7 Tips Pasang CCTV di Rumah yang Perlu Diperhatikan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 6 Januari 2024 10:27
7 Tips Pasang CCTV di Rumah yang Perlu Diperhatikan
Berniat memasang CCTV di rumah? Nah, kamu perlu tahu beberapa tips pasang CCTV di rumah ini ya!

Dengan tips pasang CCTV di rumah, kamu dapat memaksimalkan efektivitas keamanan rumah dengan menempatkan CCTV pada posisi yang tepat dan strategis. CCTV atau Close Circuit Television merupakan sistem pengawasan dengan menggunakan kamera yang terhubung ke monitor atau perekam. CCTV sangat penting dan perlu dimiliki di rumah, apalagi jika rumah kamu berada di lingkungan yang rawan kejahatan. 

Keamanan rumah memang menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Pemasangan CCTV menjadi sebuah kebutuhan di masyarakat dengan meningkatnya kekhawatiran akan keamanan dan keselamatan di lingkungan sekitar. Ada banyak manfaat dalam memasang CCTV mulai dari mencegah kejahatan hingga membantu dalam menyelidiki kejahatan atau kejadian yang terjadi. 

Nah, sebelum kamu memasang CCTV di rumah, kamu perlu memastikan CCTV dipasang dengan tepat dan berfungsi secara optimal. Redaksi Diadona sudah merangkum beberapa tips pasang CCTV di rumah yang bisa kamu tiru. Yuk simak informasi berikut ini!

1 dari 7 halaman

Pilih Lokasi yang Strategis

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Tips pasang CCTV di rumah yang pertama, yakni dengan memilih lokasi pemasangan yang strategis. Lokasi pemasangan CCTV yang strategis akan menentukan seberapa efektifnya CCTV dalam memantau keamanan rumah. 

Kamu dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan pemantauan seperti pintu depan, pintu belakang, area parkir, atau sudut-sudut rumah yang rawan. Selain itu, kamu dapat memastikan tidak ada objek yang menghalangi cakupan kamera seperti tanaman, pohon, atau hambatan lain yang menghalangi pandangan kamera.

2 dari 7 halaman

Pilih Kamera yang Tepat

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Memilih kamera CCTV yang tepat menjadi salah satu tips pasang CCTV di rumah yang sangat penting untuk kamu perhatikan.  Dengan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk resolusi, kinerja cahaya rendah, ketahanan terhadap cuaca, dan kemampuan untuk menangkap detail pada jarak yang berbeda. 

Selain itu, kamu dapat mempertimbangkan penggunaan kamera berkabel dan nirkabel, loh! Kamera berkabel biasanya lebih cocok ditempatkan di area-area strategis karena lebih stabil dan sulit diretas. Sedangkan, kamera nirkabel mudah dipasang di berbagai lokasi dan memudahkan dalam memantau keadaan rumah dari jarak jauh melalui internet.

3 dari 7 halaman

Pastikan Posisi Kamera sudah Tepat

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Selanjutnya, tips pasang CCTV di rumah yang nggak kalah penting yakni dengan memastikan penempatan posisi kamera secara benar dan tepat. Kamu dapat memastikan posisi kamera disejajarkan dengan benar dan diposisikan pada ketinggian dan sudut yang sesuai. 

Hal ini tentu bertujuan agar perangkat CCTV tidak mudah dijangkau untuk dicuri, diretas atau diblokir oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kamu dapat mempertimbangkan arah kamera CCTV ini, nih! Kamu bisa menyesuaikan arah kamera CCTV menghadap area yang ingin kamu awasi.

4 dari 7 halaman

Jangan Gunakan Kamera Dalam Ruangan di Luar Rumah

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Dalam menempatkan kamera CCTV di area rumah tentunya tidak sembarangan, loh! Kamu perlu memperhatikan tips pasang CCTV di rumah yang satu ini agar lebih tepat dan optimal. Kamera yang dirancang untuk penggunaan dalam ruangan umumnya tidak tahan terhadap kondisi cuaca eksternal seperti hujan, panas, atau kelembapan. 

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan kamera yang dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan yang lebih tahan cuaca. Dengan begitu, kamu dapat memastikan kamera CCTV yang dipasang dapat berfungsi secara optimal dan memberikan perlindungan maksimal.

5 dari 7 halaman

Tambahkan Pencahayaan yang Memadai

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Tips pasang CCTV di rumah yang satu ini tidak boleh luput buat kamu perhatikan nih, Diazens! Kamu dapat mempertimbangkan penambahan pencahayaan yang memadai saat memasang kamera keamanan. 

Kualitas pencahayaan yang baik mempengaruhi kemampuan kamera dalam menangkap detail yang diperlukan untuk mengidentifikasi orang-orang dalam rekaman. Kamu perlu menempatkan kamera di area yang memiliki cukup pencahayaan untuk menangkap wajah, pakaian, atau gerakan dalam video yang diambil.

6 dari 7 halaman

Sembunyikan Kabel Kamera

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Tips pasang CCTV di rumah dengan menyembunyikan kabel kamera ini penting untuk kamu perhatikan apabila memilih kamera kabel nih, Diazens! Hal ini mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh cuaca buruk, pencuri, dan hewan pengerat yang dapat merusak atau memutus kabel yang terbuka. 

Ketika kabel kamera tersembunyi di saluran khusus, menjadikannya lebih sulit diakses oleh pihak luar yang mungkin ingin memutus atau merusaknya. Tentunya Ini dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kamera CCTV dari potensi kerusakan lingkungan atau upaya sabotase.

7 dari 7 halaman

Amankan Sistem Kamera Pengintai

Tips Pasang CCTV di Rumah © Diadona

Nah, tips pasang CCTV di rumah yang terakhir yaitu dengan mengamankan sistem kamera pengintai secara digital. Tidak hanya keamanan eksternal saja yang perlu kamu perhatikan, tetapi juga keamanan internal sistem kamera CCTV juga, loh! 

Dengan memiliki enkripsi atau protokol keamanan yang kuat pada sistem keamanan kamera CCTV, dapat mencegah peretas mengakses dan membajak kamera CCTV kamu. Selain itu, kamu perlu mengikuti aturan keamanan yang disarankan, seperti mengubah kata sandi default yang disertakan dengan kamera dan peralatan pengawasan lainnya. 

Itu dia beberapa tips pasang CCTV di rumah yang harus kamu perhatikan nih, Diazens. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar