Positif Hamil Tanpa Merasa Mual, Apakah Normal?

Reporter : Mila
Kamis, 1 Juli 2021 14:57
Positif Hamil Tanpa Merasa Mual, Apakah Normal?
Ada berbagai faktor yang menyebabkan rasa mual dan pusing pada ibu hamil.

Keluhan seperti mual, lemas, pusing hingga muntah adalah hal yang sangat wajar bagi ibu hamil. Keluhan ini sendiri dinamakan morning sickness. Beberapa ibu hamil bahkan ada yang mengalami morning sickness parah, sampai tidak nafsu makan hingga berat badan turun.

Tapi nyatanya, ada beberapa ibu hamil yang tidak merasakan keluhan ini sama sekali. Seperti yang diketahui, perbedaan kondisi sangat mungkin terjadi pada tiap kehamilan. Michele Hakakha, dokter spesialis kandungan dan penulis Expecting 411 menyatakan, sekitar 30 persen ibu hamil tidak mengalami fase mual muntah sama sekali.

Apa saja penyebabnya? Langsung simak artikel selengkapnya yuk!

1 dari 4 halaman

Kadar hCG Rendah

Nama hormon ini pasti tidak asing bagi ibu hamil. Salah satu tanda awal kehamilan adalah meningkatnya jumlah hormon Human chorionic gonadotropin (hCG). Peningkatan hormon ini sekaligus menandakan keberadaan plasenta yang tengah berkembang dalam tubuh, sekaligus yang menyebabkan Moms mual.

Ibu hamil yang tidak mengeluhkan hal ini bisa saja karena peningkatan kadar hCG-nya tidak begitu signifikan. Tenang saja, situasi ini bukanlah hal buruk kok.

2 dari 4 halaman

Toleransi Terhadap Bau-bau Tertentu

Seperti yang diketahui, ibu hamil mempunyai indera penciuman yang lebih peka, sehingga sensitif pada bau-bauan tertentu. Besar kemungkinan Moms yang mampu menoleransi bau-bauan tertentu cenderung tidak mudah mengalami mual muntah. Sebab indera penciuman ini akan berpengaruh pada nafsu makan ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Masih Menyusui

Sebagian besar ibu mengakui keuntungan menyusui saat hamil adalah morning sickness yang berkurang.

Meski belum ada bukti penelitian ilmiah yang pasti, pengalaman sebagian besar ibu hamil sambil menyusui membuktikan bahwa posisi menyusui yang nyaman berpotensi mengurangi keluhan mual.

4 dari 4 halaman

Mampu Mengelola Stres dengan Tepat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mampu mengelola stres dengan tepat cenderung tidak mengeluhkan morning sickness.

Jika Moms bisa mengendalikan pikiran dengan tetap tenang, tidak terburu-buru menilai atau menghakimi, kondisi ini akan membantu Moms lebih sehat secara psikologis. Ujungnya, keluhan seperti mual muntah atau cepat lelah juga berkurang.

Jadi, tidak mual selama hamil bukan masalah ya, Moms. Selama dokter memastikan janin dalam kandungan berkembang baik, Moms bisa menikmati masa kehamilan dengan tenang hingga tiba waktunya melahirkan. 

Semoga informasi bermanfaat!

Beri Komentar