Tak Sengaja Keracunan Saat Hamil, Bahaya Nggak Sih?

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 1 Juli 2021 10:15
Tak Sengaja Keracunan Saat Hamil, Bahaya Nggak Sih?
Simak yuk

Menjaga kesehatan selama kehamilan tentu wajib hukumnya. Hal itu bisa dimulai dari menjaga higienitas makanan yang akan diasup agar tidak keracunan makanan.

Berbicara mengenai keracunan makanan, Bunda memang harus ekstra hati-hati. Sebab, janin di rahim bisa ikut berisiko mengalami gangguan kesehatan jika terjadi keracunan.

Coba yuk simak penjelasan di bawah ini ya moms!

1 dari 3 halaman

Keracunan

Keracunan karena makanan dapat menyebabkan risiko potensial bagi janin dan dalam kasus terburuk dikaitkan dengan keguguran dan kelahiran mati. Tetapi, ada banyak sumber keracunan makanan di luar sana, dan risiko sebenarnya tergantung pada jenis keracunan makanan yang menyerang ibu. Tingkat risiko juga bergantung pada tahap kehamilan itu sendiri dan juga kondisi kesehatan.

Pada kebanyakan kasus, ibu hamil yang menderita keracunan makanan baik-baik saja begitu pula dengan janinnya. Tetapi, tetap juga Bunda harus berhati-hati untuk tidak mengalami dehidrasi, terutama ketika cuaca panas. 

2 dari 3 halaman

Bisa Menyebabkan Kelahiran Mati

Sementara pada infeksi salmonella dan campylobacteriosis dalam beberapa kondisi dapat menyebabkan lahir mati. Dan pada listeriosis adalah bentuk keracunan makanan yang sangat jahat di mana membuat Bunda dan bayi sakit parah.

Selama kehamilan, listeriosis dikaitkan dengan kelahiran prematur, dan lebih jarang adanya risiko keguguran serta kelahiran mati. Setelah lahir, bayi yang terinfeksi juga dapat mengalami komplikasi mulai dari yang tidak menyenangkan hingga yang berpotensi fatal.

Meskipun kasusnya tidak banyak, tapi ibu hamil jauh lebih rentan terhadap infeksi listeria daripada orang dewasa sehat lainnya. Sehingga, risiko ini harus diwaspadai secara serius.

3 dari 3 halaman

Tetap perikasan ke dokter kandungan ya moms untuk meminimalisir bahaya, semoga membantu!

Beri Komentar