7 Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah yang Bisa Kamu Tiru

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 4 Januari 2024 15:23
7 Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah yang Bisa Kamu Tiru
Rumah tampak makin menawan dengan cara mendekorasi material alami di rumah berikut ini, nih!

Dengan cara mendekorasi material alami di rumah ini, tampilan rumah kamu jadi terlihat lebih ciamik, nih! Memiliki rumah dengan desain yang menawan tentu menjadi impian, bukan? Banyak cara untuk mewujudkan agar rumah semakin mencuri perhatian, salah satunya dengan menggunakan material alami. Yap, material alami yang berasal dari alam ini memiliki daya tarik menonjol pada kealamiannya. 

Material-material alami dapat digunakan sebagai dekorasi di rumah kamu seperti rotan, bambu hingga batu alam. Material tersebut memiliki fungsi yang cukup beragam, loh! Mulai elemen dekorasi hingga furnitur seperti meja, kursi atau organizer. Material alami ini sering memiliki tekstur unik dan karakter yang membuat setiap elemen dekoratif atau furnitur menjadi lebih menarik secara visual. 

Penggunaan material alami tidak hanya menghadirkan estetika yang unik, tetapi juga mengubah suasana ruangan menjadi lebih hangat. Sedang mencari referensi untuk mendekorasi rumah dengan material alami? 

Kamu wajib simak beberapa cara mendekorasi material alami di rumah yang sudah redaksi Diadona rangkum buat kamu. Check it out!

1 dari 7 halaman

Gunakan Aksen Kayu pada Furnitur

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Cara mendekorasi material alami di rumah yang pertama, yakni dengan menggunakan aksen kayu pada furnitur. Material kayu memiliki corak dan warna yang khas untuk menghadirkan tampilan natural. Hal ini dapat memunculkan nuansa positif yang asri dan alami bagi kondisi rumah kamu. 

Kamu bisa menambahkan unsur kayu ke dalam furnitur di rumah, terutama saat mendekorasi ruang tamu. Aksen kayu bisa ditambahkan pada berbagai jenis furnitur seperti meja, kursi, atau bahkan bufet ruang tamu kamu.

2 dari 7 halaman

Memadukan Tekstur Batu Alam di Dinding

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Cara mendekorasi material alami di rumah yang selanjutnya, yaitu dengan memadukan tekstur batu di dinding. Batu merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan sebagai desain interior. 

Kamu dapat mengaplikasikan batu alam ini pada dinding ruang tamu atau ruang keluarga untuk memberikan sentuhan yang hangat dan alami pada ruangan. Hal ini menjadi ide yang pas untuk menambahkan karakter pada ruangan dan membuatnya terasa lebih dekat dengan alam.

3 dari 7 halaman

Pilih Tekstil Alami

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Tekstil alami merupakan pilihan yang oke sebagai cara mendekorasi material alami di rumah. Tekstil alami ini tidak hanya memperindah estetika ruangan, tetapi juga memiliki keunggulan dalam hal kualitas dan kenyamanan, loh! Memilih material alami seperti katun organik, linen, atau wol memberikan nuansa hangat dan ramah lingkungan pada setiap ruangan.

Bahan linen yang ringan dan breathable cocok untuk penutup tempat tidur atau gorden, sementara katun organik memberikan sentuhan lembut pada linen sofa atau bantal. Selain itu, tekstil alami dalam dekorasi rumah juga terletak pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai gaya dekorasi, nih!

4 dari 7 halaman

Gabungkan Material Logam

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Mengaplikasikan material logam juga menjadi cara mendekorasi material alami di rumah, loh! Material logam dalam dekorasi rumah dapat menambahkan sentuhan yang elegan dan modern dengan sentuhan alami.

Logam seperti tembaga, besi, atau baja dapat kamu aplikasikan sebagai lampu gantung atau rangka rak yang menambah kesan estetik pada ruang. Selain itu, material logam juga mudah berpadu dengan berbagai gaya dekorasi, mulai dari tampilan industri yang keren hingga sentuhan vintage yang klasik, nih!

5 dari 7 halaman

Tambahkan Tanaman Indoor

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Tanaman indoor memang nggak pernah gagal dalam memberikan suasana positif di dalam ruangan. Dengan menambahkan tanaman indoor ini menjadi cara mendekorasi material alami di rumah yang oke banget, loh! 

Tanaman indoor seperti pohon karet, monstera, atau sansevieria ini selain mempercantik tampilan ruang, juga memberikan udara yang lebih sehat dan segar di dalam rumah. Kamu dapat menempatkan tanaman indoor ini di berbagai sudut, mulai dari meja samping, rak dinding, hingga ruang terbuka di dalam rumah.

6 dari 7 halaman

Tambahkan Motif Alam

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Nah, untuk menambah tampilan alami di dalam rumah, kamu bisa mengaplikasikan berbagai elemen dekoratif seperti taplak meja, karpet, atau bahkan wallpaper dengan motif alam. Cara mendekorasi material alam ini menjadi cara yang praktis tanpa harus mengubah ruang, loh!  

Kamu dapat mengaplikasikan wallpaper dengan motif daun, bunga atau bahkan hewan secara instan. Dengan menggunakan motif alam ini, ruangan menjadi lebih hidup dengan nuansa alami yang menenangkan dan memberikan titik fokus yang menawan pada ruangan.

7 dari 7 halaman

Buatlah Sketsa Alami

Cara Mendekorasi Material Alami di Rumah © Diadona

Terakhir, cara mendekorasi material alami di rumah dengan membuat sketsa alami ini, nih! Dalam hal ini, sketsa dilakukan dengan mengelompokkan beberapa item barang menjadi satu elemen dekoratif. Barang-barang seperti vas bunga, buah pinus, ranting atau dekorasi kayu bisa ditempatkan di meja kerja atau rak pajangan. 

Dengan membuat sketsa alami, ini akan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi tekstur, warna, dan kontras yang ada di antara benda-benda alami tersebut. Dengan menghadirkan sketsa alami dalam penyusunan barang, ruang menjadi lebih menarik, nih! 

Oke, itu tadi beberapa cara mendekorasi material alami di rumah yang bisa banget buat kamu tiru. Jadi nggak bingung lagi kan mau menata material alami kayak gimana? 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar