Kerja Duduk Terus Itu Berbahaya, Ikuti 6 Tips Ini Agar Tetap Sehat!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 7 Juli 2020 14:27
Kerja Duduk Terus Itu Berbahaya, Ikuti 6 Tips Ini Agar Tetap Sehat!
Apalagi bekerja di tengah pandemi kayak sekarang ini.

Pekerjaan saat ini banyak menghabiskan banyak waktu di layar komputer. Akibatnya, kita jadi sering duduk berlama-lama. Padahal, hal ini bisa menyebabkan menghambat peredaran darah, dan bisa terjadi pembekuan darah.

Nah, melansir Liputan6.com, ini yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat saat pekerjaanmu menghabiskan waktu duduk.

1 dari 7 halaman

1. Jangan Mneyilangkan Kaki

Wanita bersantai menyilangkan kaki © Diadona

Kebiasaan banyak orang saat duduk di kursi adalah menyilangkan kaki. Padahal, hal ini bisa meningkatkan risiko pembekuan darah, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Yang terpenting adalah membuat diri kita nyaman saat duduk, tapi jangan menekan kaki yang salah satunya adalah dengan menyilangkan kaki.

2 dari 7 halaman

2. Pakai Stoking Kompresi

Stoking kompresi bisa meningkatkan peredarah darah di kakimu, terutama di siang hari. Apalagi jika kakimu sebelumnya memang punya sirkulasi darah buruk yang bisa sampai bikin bengkak.

3 dari 7 halaman

3. Putar Pergelangan Kaki

Ilustrasi Telapak Kaki © Diadona

Kaki bagian bawah merupakan bagian yang paling dirugikan. Alirah darah kaki melemah jika terlalu lama duduk saat bekerja. Jadi, usahakan untuk berjalan kaki jika punya waktu senggang. Namun jika tidak punya, kamu bisa memutar pergelangan kaki aja kok!

4 dari 7 halaman

4. Jangan Kelamaan Berkendara

Sudah kerja banyak duduk, mengemudi lama juga, waktu duduk kamu pun semakin banyak saja. Apalagi jika profesinya memang supir. Kalau bisa, istriahatkanlah dirimu secara teratur. Keluar dari mobil, renggangkan tubuh dan jalan-jalan.

5 dari 7 halaman

5. Pakai Pakaian Longgar

Ilustrasi Pakaian Kerja © Diadona

Memakai pakaian ketat hanya akan memperparah sirkulasi darahmu yang sudah diperburuk oleh aktivitas dudukmu yang lama itu. Dengan menggunakan pakaian yang agak longgor, sirkulasi darahmu bisa tidak terhambat dan akan membuatnya nyaman.

6 dari 7 halaman

6. Mandi Air Garam

Banyak orang yang sudah seharian duduk, langsung mandi begitu saja. Padahal, ada cara jitu yang bisa meningkatkan sirkulasi darah agar badan jauh lebih sehat, yaitu dengan mandi air garam, terutama dengan garam Epsom.

Beri Komentar