Sering Meeting dari Rumah, Bikin aja Ruangan ala Home Office yang Zoomable!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 31 Agustus 2020 12:00
Sering Meeting dari Rumah, Bikin aja Ruangan ala Home Office yang Zoomable!
Meeting jadi PeDe dengan ruangan home office yang kece.

Pandemi Covid telah berhasil mengubah tren masyarakat dunia termasuk juga di Indonesia sejak kemunculannya pada Desember silam. Perubahan tren terjadi dalam berbagai lini kehidupan, terutama sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan.

Hal itu juga membuat sejumlah perusahaan mengambil kebijakan untuk bekerja dari rumah atau working from home (WFH) hingga jangka waktu berbulan-bulan. Akibatnya, banyak karyawan menyesuaikan diri dengan cara menyulap salah satu spot dalam rumahnya menjadi home office.

Enggak hanya difungsikan untuk ruang kerja sementara, tetapi ada juga yang dibangun permanen. Oleh karena itu, tuntutan untuk membuat ruang kerja dalam rumah tidak hanya berlaku untuk freelancer, tetapi semua kalangan pekerja. Tak hanya itu saja, tren komunikasi serta koordinasi terkait pekerjaan juga turut berubah dengan memanfaatkan aplikasi meeting online seperti Zoom dan Google Meet.

Nah, di balik layar meeting online, kita pasti mencari spot terbaik dalam rumah yang tampilannya tidak memalukan bukan? Berikut Diadona.id ulas beberapa inspirasi desain home office dan trik dekorasi minim budget yang zoomable. Check this out!

1 dari 8 halaman

Home Office Klasik

Home Office Klasik © Diadona

Ukiran, pahatan dan teknik penyepuhan pada furniturnya menjadi ciri khas desain home office klasik. Hal itu pulalah yang membuat furnitur terlihat mewah dan cantik seperti dalam foto di atas. Berkat dominasi warna cokelat serta abu, desain home office klasik ini bisa membuat suasana kerja lebih hangat.

2 dari 8 halaman

Home Office Minimalis

Home Office Minimalis © Diadona

Desain home office minimalis patut dipertimbangkan untuk pekerja yang mudah terdistraksi dengan suasana sekitar. Desain minimalis yang terlihat sederhana bisa membuatmu tetap fokus saat bekerja.

Ruang kerja didominasi oleh warna putih dan hitam yang terlihat elegan. Dilengkapi juga dengan furniture dengan finishing warna kayu alami, tanaman dan perlengkapan yang ditata rapi di atas rak.

3 dari 8 halaman

Home Office Scandinavian

Home Office Scandinavian © Diadona

Desain home office Scandinavian dalam foto di atas. Warna putih tulang dan abu-abu mendominasi seluruh ruangan. Tak hanay itu, pemilihan warna furnitur alami dan hitam pekat menjadi pertimbangan.

Warna tersebut menimbulkan kesan rapi, bersih, sederhana, sejuk, tenang, stabil dan santai. Sementara keberadaan jendela di samping meja kerja bisa menambah semangat untuk memulai hari yang produktif.

4 dari 8 halaman

Home Office Rustic Style

Home Office Rustic Style © Diadona

Jika kamu suka furnitur yang terlihat natural dipadukan dengan desain kuno, maka desain home office rustic style boleh dicoba. Untuk memunculkan elemen bergaya desain ini, kamu bisa meggunakan bahan kayu dan warna cokelat jangan sampai terlewatkan ya!

 

5 dari 8 halaman

Home Office Industrial

Home Office Industrial © Diadona

Desain home office industrial menampilkan dekorasi ruangan yang sangat khas melalui kesan unfinished-nya. Gaya desain ini juga tampak maskulin akibat sentuhan material kasarnya namun tidak kaku.

Gaya industrial sifatnya cukup fleksibel, tidak kaku dan bisa dikombinasikan dengan gaya desain lainnya seperti Scandinavian, minimalis, dan sebagainya.

6 dari 8 halaman

Home Office Modern

Home Office Modern © Diadona

Desain home office terakhir mengusung gaya interior modern yang bersih dan fungsional. Hadirnya kabinet, meja kerja, lantai, jendela, hingga sedikit ornamen pajangan membuat ruang kerja ini tampil elegan.

7 dari 8 halaman

Trik Dekorasi Home Office Zoomable Minim Budget

Ilustrasi Ruang Kerja WFH © Diadona

Do It Yourself (DIY)
Dengan membuat DIY furniture pastinya lebih irit. Jika membelinya, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos kirim. Jangan lupa siapkan peralatan pendukung yang tepat untuk membuat furnitur impian.

Modal Geser
Lamu bisa membuat home office zoomable hanya dengan menggeser letak perabot saja. Tujuan trik ini adalah untuk menciptakan suasana baru.

Jika ingin terlihat formal, cobalah geser rak buku agar tertangkap kamera saat meeting online. Untuk menampilkan kesan santai, kamu bisa menggeser sofa untuk digunakan sebagai latar belakang.

8 dari 8 halaman

Ilustrasi Meja Kerja © Diadona

Poles Furniture Lama
Kamu punya coffee table, meja makan, rak simpan dan kursi kayu yang sudah lama tidak difungsikan? Jangan dibuang, karena furnitur lama bisa dipoles ulang. Dengan sedikit sentuhan saja, semuanya bisa terlihat baru.

Wallpaper
Biar tampil percaya diri saat meeting online, kamu bisa memasang wallpaper, di sekitar spot yang biasa digunakan untuk bekerja dari rumah. Menarik, tetapi tetap mudah dan murah.

Minigaleri
Trik dekorasi ini masih terkait dengan tembok yang kosong. Kamu bisa memanfaatkan tembok tersebut untuk memajang karya seni atau fotografi favorit. Ciptakan home office yang lebih artistik dengan ornamen-ornamen seni sederhana.

Beri Komentar