7 Inspirasi Ide Taman Bali Minimalis yang Super Cantik, Buat Spot Healing di Rumah!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 11 Juni 2024 20:26
7 Inspirasi Ide Taman Bali Minimalis yang Super Cantik, Buat Spot Healing di Rumah!
Intip berbagai ide taman gaya bali minimalis yang sangat menawan untuk jadi inspirasi di sini, Diazens!

Taman Bali minimalis adalah ide yang cemerlang untuk membawa suasana menyenangkan dan nyaman khas Bali ke rumah. Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan budaya Bali? Dengan membangun taman minimalis bergaya Bali di rumah, kamu bisa jadikan rumah sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai dan menghilangkan penat dari aktivitas harian.

Membuat taman Bali minimalis tidak begitu sulit dan tentunya bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah unsur budaya Bali yang jangan sampai diadaptasi dengan salah. Kunci utama untuk membangun taman bergaya Bali adalah menggunakan elemen-elemennya dengan tepat dan merencanakan penataan dengan cermat. 

Kamu bisa mulai dengan memilih jenis tanaman tropis yang khas, seperti pohon palem atau pandang sampai dengan memilih elemen air yang bagus, seperti sungai kecil atau kolam ikan. Kamu juga bisa tambahkan elemen dekoratif, seperti lampu taman atau patung tradisional Bali yang melambangkan budaya dan spiritualitas khas Bali. Tentunya, dipakai sesuai ketentuannya, ya!

Kalau masih bingung, coba cek ide-ide taman Bali minimalis yang bagus di bawah ini untuk dijadikan inspirasi!

 

1 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Ala Villa Liburan

Taman Bali Minimalis© Pinterest/Suzanne Moelands

Ide taman Bali minimalis yang pertama adalah taman tropis yang sangat rimbun dan dipenuhi dengan berbagai jenis pohon tropis yang menyisakan jalan setapak. Di antara jalan setapak juga ada sungai kecil dengan tanaman hias yang menambahkan kesegaran pada ide taman ini.

Tampilannya yang sangat padat adalah salah satu ciri khas taman yang biasanya juga digunakan oleh berbagai villa liburan di Bali. Ide taman Bali minimalis ini cocok untuk kamu yang masih punya lahan luas untuk taman.

 

2 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Pojok Rumah

Taman Bali Minimalis© Pinterest/mimi

Mengisi pojok rumah dengan taman Bali minimalis adalah salah satu pilihan yang bagus karena suasana rumah pun bisa jadi lebih segar dan enak dilihat. Kamu tinggal mengisi lahan yang kosong dengan berbagai jenis tanaman hijau yang cantik.

Elemen dekoratif khas taman Bali minimalis juga jangan sampai lupa! Dek kayu atau patung khas budaya Bali adalah salah satu dekorasi yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa untuk gunakan warna yang harmonis untuk pilihan tanamannya, seperti hijau terang atau hijau gelap.

 

3 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Sederhana

Taman Bali Minimalis© Pinterest

Tidak hanya bagus untuk halaman rumah, taman Bali minimalis juga bagus untuk mengisi ruang yang kosong di dalam rumah. Apalagi menggunakan konsep taman kering yang sangat mudah dibuat sendiri dan juga low maintenance. 

Supaya tidak ribet, kamu bisa gunakan kumpulan pot tanaman dengan jenis yang beragam untuk menciptakan taman Bali minimalis yang sederhana dan enak dilihat. Tentunya, elemen dekoratif juga tidak boleh ketinggalan!

 

4 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Khas Tropis

Taman Bali Minimalis© Pinterest/Talissa Bailey

Ide taman Bali minimalis yang cocok untuk lahan yang kecil juga ada, loh! Taman tropis ini bisa dengan mudah kamu ikuti untuk mengisi lahan di rumah dan memberikan suasana yang segar. Kamu tinggal mengumpulkan berbagai tanaman tropis dengan ukuran yang beragam!

Kalau kamu tidak bisa menggunakan elemen dekoratif yang mengandung budaya Bali secara eksplisit, kamu bisa gantikan dengan detail dekorasi lainnya. Contohnya seperti menggunakan ukiran-ukiran khas tradisional di dinding atau kursi taman dengan gaya khas Bali.

 

5 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Rindang dalam Rumah

Taman Bali Minimalis© Pinterest/vani anggasta

Biasanya, ide taman Bali minimalis ini banyak digunakan oleh masyarakat Bali karena ciri khas rumahnya yang terbuka. Halaman kosong di bagian tengah rumah bisa kamu isi dengan hamparan rumput dan pohon bunga atau buah yang cantik.

Kamu juga bisa tambahkan pendopo khas Bali untuk menambahkan unsur estetika dan fungsionalitas dari taman. Ide taman Bali minimalis ini pastinya sangat nyaman untuk digunakan sebagai lokasi bersantai bersama keluarga.

 

6 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis Kecil

Taman Bali Minimalis© Pinterest/Qm0

Ide taman Bali minimalis berukuran kecil juga akan tetap terlihat bagus kalau direncanakan dengan cermat. Gunakan tiga perempat dari lahan untuk rumput hijau, baik hidup maupun sintetis, dan gunakan lahan sisanya untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Lebih khidmat lagi, buat teras lantai lebih menjorok ke dalam taman supaya aktivitas bersama keluarga bisa dilakukan dengan lebih nyaman. Tambahkan juga berbagai dekorasi seperti lampu taman atau kursi taman yang edgy dan manis!

 

7 dari 7 halaman

Taman Bali Minimalis di Belakang Rumah

Taman Bali Minimalis© Pinterest

Ide taman Bali minimalis yang terakhir adalah ruang keluarga semi terbuka yang terhubung langsung dengan taman di belakang rumah. Ide ini cocok banget untuk kamu yang ingin memaksimalkan kesegaran suasana di rumah!

Ide taman Bali minimalis ini menggunakan salah satu ciri khasnya, yaitu tembok taman dari material batu candi yang terlihat sangat unik dan cocok dengan penampilan taman yang serba hijau. Tidak ketinggalan juga berbagai pot batu menawan untuk tanaman hias yang cantik!

Itulah 7 ide taman Bali minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Dengan menggunakan konsep ini, kamu bisa mengangkut suasana liburan yang menyenangkan dari Bali ke rumah! Gimana menurutmu?

Nama Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar