Yoga hingga Pilates, Berikut Daftar Olahraga untuk Promil yang Paling Efektif

Reporter : Mila
Sabtu, 3 Juli 2021 16:57
Yoga hingga Pilates, Berikut Daftar Olahraga untuk Promil yang Paling Efektif
Yang sedang program hamil, yuk merapat!

Selain mengatur pola makan dan menjaga berat badan, mencoba olahraga untuk program hamil atau promil bisa sangat membantu. Faktanya, aktif bergerak dan rutin berolahraga adalah langkah besar yang meningkatkan kemungkinan berhasil hamil.

Kenapa? Karena berolahraga rutin akan membuat seseorang berada di kondisi tubuh paling optimal untuk mengandung. Otot-otot di jantung pun akan semakin kuat. Ini penting mengingat tugas jantung untuk memompa 50% lebih banyak darah ketika sedang hamil nanti.

Berikut ini jenis olahraga yang paling efektif untuk program hamil:

1 dari 5 halaman

Jalan Kaki atau Lari

Kedua olahraga ini bisa dilakukan tanpa banyak peralatan khusus, tapi tetap berdampak sangat baik untuk kesehatan jantung. Utamanya bagi yang sedang menjalani promil, berjalan kaki adalah olahraga yang disarankan.

Kalau ingin berlari, sebaiknya batasi lari hanya untuk yang berintensitas sedang saja. Olahraga lari dengan intensitas tinggi seperti maraton atau lari dengan track menantang sebaiknya dihindari.

2 dari 5 halaman

Strength Training

Strength training seperti mengangkat beban juga boleh dilakukan. Gerakan semacam ini akan membentuk otot dan juga mengasah kekuatan tulang, keduanya berperan penting menjaga bentuk tubuh Moms saat mengandung nanti.

Ingat, pilih beban yang ringan saja untuk mengurangi risiko cedera. Sebagai gantinya, tambahkan jumlah repetisi. Jika biasanya hanya 10, kali ini sampai 12 atau 15.

3 dari 5 halaman

Pilates dan Barre

Fokus olahraga ini adalah memastikan postur tubuh berada di fase sempurna. Keduanya adalah olahraga untuk baik untuk promil karena bisa membangun kekuatan, keseimbangan, dan juga daya tahan tubuh.

Jika masih ragu, ada baiknya pendampingan dengan instruktur profesional secara langsung.

4 dari 5 halaman

Yoga

Bagi yang bermasalah memiliki keturunan akibat PCOS, ada olahraga agar cepat hamil yang aman dilakukan yaitu yoga. Bukan hanya untuk melancarkan sirkulasi darah, yoga juga membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Pastikan untuk melakukan pose-pose yoga dengan tepat demi menghindari cedera. Semua orang yang melakukan yoga sah-sah saja berbeda asalkan tetap menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

5 dari 5 halaman

Berenang

Olahraga berenang punya intensitas ringan hingga sedang. Tapi di saat yang sama, otot-otot tubuh tetap terlatih. Belum lagi manfaatnya untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, berenang layak masuk dalam rekomendasi olahraga untuk promil.

Sebelum melakukan olahraga-olahraga di atas, ada baiknya Moms konsultasikan dulu pada dokter. Selama mendapat ijin dokter dan olahraganya tidak berlebihan, semua akan baik-baik saja. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Beri Komentar