7 Tips Memilih Perabotan untuk Ruang Kecil, Bikin Hunian Terasa Lebih Nyaman dan Leluasa

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 16 Januari 2024 17:09
7 Tips Memilih Perabotan untuk Ruang Kecil, Bikin Hunian Terasa Lebih Nyaman dan Leluasa
Rumah tak akan terasa sempit lagi jika menerapkan tips memilih perabotan untuk ruang kecil berikut.

Ada beberapa tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang bisa kamu terapkan di rumah minimalis. Pasalnya, pemilihan perabotan yang tidak dipertimbangkan dengan baik dapat berisiko membuat ruangan jadi terasa makin sempit saat berada di lahan rumah yang terbatas. 

Selain membuat ruangan terasa sempit, perabotan yang dipilih secara sembarangan juga akan memengaruhi nilai estetika ruangan. Apabila tidak dibenahi sesegera mungkin, hal ini dapat membuatmu dan anggota keluarga jadi merasa kurang nyaman saat berada di dalam rumah. Untuk itu, simak beberapa tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang bisa kamu tiru berikut ini ya.

1 dari 7 halaman

Pilih Perabotan yang Multifungsi

Tips Memilih Perabotan untuk Ruang Kecil © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang pertama yaitu perlu mempertimbangkan nilai fungsional di dalamnya. Jika perabotan tak memiliki nilai fungsional yang baik, maka dikhawatirkan akan menimbulkan risiko ruangan jadi terasa sempit. Memperbanyak perabotan yang tak berguna juga bisa mengurangi keindahan pada ruangan. 

Oleh karenanya, sebisa mungkin membeli perabotan multifungsi atau jenis perabotan yang memuat beberapa fungsi sekaligus supaya bisa menghemat ruangan. Seperti dengan penggunaan sofa lipat yang merupakan jenis sofa dan bisa digunakan sebagai tempat tidur.

2 dari 7 halaman

Perbanyak Cermin

Cermin Menghadap Tempat Tidur © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang kedua adalah dengan menambah banyak cermin. Nyatanya, cermin bisa digunakan untuk memberikan ilusi ruangan jadi tampak luas. Hal ini disebabkan karena sifat cermin yang bisa memantulkan cahaya untuk menciptakan ilusi optik yang seolah-olah membuat kesan ruangan lebih luas dari ukuran sesungguhnya. 

Peletakan cermin yang tepat juga memengaruhi bagaimana efek yang dihasilkan dari ilusi ruangan. Pastikan untuk menaruh cermin di beberapa lokasi yang strategis seperti di dekat jendela, di dinding, dan lokasi sentral seperti ruang keluarga.

3 dari 7 halaman

Pilih Warna yang Terang

Kombinasi Warna Cerah Pada Desain Gaya Retro © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil  yang ketiga adalah dengan menentukan warna cat rumah yang tepat. Memilih warna cat rumah yang dilakukan dengan sembarang justru akan membuat tampilan ruangan jadi kurang maksimal, terlebih pada ruangan yang berhalaman sempit.   

Untuk warna cat rumah yang terang, kamu bisa memilih warna putih dan biru muda. Sebaliknya, jika kamu tertarik dengan warna cat rumah yang bernuansa gelap, pilihan dari warna abu-abu bisa menjadi jawabannya. Ketiga warna tersebut dapat menciptakan ilusi ruangan jadi terasa lebih luas dan cerah, apalagi saat siang hari.

4 dari 7 halaman

Penataan Perabotan di Dinding

Backdrop TV Minimalis © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil keempat yaitu menggunakan jenis perabotan yang mengapung. Dibandingkan dengan perabotan yang memiliki kaki, perabotan mengapung sangat cocok untuk dihadirkan di ruangan mini karena tidak membuat ruangan jadi terkesan sempit. 

Perabotan dengan jenis apung adalah perabotan yang bisa ditaruh dengan cara dipajang atau ditempelkan di dinding, seperti dengan lemari dinding, rak dinding dan meja tv dinding. Pemasangan perabotan apung tak memerlukan space yang terlalu banyak, sehingga nggak akan membuat kondisi ruangan jadi tambah sempit.

5 dari 7 halaman

Disesuaikan dengan Ukuran yang Pas

Backdrop TV Minimalis © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil kelima yaitu kamu harus memiliki kemampuan untuk memperkirakan ukuran perabotan. Ukuran perabotan perlu disesuaikan dengan luas ruangan supaya bisa mengoptimalkan kondisi ruangan. Perabotan yang memiliki ukuran terlalu besar akan menimbulkan rasa sempit dan kurang nyaman saat berada di sekitarnya. 

Jika kamu tak bisa menemukan perabotan yang cocok untuk ruangan kecil, kamu bisa memesan furnitur dengan ukuran tertentu secara custom. Dilansir dari custommebel.com, perabotan yang di-custom harus memiliki ukuran setidaknya kurang dari 4 inci dari total keseluruhan luas ruangan atau sisa space yang akan digunakan untuk menaruh perabotan.

6 dari 7 halaman

Manfaatkan Partisi Ruangan

Tips Memilih Perabotan untuk Ruang Kecil © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil keenam adalah dengan menghadirkan sekat atau partisi ruangan. Sekat merupakan interior yang berfungsi untuk memisahkan antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Partisi ruangan sangat cocok untuk ditaruh di hunian yang sempit karena bisa membagi beberapa area ruangan tanpa harus membuka lahan baru. 

Jenis partisi ruangan sangat beragam sekali. Ada partisi yang menggunakan bahan kaca (sliding glass) ada juga yang terbuat dari bahan kayu seperti rak terbuka. Selain digunakan sebagai pembatas, partisi ruangan juga bisa menambah nilai estetika dalam ruangan.

7 dari 7 halaman

Hindari Perabotan yang Terlalu Mencolok

Cermin Menghadap Tempat Tidur © Diadona

Tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang terakhir yaitu dengan mempertimbangkan motifnya. Memilih perabotan dengan motif yang mencolok akan mengganggu kenyamanan pandangan mata. Selain itu, hal itu juga bisa menyebabkan kondisi ruangan jadi terasa penuh dan tampak sempit, terlebih lagi jika memiliki ruangan yang mungil. 

Memilih perabotan yang bermotif dan polos harus dipertimbangkan dan dipadukan secara tepat demi meningkatkan keindahan pada ruangan. Misalkan saja dengan memilih sofa polos yang berwarna cerah kemudian diberi dekorasi berupa selimut atau bantal yang bermotif. 

Itulah berbagai tips memilih perabotan untuk ruang kecil yang bisa Diazens terapkan dalam memilih furnitur di rumah dengan lahan yang terbatas. Semoga artikel ini bisa membantu ya!

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar