punya hidup lebih baik. Mereka yang tanpa pasangan lebih mudah bersosialisasi dengan siapapun dan lebih bahagia.

4 dari 6 halaman

Dalam artian, memiliki pasangan bukan tolak ukur mendapat kebahagian ya guys. Beberapa orang memiliki alasan satu dan lain hal, mengapa tidak ada pasangan di hidupnya saat ini.

Ada mereka yang memang sedang berjalan meraih segala impiannya, mangkanya tak punya pasangan. terlepas dari kesengajaan untuk belum mau menjalin hubungan asmara, atau memang belum dipertemukan dengan jodoh, ada yang memang masih bahagia dengan kesendiriannya.

Namun, ada juga mereka yang dilingkupi rasa trauma dengan hubungan sebelumnya. Sehingga, lebih memilih untuk hidup sendiri dulu dan membuat diri menjadi lebih produktif tanpa memikirkan pasangan.

5 dari 6 halaman

IlustrasiIlustrasi © 2022 freepik.com/tirachardz

Nggak melulu memiliki pasangan, banyak cara yang bisa dilakukan guna mendapat kebahagiaanmu ya! Seperti sesederhana melalukan me time. Kamu juga lebih banyak peduli akan dirimu sendiri, menjalani hobi atau pekerjaan yang kamu sukai.

Kalau memang ada yang mengatakan mendapat kebahagiaan melalui pasangan, itu adalah nilai plus saat menjalin hubungan. Sendiri tanpa pasangan juga banyak menfaatnya lho!

6 dari 6 halaman

Di antaranya, lebih fokus mengejar impian yang ingin dicapai. Kamu juga bisa mengurangi tingkat stress akan hadirnya pertengkaran, atau sifat posesif pasangan yang selalu timbul dalam hubungan.

Sendiri tanpa pasangan juga bisa membuatmu lebih mencintai diri sendiri. Kamu lebih produktif dan bisa melakukan segala hal sendiri.

Ini menjadikanmu sebagai sosok yang makin mencintai diri sendiri dan mandiri. Karenanya, ciptakan kebahagiaanmu sendiri meski tanpa ada pasangan disisimu ya!

Beri Komentar