7 Cara Menyimpan Barang Koleksi agar Tetap Rapi dan Tertata

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 28 Desember 2023 14:27
7 Cara Menyimpan Barang Koleksi agar Tetap Rapi dan Tertata
Intip cara menyimpan barang koleksi yang tepat agar ruangan gak berantakan.

Cara menyimpan barang koleksi yang benar dan tepat dapat membuat barang lebih awet sekaligus membuat ruangan terlihat rapi dan terorganisir. Memiliki hobi mengoleksi barang kesayangan tentu menjadikan kesenangan dan kepuasan tersendiri, bukan? Namun cara dalam menyimpan barang-barang koleksi perlu kamu perhatikan, lho! 

Menyimpan koleksi dengan baik nggak cuma buat menjaga barang supaya tetap awet, tapi juga bikin ruangan terlihat lebih rapi. Penempatan barang koleksi yang tidak tepat dapat membuat barang-barang menjadi mudah rusak atau hilang. Pastinya nggak mau dong barang koleksi kamu jadi nggak karuan? 

Jadi, gimana cara yang bener-bener bikin koleksi kita tetep oke sambil bikin ruangan juga keliatan rapi? Yuk, kita bahas cara-cara keren buat ngatur barang-barang koleksi biar nggak berantakan dan tetap keren!

1 dari 7 halaman

Mengatur Space

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Cara menyimpan barang koleksi yang paling utama yakni dengan mengatur space ruang yang akan digunakan. Banyak orang menyimpan barang koleksi berdampingan dengan barang-barang lainnya. Hal ini akan menyebabkan keterbatasan ruang dan membuat barang-barang berharga kamu sulit ditemukan. 

Kamu dapat memulainya dengan menyortir barang-barang yang tidak diperlukan untuk dijual, dibuang, disumbangkan. Dengan menciptakan space ruang khusus, dapat membantu penataan barang lebih terorganisir.

2 dari 7 halaman

Pertimbangkan Penyimpanan Terbuka atau Tertutup

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Memajang barang-barang koleksi dapat membuat ruangan menjadi lebih menarik dan ciamik. Cara menyimpan barang koleksi sebagai pajangan, kamu dapat mempertimbangkan lemari tertutup atau rak terbuka, loh! 

Dalam hal ini kamu dapat menyesuaikan dengan barang apa yang kamu koleksi, nih! Jika barang-barang yang sensitif atau mudah rapuh, kamu dapat menggunakan lemari kaca tertutup untuk menampilkan barang-barang koleksi tanpa khawatir berdebu atau rusak.

3 dari 7 halaman

Simpan di Tempat yang Aman

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Cara menyimpan barang koleksi yang selanjutnya, yaitu dengan memperhatikan tempat penyimpanan yang aman. Pastikan tempat penyimpanan kamu aman dari risiko jatuh atau bergeser yang menyebabkan kerusakan. 

Selain itu, kamu dapat menghindari posisi tempat yang terpapar langsung dengan sinar matahari, nih Diazens! Barang koleksi yang sensitif jika terpapar sinar matahari terus-menerus akan membuat tampilannya memudar atau mengubah warna barang koleksi kamu.

4 dari 7 halaman

Gunakan Wadah yang Sesuai

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Kotak penyimpanan tertutup dapat menjadi cara menyimpan barang koleksi yang praktis dan efisien, loh! Kamu dapat menyesuaikan wadah atau kotak penyimpanan dengan jenis barang yang kamu koleksi, misalnya gunakan kardus khusus buat buku-buku atau rak kaca buat aksesori. 

Nah, kamu bisa mempertimbangkan ukuran dan bentuk barang koleksi yang kamu miliki agar wadah yang kamu gunakan sesuai. Dengan menggunakan wadah yang tepat, nggak cuma koleksimu yang terjaga, tapi juga mempermudah akses dan membuat ruangan terlihat lebih teratur.

5 dari 7 halaman

Penggunaan Plastik

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Ketika kamu ingin menyimpan barang koleksi yang mudah pudar atau berjamur, cara menyimpan barang koleksi satu ini dapat kamu tiru, nih! Melapisi barang dengan menggunakan plastik dapat menjaga keawetan barang yang kamu miliki ketika dipajang, seperti piringan hitam atau buku komik.

Dengan memberikan perlindungan maksimal pada barang yang kamu koleksi, kamu tidak perlu khawatir jika barang-barang koleksi mudah berdebu meskipun dipajang secara terbuka. Selain itu, ini juga memungkinkan seseorang yang memegang tidak meninggalkan bekas sidik jari atau noda-noda.

6 dari 7 halaman

Gunakan Perlindungan Tambahan

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Saat kamu menyimpan barang di kotak, kamu dapat menyisihkan sedikit ruang untuk menambahkan bubble wrap atau kaos lama yang bertujuan  sebagai pelindung barang koleksi kamu. Cara menyimpan barang koleksi ini membentuk lapisan pelindung di sekitar masing-masing barang sehingga memberikan perlindungan yang sangat baik. 

Ketika kamu menyimpan barang antik atau alat musik yang rawan terhadap goresan dan kerusakan, perlindungan tambahan ini dapat kamu terapkan agar barang kamu tetap dalam kondisi aman dan bagus.

7 dari 7 halaman

Aksesori Penyimpanan

Cara Menyimpan Barang Koleksi © Diadona

Jika kamu memutuskan untuk menyimpan berbagai koleksi barang di dalam kardus, kamu dapat mengaplikasikan cara menyimpan barang koleksi yang satu ini. Kamu dapat mengaplikasikan tiga barang seperti pita perekat, spidol, pengikat, dan label  untuk merawat barang koleksi dengan baik. 

Selotip berfungsi untuk memperkuat bubble wrap dan memastikan kotak tertutup rapat sehingga tidak ada yang jatuh dari bawah. Sedangkan, spidol dan label berguna untuk memastikan agar tidak lupa di mana segala sesuatunya dikemas. 

Yap, itu tadi beberapa cara menyimpan barang koleksi yang bisa kamu terapkan. Dengan begini, barang koleksi kamu jadi lebih awet dan tidak mudah rusak sekaligus membuat ruangan menjadi lebih tertata. Semoga bermanfaat ya.

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar