Saat Hamil Bentuk Pusar jadi Menonjol, Kenapa ya?

Reporter : Mila
Rabu, 30 Juni 2021 08:57
Saat Hamil Bentuk Pusar jadi Menonjol, Kenapa ya?
Selama masa kehamilan, bentuk pusar Moms akan berubah.

Kehamilan seringkali dikaitkan dengan sejumlah perubahan fisik. Contohnya seperti, payudara dan perut akan menjadi lebih besar saat kehamilan, hormon yang membuat Moms lebih sensitif terhadap aroma dan rasa tertentu, dan yang paling umum adalah bentuk pusar yang akan berubah ukuran dan bentuknya saat memasuki trimester kedua kehamilan.

"Perluasan perut dapat menyebabkan beberapa perubahan bentuk pada pusar, tetapi tidak ada banyak perubahan dalam struktur pusar itu sendiri," kata Karen Marie Jaffe, dokter kandungan di Rumah Sakit Universitas Cleveland.

1 dari 3 halaman

Perubahan Bentuk Pusar selama Kehamilan

Tak hanya menjadi menonjol, ada beberapa perubahan bentuk pusar selama kehamilan yang bisa terjadi, antara lain:

  • Pusar Rata
    Saat perut membesar bersama janin, Moms mungkin memperhatikan bahwa pusar menjadi rata dan kencang di kulit. Hal ini normal dan akan kembali ke keadaan semula begitu bayi lahir.
  • Pusar Masuk ke Dalam
    Moms akan menemukan bahwa bentuk pusar masuk ke dalam ini tidak akan bertahan lama, karena pusar akan mulai menyembul keluar sekitar minggu ke-26 kehamilan atau sekitar trimester kedua.
  • Pusar Menonjol ke Luar
    Bentuk pusar Moms akan mulai menonjol seiring bertambahnya usia kehamilan, karena rahim akan membesar selama kehamilan yang mendorong perut maju dan keluar.

2 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Terhadap Bentuk Pusar?

Tidak ada yang bisa Moms lakukan untuk mencegah perubahan pada bentuk pusar selama kehamilan. Hampir setiap pusar pasti akan menonjol keluar selama kehamilan.

Pusar yang keluar tidak berbahaya. Tapi, kalau pusar mengalami iritasi karena bergesekan dengan pakaian, Moms bisa menggunakan penutup perut yang dirancang khusus untuk menyamarkan dan melindunginya.

3 dari 3 halaman

Kapan Bentuk Pusar akan Kembali Normal?

Bentuk pusar akan segera kembali ke posisi semula beberapa bulan setelah melahirkan, meskipun mungkin terlihat agak melar atau membekas. Tapi hal ini normal, jadi jangan terlalu khawatir ya, Moms.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Beri Komentar