Sering Gagal Fokus saat WFH? Mending Cobain Teknik Pomodoro ini Deh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 14 Mei 2020 07:15
Sering Gagal Fokus saat WFH? Mending Cobain Teknik Pomodoro ini Deh!
Wah, teknik apalagi ini?

Work From Home (WFH) memang kelihatannya enak dan nggak ribet, tapi nyatanya nggak semudah itu lho. Cobaan terbesar saat menjalankan WFH adalah munculnya kebosanan dan hilangnya fokus dalam bekerja.

Kalau dibiarin terus-terusan, bisa jadi pekerjaan malah keteteran nih. Tapi tenang aja, mengutip dari byrdie.com, ada sebuah teknik bernama Pomodoro yang bisa membantu kamu lebih fokus saat WFH.

1 dari 3 halaman

Teknik yang pertama kali diciptakan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980-an ini merupakan teknik yang bisa meningkatkan fokus dan mendorong produktivitas. Pada awal pembuatannya, Cirillo menyadari bahwa ia bisa menerapkan cara kerja yang cerdas, bukan cara kerja yang keras.

Dalam bahasa Italia, Pomodoro berarti tomat. Cirillo menggunakan tomato (Pomodoro) timer untuk melacak waktu yang digunakan selama mengerjakan tugas, sembari menyisihkan penghargaan berupa break time bagi dirinya sendiri.

2 dari 3 halaman

Gagasan utama dari teknik ini yakni membagi tugas besar menjadi tugas yang lebih kecil dan sederhana. Ada beberapa tahap yang perlu dilalui dalam teknik Pomodoro ini.

Pertama, kamu perlu menyusun daftar tugas yang akan kamu kerjakan dalam satu hari.

Kedua, siapkan timer. Siapkan waktu sekitar 25 menit pada timer sebagai acuan dalam mengerjakan tugas.

Ketiga, mulailah bekerja dengan santai dan tidak terburu-buru. Pastikan kamu melakukan pekerjaan dengan benar sampai timer kembali berdering.

3 dari 3 halaman

Keempat, tandai tugas yang berhasil kamu selesaikan.

Kelima, kamu bisa memberi waktu istirahat sekitar 5 menit usai menyelesaikan sebuah tugas.

Keenam, ulangi lima langkah tersebut sampai kamu menyelesaikan seluruh tugas di dalam daftar. Jangan lupa untuk menambahkan waktu istirahat lebih lama usai mengulangi teknik ini selama 4 kali.

Bagian terpenting yang nggak boleh disepelekan yakni, kamu juga harus menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa memecah konsentrasi agar teknik Pomodoro ini bisa berhasil. Selamat mencoba!

Beri Komentar